Search

Lihat Toilet-toilet Harum di Jepang dalam Film Perfect Days - detikPop

Jakarta -

Jepang memang sudah jadi incaran banyak pelancong untuk jadi destinasi wisata, namun sekarang ada pilihan berbeda kalau kamu mau liburan ke sana. Walaupun kesannya aneh tapi boleh jadi alternatif biar gak: wisata toilet. Toilet-toilet ini diperlihatkan dalam film Perfect Days arahan sutradara Wim Wenders.

Di kawasan Shibuya terdapat 17 toilet cakep yang beda kaya toilet umum di Indonesia. Toilet umum identik dengan kotor, gak terawat, dan pastinya bau, hal itu beda banget sama toilet-toilet yang ada di Shibuya.

Lewat film Perfect Days beberapa toilet bagus itu dipertontonkan, film ini menceritakan seorang bernama Hirayama (diperankan Kōji Yakusho) yang bekerja sebagai petugas kebersihan dengan rutinitas setiap hari membersihkan toilet-toilet tersebut.

Perfect Days juga ngajak penonton larut dalam rutinitas membersihkan toilet yang sebenarnya gitu-gitu aja, tapi ada hal yang berbeda yang membuat film ini jadi sangat berkesan. Mulai dari sinematografinya ciamik, lanskap kota yang khas, dan juga yang menjadi sorotan utamanya adalah WC umum itu sendiri.

Ke-17 toilet unik ini merupakan bagian dari Tokyo Toilet Project, yang merupakan proyek arsitektur dengan fokus renovasi fasilitas toilet umum di area Shibuya. Memang dalam film itu gak semua toilet-toilet itu diperlihatkan lengkap, hanya beberapa saja. Proyek toilet di Shibuya itu dijalankan oleh Nippon Foundation.

Setiap toilet-toilet yang digarap oleh mereka memiliki desain yang berbeda-beda. Kamu bisa ngerasain langsung gimana indahnya toilet umum di Jepang dengan pengalaman yang beda. 17 toilet ini juga membawa semangat seni, sehingga bisa dinikmati oleh orang secara luas tanpa ada Batasan.

Dalam film Perfect Days ditampilkan toilet-toilet superbersih dan wangi di Jepang. Ini adalah salah satunya.Dalam film Perfect Days ditampilkan toilet-toilet superbersih dan wangi di Jepang. Ini adalah salah satunya. Foto: dok. tokyotoilet.jp

Salah satunya toilet unik ini adalah toilet Amayadori yang didesain oleh arsitek bernama Tadao Ando, ia membuat toilet umum ini berada di area Taman Jingu-Dori dengan bangunan berbentuk lingkaran. Pria kelahiran 1941 ini memang terkenal dengan karya-karyanya. Lewat toilet ini Ando ingin memberikan kesan toilet gak cuman untuk fungsi saja tapi juga estetika.

Toilet Amayadori yang didesain oleh arsitek Tadao Ando.Toilet Amayadori yang didesain oleh arsitek Tadao Ando. Foto: dok. tokyotoilet.jp

"Saya mengupayakan arsitektur kecil ini bisa melampaui batasan toilet umum agar menjadi tempat dalam lanskap perkotaan dan memberikan nilai publik yang sangat besar," kata Ando dalam laman resmi The Tokyo Toilet.

Toilet buatan Ando ini memberikan pengunjung pengalaman yang unik ketika menggunakannya. Dengan bentuk lingkaran yang berbeda itu, pengunjung juga bisa menikmati angin sepoy-sepoy dan cahaya yang masuk dari kisi-kisi bangunan. Tak perlu khawatir masalah keamanan, dijamin aman dan nyaman.

Dalam film Perfect Days ditampilkan toilet-toilet superbersih dan wangi di Jepang. Ini adalah salah satunya.Dalam film Perfect Days ditampilkan toilet-toilet superbersih dan wangi di Jepang. Ini adalah salah satunya. Foto: dok. tokyotoilet.jp

Bukan hanya Ando saja yang garap toilet-toilet di proyek ini, setiap toilet punya arsiteknya masing-masing. Jadi desain toilet yang ditampilkan juga punya ciri khas sang desainer. So, kalau kalian melancong ke Jepang, coba deh ke Shibuya dan datengin satu-satu toilet tersebut.

(aay/aay)

Adblock test (Why?)

baca dong https://news.google.com/rss/articles/CBMiZWh0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9wb3AvbW92aWUvZC03MjgzNTI4L2xpaGF0LXRvaWxldC10b2lsZXQtaGFydW0tZGktamVwYW5nLWRhbGFtLWZpbG0tcGVyZmVjdC1kYXlz0gFpaHR0cHM6Ly93d3cuZGV0aWsuY29tL3BvcC9tb3ZpZS9kLTcyODM1MjgvbGloYXQtdG9pbGV0LXRvaWxldC1oYXJ1bS1kaS1qZXBhbmctZGFsYW0tZmlsbS1wZXJmZWN0LWRheXMvYW1w?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lihat Toilet-toilet Harum di Jepang dalam Film Perfect Days - detikPop"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.