Search

Aturan James Wan Saat Syuting Film Horor - detikPop

Jakarta - Jika bicara film horor maka ada salah satu elemen yang tak terpisahkan yakni sound effect dan jump scare. Salah satu yang berhasil membuat formula baru dari hal-hal tersebut adalah Insidious garapan James Wan.

Beberapa media bahkan memuji jika seri tersebut memiliki jumpscare terbaik saat ini dan tak pernah gagal membuat para penontonnya terkejut.

Berbeda dengan banyak film horor di era sekarang yang terlalu banyak mengandalkan jumpscare sehingga membuat beberapa adegan yang repetitif dan tak lagi menyeramkan, James Wan dan penulis Leigh Whannell ternyata punya resepnya tersendiri.

Dalam video behind the scene Insidious, Whannell merasakan hal serupa yang terjadi pada beberapa film horor di era modern.

"Aku rasa jumpscare terlalu sering digunakan pada film horor di era modern. Jadi ada satu aturan yang kami gunakan untuk film ini (Insidious), sedikit ketetapan yang aku punya ketika aku menulis film, tak ada (adegan) ketakutan yang pura-pura," tuturnya pada video itu.

James Wan pun menyebutkan dirinya ingin sebelum para penonton merasakan teror yang sudah dibangun dalam lokasi syuting dan cerita di dalam film itu, setidaknya rasa takut itu harus benar-benar hadir dan bukanlah sebuah kepura-puraan semata.

Whannell pun menambahkan,"Jika kau ingin membuat mereka merasakan trauma dari sebuah ketakutan, itu haruslah asli. Seperti seorang pria jahat yang menunjukkan kehadirannya."

Lalu apa sebenarnya adegan jumpscare palsu yang dimaksud olehnya? Adegan yang dimaksud adalah tipuan kecil yang biasanya ditampilkan dalam film seolah menantikan kehadiran si penebar teror (entah hantu atau apa pun itu) yang ternyata tak seperti apa yang sudah terbangun dalam pikiran para penonton.

Hal ini ternyata yang dihindari oleh James Wan dan Leigh Whannell. Keduanya seolah sepakat bahwa setiap ketakutan yang dirasakan oleh para aktornya di sana itu benar-benar karena sesuatu hal dan itu membuat film tersebut terasa begitu intens serta mencekam.

Dalam wawancara lainnya, sutradara berusia 46 tahun itu pun mengaku jika semua orang pasti punya ketakutan di masa kecilnya. Hal ini pun yang menjadi salah satu bumbu yang dihadirkan dalam setiap film horor yang digarap olehnya.

Selain itu ia juga mengaku masih ingat betul film horor yang disaksikannya di masa kecil dan memberikan dampak hingga saat ini. Dan ia pun merasakan hal serupa saat menyaksikan Lights Out garapan David F Sandberg.

"Jika saja (film) itu muncul pada 80-an atau awal 90-an maka aku akan pergi ke toko video dan mencari film horor tersebut, itu akan ku simpan dan ku ingat selamanya," paparnya.

Seri Insidious telah memasuki film kelima mereka dan bertajuk Insidious: The Red Door yang digarap oleh Patrick Wilson yang awalnya tampil sebagai pemeran Josh Lambert.

Film tersebut bercerita tentang 10 tahun usai kejadian di Insidious: Chapter 2 di mana Dalton Lambert (Ty Simpkins) telah berkuliah dan hidup nyaman. Namun keluarganya dan ia pun diusik kembali oleh iblis dari pintu merah tersebut.

Simak Video "Film 'Kiblat' Tuai Kritik MUI"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/pus)

Adblock test (Why?)

baca dong https://news.google.com/rss/articles/CBMiUmh0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9wb3AvbW92aWUvZC03MzM0MDkyL2F0dXJhbi1qYW1lcy13YW4tc2FhdC1zeXV0aW5nLWZpbG0taG9yb3LSAQA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Aturan James Wan Saat Syuting Film Horor - detikPop"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.