Search

Daftar Lengkap Pemenang Festival Film Bulanan 2023 dari Lima Daerah - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Festival Film Bulanan 2023 (Fesbul 2023) resmi mengumumkan pemenang dari masing-masing kategori dalam Malam Anugerah Fesbul 2023 di Grand Ballroom JIExpo, Jakarta Pusat, Sabtu (9/12).

Dalam lima kategori yang dikompetisikan pada helatan tahun ini, Fesbul 2023 sukses melahirkan lima pemenang dari daerah yang berbeda.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adapun lima kategori dalam Fesbul 2023 adalah Film Fiksi Terbaik, Film Visual Terbaik, Film Audio Terbaik, Film Ide Cerita Terbaik, dan Film Dokumenter Terbaik.

Kategori Film Fiksi Terbaik dimenangkan oleh film pendek Basri & Salma in a Never-ending dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Sementara kategori Film Visual Terbaik dimenangkan oleh Pepadu asal Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kategori selanjutnya yakni Film Audio Terbaik dimenangkan oleh Facticity dari Bantul, DI Yogyakarta.

Untuk kategori Film Ide Cerita Terbaik, film pendek asal Bandung, Jawa Barat yakni Romansa di Balik Pagar Akal berhasil memenangkan piala untuk Fesbul 2023.

Sementara itu kategori terakhir yakni Film Dokumenter Terbaik dimenangkan oleh Sailum: Song of the Rustling Leaves yang mengangkat kisah perbatasan di Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Para pemenang kategori tersebut nantinya juga diberikan kesempatan untuk menghadiri The Clermont-Ferrand International Short Film Festival 2024 di Prancis.

Dengan hadirnya lima pemenang dari tiap daerah berbeda, maka hal itu sesuai dengan pesan utama dari diselenggarakannya Fesbul tiap tahunnya, yakni memberikan wadah bagi para sineas lokal.

Pernyataan tersebut diberikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno selaku inisiator utama Fesbul yang digelar tiap tahun.

Menurutnya, penyelenggaraan Fesbul dapat memantik inklusivitas film di seluruh Indonesia sebagai bagian dari pembangunan bangsa.

"Hari ini kita buktikan bahwa film bukanlah ranah yang eksklusif, melainkan sangat inklusif. Fesbul diharapkan dapat melahirkan ekosistem di banyak daerah di Indonesia," ungkap Sandiaga saat memberikan sambutan di Malam Anugerah Fesbul 2023.

"Film ini kan bukan hanya produk hiburan, tapi juga bagian untuk membangun karakter bangsa," sambungnya.

Diselenggarakannya Fesbul 2023 juga disambut positif oleh salah satu pemenang gelar, yakni penulis naskah film Basri & Salma in a Never-ending Comedy, John Badalu.

"Fesbul ini memberikan kesempatan bagus bagi para filmmaker di daerah sehingga tidak kalah dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia," ujar John saat memberikan testimoni pascakemenangan.

Para pemenang kategori di atas merupakan pemenang dari proses seleksi Fesbul yang menyeleksi dan memilih dua film pendek terbaik berdasarkan zonasi.

Setiap bulannya di sepanjang tahun 2023, panitia Fesbul memilih baik film fiksi maupun dokumenter, yang berasal dari 10 zonasi berbeda dari berbagai wilayah di Indonesia.

Daftar pemenang lengkap Festival Film Bulanan 2023.

1. Film Ide Cerita Terbaik
Romansa di Balik Pagar Akal

2. Film Visual Terbaik
Pepadu

3. Film Audio Terbaik
Facticity

4. Film Dokumenter Terbaik
Sailum: Song of the Rustling Leaves

5. Film Fiksi Terbaik
Basri & Salma in a Never-ending Comedy

(far/kid)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)

baca dong https://news.google.com/rss/articles/CBMigwFodHRwczovL3d3dy5jbm5pbmRvbmVzaWEuY29tL2hpYnVyYW4vMjAyMzEyMDkyMTQ5MzAtMjIwLTEwMzUxNzkvZGFmdGFyLWxlbmdrYXAtcGVtZW5hbmctZmVzdGl2YWwtZmlsbS1idWxhbmFuLTIwMjMtZGFyaS1saW1hLWRhZXJhaNIBhwFodHRwczovL3d3dy5jbm5pbmRvbmVzaWEuY29tL2hpYnVyYW4vMjAyMzEyMDkyMTQ5MzAtMjIwLTEwMzUxNzkvZGFmdGFyLWxlbmdrYXAtcGVtZW5hbmctZmVzdGl2YWwtZmlsbS1idWxhbmFuLTIwMjMtZGFyaS1saW1hLWRhZXJhaC9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Daftar Lengkap Pemenang Festival Film Bulanan 2023 dari Lima Daerah - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.