Search

10 Rekomendasi Film Tentang Drakula dan Vampir - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Sejak dulu, drakula dan vampir menjadi pilihan karakter yang muncul dalam film horor, baik di Barat maupun Asia. Karakter itu biasanya memiliki kesamaan: sama-sama mengisap darah.

Drakula sejatinya karakter vampir ciptaan Bram Stoker pada 1897 yang digambarkan berasal dari kawasan Transylvania atau sekarang Rumania, dengan kelemahan terhadap bawang putih, sinar matahari, serta salib.

Banyak film yang dibuat berdasarkan novel tersebut. Film pertama yang mengadaptasi adalah Nosferatu pada 1922, namun baru secara resmi diangkat sebagai film melalui Dracula pada 1931.


Sementara itu, China menjadi negara yang sering mempopulerkan vampir di Asia, kemudian diikuti dengan Korea Selatan. Berikut sederet judul film tentang drakula dan vampir yang bisa masuk dalam daftar rekomendasi.

Bram Stoker’s Dracula (1992)Bram Stoker's Dracula (1992). (dok. Columbia Pictures via IMDb)

1. Dracula (1931)

Film ini menjadi salah satu yang membuat kalimat "I am dracula" menjadi ikonis dan populer hingga saat ini. Dracula dibuat berdasarkan penampilan teater karya Hamilton Deane dan John L. Balderston serta novel berjudul serupa karya Bram Stoker.

Dracula menceritakan Count Dracula yang pindah dari Transylvania ke Inggris dan mencari mangsa di kalangan manusia, termasuk tunangan seseorang.

Hal itu bermula ketika Renfield yang berprofesi sebagai pengacara mengunjungi kastil Dracula untuk urusan bisnis yakni niatan Dracula menyewa Biara Carfax di London. Setelah itu, Dracula menghipnotis Renfield dan pergi ke London keesokan harinya.

Di London, Dracula bertemu Seward bersama putrinya, Mina yang merupakan tunangan John Harker dan keluarga temannya Lucy Weston.

Dalam pertemuan itu, Lucy tertarik dengan Dracula. Hal itu 'terendus' oleh Dracula yang kemudian masuk ke kamar Lucy dan menggigitnya.

Sementara itu, Renfield mulai semakin aneh dengan memakan lalat dan laba-laba. Kabar tersebut sampai ke telinga Dr. Van Helsing yang kemudian melakukan penelitian terhadap Renfield dan membuatnya berhadapan dengan Count Dracula.

Van Helsing menyiapkan siasat untuk melawan Dracula. Film ini dibintangi Bela Lugosi, Helen Chandler, David Manners, dan Dwight Frye.

[Gambas:Youtube]

2. Nosferatu: Phantom der Nacht (Nosferatu the Vampyre) (1979)

Nosferatu The Vampyre merupakan film yang dibuat ulang dari Dracula. Film ini dibintangi Klaus Kinski, Isabelle Adjani, Bruno Ganz, dan Roland Topor.

Film ini menceritakan Jonathan Harker, agen real estate di Wismar, Jerman, yang mendapatkan klien bernama Count Dracula. Pekerjaan membuatnya meninggalkan sang istri, Lucy, di Jerman dan dia melakukan perjalanan ke kastil Count Dracula di Transylvania.

Sepanjang perjalanan, orang-orang sekitar menasihatinya untuk putar balik dan menjauhi kastil tersebut. Mengabaikan nasihat itu, ia melanjutkan perjalanan dan masuk ke kastil Dracula. Di sana, ia mulai merasakan keanehan.

Di dalam kastil, Count Dracula melihat foto Lucy ketika masih kecil dan menarik perhatiannya. Hal itu mendorongnya langsung setuju membeli properti Wismar, terutama ketika mengetahui mereka akan menjadi tetangga.

Harker menghabiskan malam di sana dan mendapatkan mimpi buruk. Di saat yang bersamaan, Lucy juga diteror lewat bayangan serta angan-angan yang menyeramkan. Kondisi memburuk ketika Harker malah menjadi tawanan di kastil sedangkan Count Dracula pergi ke Wismar.

[Gambas:Youtube]

3. Bram Stoker's Dracula (1992)

Bram Stoker's Dracula diadaptasi dari novel klasik Stoker yang terbit pada 1897. Film yang disutradarai Francis Ford Coppola ini dibintangi oleh Gary Oldman, Winona Ryder, Anthony Hopkins, dan Keanu Reeves.

Film dimulai dengan perang di Turki Konstantinopel pada 1462. Vlad Dracula merupakan prajurit yang memperjuangkan Kristen hingga meninggalkan istrinya, Elisabeta.

Keinginan bertemu istri mendorongnya berjuang keras dalam perang supaya menang dan bisa pulang. Namun, kenyataan pahit harus dihadapi karena sang istri malah bunuh diri.

