Search

Fakta Menarik Film Dilan 1983: Wo Ai Ni, Kisah Kecil hingga Gombalan Maut - Medcom.Id

Jakarta: Cerita dari peran Dilan dan hingga saat ini masih asyik untuk diperbincangkan. Pasalnya, film ini terus memunculkan sekuel bahkan cerita lalu dari tokoh utamanya. Judul yang serupa dengan beberapa polesan tahun berbeda menjadi ciri khas tersendiri dari film ini.
 
Diketahui, dalam waktu dekat akan dirilis film yang mempunyai cerita terbaru dari tokoh Dilan berjudul Dilan 1983: Wo Ai Ni yang diproduksi oleh Falcon Pictures. Sebelum tayang, film ini sudah terlebih dahulu merilis poster beserta trailernya di CGV Paris Van Java, Bandung, Jawa Barat, pada Senin 13 Mei 2024.
 
Film Dilan 1983: Wo Ai Ni ini akan tayang di bioskop pada 13 Juni 2024
Dalam trailernya, film ini menggambarkan kisah petualangan masa kecil Dilan bersama dengan teman-temannya.
   

Fakta Unik Film Dilan 1983 : Wi Ai Ni

Sebelum menonton, kamu harus mengetahui terlebih dahulu berbagai fakta menarik dari film ini yang sudah diungkapkan oleh para pemeran Dilan 1983: Wo Ai Ni hingga sutradara Fajar Bustomi serta penulis Pidi Baiq.

Cinta monyet ala Dilan

Dilan 1983: Wo Ai Ni mengisahkan tentang Dilan kecil yang masih SD saat dan hidup di Bandung. Ternyata ia sudah mempunyai kharisma sejak kecil. Disitulah terdapat kisah cinta monyet Dilan yang mulai mengenal perasaan suka dengan lawan jenis.
 
Dalam fim ini, diketahui Dilan jatuh cinta dengan murid pindahan yang merupakan keturunan Tionghoa bernama Mei Lin.
 
Namun sang sutradara yaitu Fajar Bustomi, menanggapi kritik dari netizen bahwa kisah ini bukan tentang anak SD yang berpacaran melainkan tentang tumbuhnya rasa cinta yang diberikan oleh Tuhan.
 
"Cinta yang sesungguhnya kepada Tuhan. Semakin mencintai Tuhan kita akan mencintai seluruh makhluk ciptaannya bahkan orang yang berbeda agama, karena sama-sama ciptaan Tuhan juga kan?" ucap Fajar.
 
"Seperti kata Banar, abang Dilan 'Anak SD sudah jatuh cinta?' dan dijawab Dilan 'Mau SD, mau SMP, mau S1 atau profesor semua sama-sama punya hati' dan terakhir saya pastikan di film Dilan 1983: Wo Ai Ni tidak ada pacaran anak SD sama sekali," sambung Fajar Bustomi.

Gombalan maut khas Dilan

Seperti diketahui, Dilan adalah sosok yang dikenal karena hobi menggombalnya. Dalam film ini juga diceritakan bahwa Dilan memang sudah pandai menggombal sejak kecil. Hal tersebut dibuktikan di film ini yang menggambarkan gombalan Dilan kepada Mei Lin, perempuan yang ia suka.
 
Dengan berbekal gombalan khas milik Dilan, ia gunakan untuk memperlakukan seorang perempuan terutama yang ia sukai.
 
"Dilan ini paling pandai merangkai kata. Ini yang membuat Dilan menyenangkan. Di trailer kita kasih salah satu quote-nya seperti Dilan menanyakan ke Mei Lin siapa yang paling dia cintai," ujar Fajar Bustomi.
 
"Saat Mei Lin menjawab Tuhan, Dilan langsung jawab, 'Waduh, sainganku berat, sama Tuhan'. Kata-kata seperti ini banyak sekali di Dilan 1983: Wo Ai Ni," lanjut Fajar Bustomi.

Memilih Muhammad Adhiyat yang berperan sebagai Dilan

Sang sutradara, Fajar Bustomi mengaku sebelum menemukan pemeran yang cocok, ia membutuhkan waktu selama satu tahun untuk memberikan karakter Dilan ini. Pasalnya ia berpendapat jika sosok Dilan adalah sosok yang menyenangkan. Meskipun terdapat sisi yang suka mengkritik, namun hal tersebut tidak menjadikan Dilan sebagai sosok yang menyebalkan.
 
"Saya selalu pegang itu Dilan itu dia kalau ngomong itu dia memang nyebelin ke si Mei Lin gitu, tapi Mei Lin dia itu belakangnya kok lucu juga ya? Dilan kan harus merasa itu. Senyumnya manis juga ya," ucap Fajar.
 
Sampai akhirnya ia bertemu dengan Adhiyat. Kebetulannya Adhiyat sempat main menjadi adiknya Dilan di film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995.
 
Fajar mengatakan, setelah melalui beberapa tahapan screening, ia menilai Adhiyat sangat cocok memerankan karakter Dilan. Hal ini juga disetujui oleh Pidi Baiq.

Kesamaan karakter Muhammad Adhiyat dengan Dilan

Muhammad Adhiyat mengaku sangat senang karena bisa memerankan karakter Dilan. Karena menurutnya, Dilan dan dirinya banyak mempunyai kesamaan.
 
Misalnya, karakter usil Dilan sama dengan karakternya di dunia nyata. Selain usilnya, tingkah berani Dilan di film Dilan 1983: Wo Ai Ni sama seperti karakter Adhiyat di dunia nyata.
 
Sama seperti Dilan, Adhiyat mengatakan, di dunia nyata, ia juga jago gombal.
 
"Gombalnya kayaknya lebih jago Dilan sedikit dari aku sih," kata Adhiyat.

Keharmonisan keluarga yang melekat

Di film ini juga menggambarkan keluarga Dilan yang sangat harmonis. Seperti hubungan Dilan dengan kakak perempuannya yang galak dan suka menasihati, dua kakak laki-lakinya yang menjadi tempat main dan curhat, hingga ada adik kecilnya
 
Sang sutradara Fajar dan Penulis Pidi Baiq memastikan jika film ini akan memberikan banyak pesan baik kepada orang tua ke anak-anaknya. Karena dalam ceritanya, keluarga Dilan mengajarkan bagaimana mereka harus bersikap menghargai kepada setiap orang terutama dengan latar belakang yang berbeda. Terlebih Dilan juga diajarkan untuk bisa bagaimana menghargai perasaan perempuan.
 
Nah, itulah beberapa fakta unik dan menarik dari film Dilan 1983 : Wo Ai Ni ini, jangan lupa nonton!
 
(Zein Zahiratul Fauziyyah)
 
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Adblock test (Why?)

baca dong https://news.google.com/rss/articles/CBMic2h0dHBzOi8vd3d3Lm1lZGNvbS5pZC9oaWJ1cmFuL2ZpbG0vTWtNN3BKdk4tZmFrdGEtbWVuYXJpay1maWxtLWRpbGFuLTE5ODMtd28tYWktbmkta2lzYWgta2VjaWwtaGluZ2dhLWdvbWJhbGFuLW1hdXTSAQA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Fakta Menarik Film Dilan 1983: Wo Ai Ni, Kisah Kecil hingga Gombalan Maut - Medcom.Id"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.