Search

5 Rekomendasi Film Adaptasi Literatur Inggris Klasik, Wajib Masuk Watchlist! - KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Ditulis oleh: Lily Ariani

Selain skenario asli, novel kerap kali menjadi sumber inspirasi bagi para kreator film. Film adaptasi novel sendiri memang sudah sering diproduksi. Salah satu alasannya yaitu karena karya novel sudah memiliki audiens atau pembaca. Dengan mengadaptasi suatu karya sastra tertulis, sutradara berharap mampu mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Tidak hanya menguntungkan sutradara, film adaptasi juga akan membantu para pembaca dengan menghadirkan visualisasi dari buku yang dibaca. Ketika membaca buku, kita hanya mengimajinasikan adegan demi adegan di kepala. Perpindahan medium dari kertas ke layar kaca jelas akan menghadirkan pengalaman baru bagi pembaca.

Tidak terbatas pada novel kontemporer, literatur klasik pun masih sering menjadi sumber cerita untuk diangkat ke layar kaca. Terlebih jika karya tersebut sangat populer dan punya pengaruh besar, seperti literatur Inggris klasik misalnya. Berikut merupakan beberapa rekomendasi film adaptasi literatur Inggris klasik yang sayang untuk dilewatkan. Yuk, simak daftar lengkapnya!

1. ‘PRIDE AND PREJUDICE’ (2005)

Pecinta literatur klasik mungkin sudah familiar dengan judul yang satu ini. Diangkat dari novel terkenal karya Jane Austen, PRIDE AND PREJUDICE menceritakan kisah asmara Elizabeth Bennet (Keira Knightley) dan Fitzwilliam Darcy (Matthew Macfayden).

Berlatar di akhir abad ke-18 Inggris, Elizabeth dikisahkan sebagai putri kedua keluarga Bennet yang cerdas dan pemberani. Bertemu dengan Mr. Darcy di sebuah pesta, Elizabeth menilai pria tersebut sebagai seorang yang angkuh. Sebaliknya, Mr. Darcy malah diam-diam menaruh hati pada Elizabeth.

Lebih dari sekadar romansa, PRIDE AND PREJUDICE membahas banyak isu sosial. Mulai dari persoalan kelas sosial, perempuan, hingga pernikahan. Film ini juga menyuguhkan visual era Victoria yang menawan melalui kostum, gaya arsitektur bangunan, sampai lukisan-lukisan megah.

2. ‘JANE EYRE’ (2011)

Jane Eyre (Mia Wasikowska) merupakan seorang yatim piatu. Tak dipedulikan oleh bibinya, Jane kemudian didaftarkan ke asrama wanita dan mengalami kekerasan. Saat dewasa, Jane bekerja di Thornfield Hall yang dimiliki oleh bangsawan bernama Edward Rochester (Michael Fassbender). Saat keduanya mulai jatuh hati, rahasia masa lalu justru menghalangi.

JANE EYRE merupakan adaptasi dari novel karya Charlotte Brontë. Tidak hanya menyuguhkan romansa yang kompleks, JANE EYRE mengajak kita untuk lebih sadar akan isu sosial, moral, dan feminisme.

Kamu tidak boleh melewatkan karakter Jane Eyre yang diperankan dengan sangat apik oleh Mia Wasikowska. Ia benar-benar menghidupkan Jane Eyre dan membawanya ke masa modern.

3. ‘LITTLE WOMEN’ (2019)

Disutradarai Greta gerwig, adaptasi novel Little Women karya Louisa May Alcott ini menggandeng sederet aktor aktris ternama. Sebut saja Saoirse Ronan, Emma Watson, Florence Pugh, Eliza Scanlen, hingga Timothée Chalamet.

LITTLE WOMEN berkisah tentang empat saudari March. Meg yang ingin menikah dan membangun keluarga, Jo yang bercita-cita menjadi penulis, Amy yang bermimpi menjadi pelukis, hingga Beth yang pandai memainkan piano.

Melalui LITLLE WOMEN, kamu akan merasakan hangatnya keluarga, makna persahabatan, hingga manisnya romansa. Kamu juga tak boleh melewatkan akting para aktris dan aktor yang memukau!

4. ‘EMMA’ (2020)

Emma Woodhouse (Anya Taylor-Joy) merupakan gadis cantik dari keluarga terpandang. Merasa dirinya mampu menentukan pasangan terbaik bagi orang lain, Emma mengerahkan tenaganya untuk jadi mak comblang di dalam kisah percintaan teman-temannya. Namun, usahanya seringkali gagal dan berujung membuat temannya merasa tidak nyaman. Meski sok tahu soal cinta dan berakting layaknya cupid, Emma ternyata dilanda dilema mengenai kisah cintanya sendiri.

EMMA merupakan adaptasi novel karya Jane Austen. Berbeda dengan karya-karya adaptasi lainnya, EMMA menampilkan kisah klasik dengan sentuhan masa kini.

Bergenre komedi romantis, EMMA akan sangat cocok menemani weekend-mu dengan romansa yang dibalut humor segar. Tak lupa, EMMA juga menyuguhkan visual klasik yang akan memanjakan mata.

5. ‘PERSUASION’ (2022)

Masih adaptasi karya Jane Austen, PERSUASION berpusat pada narasi yang dibawakan Anne Elliot (Dakota Johnson). Anne yang berasal dari keluarga kaya raya tidak dapat bersatu dengan pujaan hatinya, yakni seorang pelaut yang belum resmi memiliki jabatan bernama Frederick (Cosmo Jarvis). Delapan tahun berlalu, Anne masih belum bisa menghapuskan cintanya. Hingga akhirnya Frederick yang sudah sukses menjadi kapten pun kembali, membuat Anne dilemma.

Satu hal yang unik dari film PERSUASION yakni model narasi yang dibawakan. Dakota Johnson membawakan narasi yang bersahabat, membuat penonton seolah bisa berinteraksi langsung dengan tokoh utama.

Mengambil set lokasi di berbagai tempat di Inggris, PERSUASION akan memanjakan matamu dengan visual yang indah. Gaya bangunan khas historical period drama hingga kostum yang elegan akan membuatmu betah menyelesaikan film hingga akhir cerita.

Jangan Ketinggalan Baca Artikel Lainnya!

Adblock test (Why?)

baca dong https://news.google.com/rss/articles/CBMiiwFodHRwczovL3d3dy5rYXBhbmxhZ2kuY29tL3Nob3diaXovZmlsbS9pbnRlcm5hc2lvbmFsLzUtcmVrb21lbmRhc2ktZmlsbS1hZGFwdGFzaS1saXRlcmF0dXItaW5nZ3Jpcy1rbGFzaWstd2FqaWItbWFzdWstd2F0Y2hsaXN0LWJkYjgwYS5odG1s0gGPAWh0dHBzOi8vd3d3LmthcGFubGFnaS5jb20vYW1wL3Nob3diaXovZmlsbS9pbnRlcm5hc2lvbmFsLzUtcmVrb21lbmRhc2ktZmlsbS1hZGFwdGFzaS1saXRlcmF0dXItaW5nZ3Jpcy1rbGFzaWstd2FqaWItbWFzdWstd2F0Y2hsaXN0LWJkYjgwYS5odG1s?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Rekomendasi Film Adaptasi Literatur Inggris Klasik, Wajib Masuk Watchlist! - KapanLagi.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.