Search

Deretan Film Inspirasi untuk Anda Para Entrepreneur Muda

Media pembelajaran tak hanya berasal dari buku ataupun seminar-seminar yang ada.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini film tak hanya dijadikan sebagai media hiburan, tetapi banyak pesan atau motivasi yang tersampaikan di dalam film bagi para penontonnya.

Bagi yang memiliki cita-cita sebagai pengusaha, Anda bisa menjadikan film sebagai salah satu media pembelajaran untuk mendapatkan beragam inspirasi dan motivasi yang sangat bermanfaat untuk rencana bisnis yang akan dijalankan.

Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi film-film inspirasi yang dapat ditonton bagi Anda calon entrepreneur muda.

The Billionaire (2011)

Film yang dirilis pada tahun 2011 ini memang diangkat dari salah satu kisah nyata miliarder muda asal Thailand yang bernama Top Ittipat. Pada awalnya, Top sangat kecanduan oleh games yang membuatnya mampu menghasilkan uang hingga 400 ribu baht (sekitar Rp150 ribu).

Karena hobinya tersebut membuatnya sangat diremehkan guru-guru di sekolahnya yang membuatnya memutuskan untuk berhenti dari sekolah. Meskipun hal ini sangat ditentang orang tuanya, tak membuat Top menjadi menyerah dan berkecil hati. Mulai dari berdagang kacang (chestnut), kini Top sudah menjadi pengusaha yang cukup berjaya di dalam bidang makanan olahan rumput laut.

The Social Network (2010)

Film inspirasi lainnya yang sangat direkomendasikan untuk Anda tonton adalah The Social Network yang dirilis tahun 2011. Film ini diangkat dari sebuah buku populer The Accidental Billionaires: The Founding of Facebook. The Social Network memang mengangkat kisah nyata dari Mark Zuckerberg yang merupakan pendiri jejaring sosial Facebook.

Film ini menceritakan tentang perjalanan Mark bersama teman-teman asramanya dalam menciptakan dan mengembangkan sosial media Facebook.Mulai dari jatuh bangunnya hingga deretan masalah yang dihadapinya. Film ini sukses meraih hingga 166 awards dan mencapai keuntungan hingga 57 juta dolar AS.

The Wolf of Wall Street (2013)

Film inspirasi kali ini dibintangi salah satu aktor papan atas, yaitu Leonardo DiCaprio yang berjudul The Wolf of Wall Street. Film yang dirilis tahun 2013 ini memang mengangkat kisah nyata kesuksesan dari Jordan Belford, yang mana dari bekerja di Wall Street lalu berhasil mendirikan perusahaan pialang saham murah dalam skala kecil, yaitu Penny Stock Broker serta mendirikan perusahaan saham skala besar dan mencapai kesuksesan.

Film ini banyak berisikan hal-hal yang menarik untuk Anda pelajari mulai dari trik berjualan, membangun perusahaan, hingga menyemangati diri sendiri agar tidak mudah menyerah dalam rintangan apapun. 

Jerry Maguire (1996)

Film yang dibintangi Tom Cruise ini mengangkat kisah nyata dari seorang agen atlet olahraga Leigh Steinberg. Pada usia 41, Leigh telah sukses menjadi atlet olahraga yang mengurus hingga sebanyak 300 atlet. Film ini mengisahkan perjalanan mulai dari Maguire di depan dari perusahaan yang dia besarkan hingga mencapai sebuah kesuksesan.

Film ini mengajarkan mengenai tahan banting merupakan modal yang harus dimiliki setiap pengusaha. Apapun masalah dan rintangan yang ada tak membuat semangat menjadi turun, tapi jadikan hal tersebut sebagai pembelajaran yang berharga.

The Pursuit of Happyness (2006)

Film inspirasi ini cukup menguras air mata bagi yang menontonnya. Menceritakan mengenai perjuangan seorang ayah, Chriss Gardner yang berhasil mengubah kehidupannya dari salesman menjadi pialang saham yang kaya raya.

Film ini menggambarkan perjuangan seorang ayah untuk dapat membahagiakan istri dan anak-anaknya. Dari film ini, Anda dapat belajar bahwa makna dari sebuah kebahagiaan sebenarnya tak bisa Anda dapatkan jika hanya diam saja.

Anda harus bergerak untuk mewujudkannya. Nilai kesuksesan yang tertinggi adalah ketika Anda dapat mewujudkan kebahagiaan Anda dan keluarga, tak hanya dari materi saja.

Media pembelajaran tak hanya berasal dari buku ataupun seminar-seminar yang ada. Anda bisa menjadikan film-film inspirasi di atas sebagai media pembelajaran untuk menjadi entrepreneur muda yang sukses. Ambil nilai-nilai positif yang ada dalam film dan coba terapkan ke dalam kehidupan pribadi ataupun bisnis yang dijalankan.

Artikel ini hasil kerja sama Republika.co.id dan Cermati.com

Let's block ads! (Why?)

baca dong http://www.republika.co.id/berita/senggang/film/18/02/05/p3nwcw368-deretan-film-inspirasi-untuk-anda-para-entrepreneur-muda

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Deretan Film Inspirasi untuk Anda Para Entrepreneur Muda"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.