Search

5 Film dan Series Sci-Fi yang Bikin Kita Bertanya-tanya - detikPop

Jakarta - Sci-Fi menjadi genre yang unik diantara genre-genre lain yang ada di film. Seperti pengertiannya 'science fiction' biasanya genre ini bercerita tentang fiksi yang mengambil inspirasi dari sains dan pengembangannya.

Biasanya film sci-fi berkutat pada konteks tentang ilmu pengetahuan yang di implementasikan ke teknologi, makhluk selain manusia, dimensi dan realita lain, juga berbagai hal misterius di kehidupan yang akan dikaitkan dengan sains.

Tak jarang hal ini menimbulkan pertanyaan juga diskusi dari penonton setelah menonton film tersebut. Terkadang isu yang dibawakan di film sci-fi walau terkesan tak masuk akal namun ada kemungkinan hal tersebut dapat terjadi di dunia nyata.

Berikut ini adalah beberapa film sci-fi yang akan menggugah pikiranmu yang dapat ditonton di Netflix:

1. Annihilation (2018)

AnnihilationCuplikan adegan di film Annihilation Foto: (imdb)

Membawa penonton ke dalam perjalanan menjelajahi zona misterius, film ini menceritakan Lena, seorang biologis yang memasuki "Shimmer", zona misterius yang muncul setelah meteorit jatuh ke bumi.

Di sana, dia dan timnya menemukan alam yang aneh dan indah, di mana hukum biologi tampaknya tidak berlaku. Film ini menyuguhkan visual yang sureal dan membingungkan dengan adanya makhluk-makhluk aneh dan mutasi yang tak lazim. Namun hal itu tak menutupi indahnya sinematografi yang ditawarkan di filmnya.

Film ini mungkin tak akan memenuhi ekspektasi beberapa orang karena penggunaan alur yang lambat dan fokus pada eksplorasi dan introspeksi. Namun film ini bisa membawa penonton untuk menyelami pertanyaan filosofis, identitas realitas, dan batas-batas ilmu pengetahuan.

2. The OA (2016-2019)

Cuplikan adegan dalam serial The OA.Cuplikan adegan dalam serial The OA. Foto: Dok. Netflix

Menceritakan kisah Prairie Johnson, seorang wanita yang kembali ke rumah setelah menghilang selama tujuh tahun. Dia kembali dengan bekas luka aneh di punggungnya dan kemampuan baru untuk melihat dimensi lain.

Series ini penuh dengan misteri dan teka-teki di setiap episodenya. Satu per satu jawaban pun terungkap perlahan saat Prairie menceritakan kisahnya yang luar biasa kepada sekelompok lima orang.

Di setiap episodenya menyuguhkan konteks yang berbeda dan kompleks seperti realitas, kesadaran, dan multidimensi. Visual yang ditampilkan juga sangat menarik yang membuat series ini layak untuk ditonton.

3. Westworld (2016-2022)

Cuplikan adegan dalam serial Westworld.Cuplikan adegan dalam serial Westworld. Foto: Dok. Ist

Menilik realita di masa depan, series ini mengambil latar di taman hiburan futuristik di mana para tamu dapat hidup dalam fantasi mereka dengan robot yang realistis. Namun semua berubah saat robot yang ada kini mulai memiliki kesadarannya sendiri dan mengacaukan semuanya.

Series ini mengajak penonton untuk memahami artinya menjadi manusia lewat perjalanan realitas dan kesadaran manusia. Namun series ini terbatas untuk kalangan umur karena berisikan kekerasan, bahasa kasar, dan konten dewasa. Sayangnya series ini tak dilanjutkan oleh HBO dan berakhir di season keempat.

4. Altered Carbon (2017-2020)

Cuplikan adegan dalam serial Altered Carbon.Cuplikan adegan dalam serial Altered Carbon. Foto: Dok. Netflix

Berlatar di masa depan, series ini menceritakan tentang teknologi di mana kesadaran manusia dapat disimpan pada tumpukan kortikal dan ditransfer ke tubuh baru. Bercerita tentang seorang jutawan terbunuh, dia dibangkitkan dalam tubuh baru dan harus menyelidiki pembunuhannya sendiri.

Serial ini penuh dengan aksi, intrik politik, dan romansa. Altered Carbon mengeksplorasi tema identitas, kematian, dan makna jiwa. Dengan menggunakan gaya neo-noir membuat visual di series ini menarik sekaligus menambah poin dramatik yang menciptakan ketegangan. Series ini juga tak bisa ditonton sembarang orang karena menampilkan adegan kekerasan, bahasa kasar, dan konten dewasa.

5. Arrival

Cuplikan adegan di film Arrival.Cuplikan adegan di film Arrival. Foto: Dok. Ist

Menjadi film dengan kemasan sci-fi linguistik yang cerdas, film ini menceritakan tentang Louise Banks, seorang ahli linguistik yang direkrut oleh militer untuk berkomunikasi dengan alien yang telah mendarat di Bumi.

Berbeda dengan film-series sebelumnya, film ini tak memiliki adegan aksi yang memukau dan lebih fokus pada eksplorasi tema komunikasi, bahasa, dan waktu. Kombinasi dari visualnya yang memukau, sinematografi yang indah, dan skor musik yang emosional, berhasil menciptakan atmosfer asing yang mencekam sekaligus unik dan menawan. Film ini mengajak kamu untuk berpikir lebih dalam untuk memaknai konsep realitas dan paradoks waktu.

Simak Video "Film 'The Fall Guy' Bikin Ge Pamungkas-Kevin Julio Kagumi Peran Stuntman"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)

Adblock test (Why?)

baca dong https://news.google.com/rss/articles/CBMiYWh0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9wb3AvbW92aWUvZC03Mzg3MzUyLzUtZmlsbS1kYW4tc2VyaWVzLXNjaS1maS15YW5nLWJpa2luLWtpdGEtYmVydGFueWEtdGFueWHSAWVodHRwczovL3d3dy5kZXRpay5jb20vcG9wL21vdmllL2QtNzM4NzM1Mi81LWZpbG0tZGFuLXNlcmllcy1zY2ktZmkteWFuZy1iaWtpbi1raXRhLWJlcnRhbnlhLXRhbnlhL2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Film dan Series Sci-Fi yang Bikin Kita Bertanya-tanya - detikPop"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.