Search

Asosiasi Bahas Soal Fenomena 'Aktor Itu-itu' Lagi di Film Indonesia - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia 1956 (PARFI '56) Marcella Zalianty buka suara soal fenomena industri film yang dianggap hanya dibintangi segelintir aktor.

Ia mengakui bahwa fenomena itu memang masih menjadi stigma di industri kreatif ini. Marcella bahkan kerap mendengar celotehan bahwa aktor yang menghiasi layar lebar tak beragam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Padahal, produksi film di Indonesia terus bertambah dan jumlah aktor yang masih aktif berkarier juga tak sedikit.

"Kita tumbuh [melalui] produksi film itu banyak sekali setiap tahun. Jumlah aktornya juga begitu banyak," ujar Marcella saat berbincang dengan CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

ADVERTISEMENT

"Tapi kalau kita lihat persentase, orang-orang sering bilang, 'Kok itu-itu lagi sih mba?'" lanjut aktris berusia 43 tahun tersebut.

"Memang kita butuh lebih banyak aktor. Kadang-kadang kita produksi film aja mau pakai aktor jadwalnya udah syuting ini itu," ujar Marcella. "Jadwalnya susah, bentrok. Regenerasi aktor jadi penting banget,"

[Gambas:Video CNN]

Ketum PARFI '56 itu kemudian mengungkapkan beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh asosiasi untuk membantu mengatasi persoalan regenerasi aktor.

Marcella menjelaskan asosiasi bisa melakukan scouting alias mencari aktor berbakat hingga ke daerah-daerah. Selain itu, ia juga ingin mengadakan pelatihan untuk persiapan para aktor sebelum masuk industri.

Namun, Marcella juga menekankan bahwa PARFI '56 mementingkan peran utama asosiasi, yakni mengadvokasi isu di ruang lingkup aktor dan mendorong kebijakan yang berdampak positif bagi aktor.

"Kita scouting, tapi sebenarnya kita ingin bikin pelatihan. Memberikan pelatihan, kita inginnya itu bisa berjalan," ujarnya.

"Jadi ketika di daerah ada aktor-aktor baru yang bermunculan, dia sudah punya dasar yang baik," lanjut Marcella.

"Tapi sebenarnya peran asosiasi yang utama lebih tentang mendorong kebijakan yang bisa menyejahterakan, melindungi, dan punya dampak positif," sambungnya.

[Gambas:Instagram]

Marcella Zalianty kembali menjabat Ketua Umum PARFI '56 untuk kali kedua. Ia akan memimpin asosiasi itu untuk periode 2022-2027.

Pengurus PARFI '56 beberapa waktu lalu juga resmi dikukuhkan. Pengukuhan itu diresmikan oleh Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, serta dihadiri pengurus yang berisi aktor Indonesia dari berbagai generasi.

(frl/end)

Adblock test (Why?)

baca dong https://news.google.com/rss/articles/CBMigQFodHRwczovL3d3dy5jbm5pbmRvbmVzaWEuY29tL2hpYnVyYW4vMjAyNDAxMjYyMjU1MjItMjIwLTEwNTUwMjUvYXNvc2lhc2ktYmFoYXMtc29hbC1mZW5vbWVuYS1ha3Rvci1pdHUtaXR1LWxhZ2ktZGktZmlsbS1pbmRvbmVzaWHSAYUBaHR0cHM6Ly93d3cuY25uaW5kb25lc2lhLmNvbS9oaWJ1cmFuLzIwMjQwMTI2MjI1NTIyLTIyMC0xMDU1MDI1L2Fzb3NpYXNpLWJhaGFzLXNvYWwtZmVub21lbmEtYWt0b3ItaXR1LWl0dS1sYWdpLWRpLWZpbG0taW5kb25lc2lhL2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Asosiasi Bahas Soal Fenomena 'Aktor Itu-itu' Lagi di Film Indonesia - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.