Ratusan tahun berlalu hingga pada 1897 hadirlah Jonathan Harker, seorang notaris yang memiliki istri bernama Mina. Penampilan Mina sangat mirip dengan Elisabeta.

Permasalahan dimulai ketika Dracula menjadi klien Harker. Ketika berada di kastil Dracula, Harker tak sengaja mengeluarkan foto Mina yang menarik perhatian Dracula.

Sejak saat itu, Dracula memikirkan banyak cara serta siasat untuk membuat Mina bisa bersamanya, seolah membangkitkan kembali Elisabeta.

[Gambas:Youtube]

4. Dracula: Pages from A Virgin's Diary (2003)

Dracula: Pages from a Virgin's Diary merupakan film horor bisu karya sutradara Guy Maddin. Film ini dibintangi Zhang Wei-Qiang, dan Tara Birtwhistle.

Film ini bermula pada 1987 ketika seorang pengunjung dari Asia, Count Dracula, tiba di London dan diundang ke rumah Lucy Westenra. Hanya dalam waktu singkat, ia digigit Dracula dan membuat dirinya menjadi tak stabil hingga mengigit tunangannya.

Hal itu membuat Lucy dibawa ke Dr. Van Helsing untuk mendapat perawatan. Lucy dibuat tidur dalam tempat tidur berhiaskan bawang putih. Van Helsing pun berniat melawan Dracula. Ia menjadi mata-mata bersama rekan Lucy.

Dracula: Pages from a Virgin's Diary sejatinya disebut-sebut sebagai pertunjukan balet dari Bram Stoker's Dracula yang mengedepankan unsur ekspresionistik.

[Gambas:Youtube]

5. Horror of Dracula (1958)

Horror of Dracula menceritakan tentang Dr. Van Helsing yang sedang mencari temannya yang hilang, Jonathan Harker. Pencarian itu membawa Van Helsing tiba di kastil Count Dracula.

Setibanya di sana, ia melihat Harker yang belum meninggal di ruang bawah tanah Dracula. Van Helsing juga menyadari target Dracula sesungguhnya ialah Lucy Holmwood, tunangan Harker yang sedang sakit. Hal itu membuatnya meminta bantuan saudara laki-lakinya, Arthur.

Van Helsing menyiapkan rencana untuk bisa melindungi Lucy dan mengakhiri teror Dracula kepada manusia.

Film ini disutradarai dan diproduksi Terence Fisher dan Anthony Hinds. Horror of Dracula dibintangi Peter Cushing, Christopher Lee, Carol Marsh, John Van Eyssen, dan Michael Gough.

[Gambas:Youtube]

6. Hotel Transylvania (2012)

Waralaba Hotel Transylvania merupakan film tentang drakula yang bisa dinikmati bersama seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak. Selain drakula, film ini juga menampilkan banyak makhluk lainnya seperti mumi, manusia serigala, Frankenstein dan lainnya.

Hotel Transylvania dimulai pada 2012 dengan kisah Count Dracula (Drac), pemilik hotel yang khusus ditujukan tempat peristirahatan monster-monster di dunia dari hingar-bingar dunia manusia.

Pada acara ulang tahun ke-18 putrinya, Mavis, ia kedatangan tamu tak terduga yakni Johnny, seorang manusia yang mengubah kehidupannya 180 derajat.

Perubahan itu berlanjut ke Hotel Transylvania 2 (2015) yang memiliki latar belakang waktu tujuh tahun setelah film pertama.

Kali ini, anggota keluarga Drac mulai bertambah banyak dan ia mulai membuka hotelnya bagi manusia. Namun, ia justru bertemu dengan Vlad, ayahnya.

Sementara itu, seluruh hal yang terjadi dalam dua film sebelumnya membuat Drac akhirnya merasa kesepian.

Mavis yang rindu melihat ayahnya bersenang-senang merencanakan liburan besar bersama seluruh anggota keluarga dan monster lainnya dalam Transylvania 3: Summer Vacation. Perjalanan itu membuat Drac merasa menemukan cinta sejati yang selama ini hilang.

Transylvania 3: Summer Vacation menjadi film yang mendapat rating tertinggi yakni 62 persen, berdasarkan Rotten Tomatoes, dibandingkan pendahulunya yakni 45 persen dan 52 persen.

Beberapa artis menjadi pengisi karakter Hotel Transylvania seperti Adam Sandler (Drac), Selena Gomez (Mavis), dan Andy Samberg (Johnny).

[Gambas:Youtube]

7. Blade (1998)

Blade merupakan film pahlawan super dan horor asal AS yang disutradarai Stephen Norrington dan ditulis David S. Goyer. Film yang dibintangi Wesley Snipes ini mengisahkan manusia setengah vampir, Blade.

Hal itu bermula ketika sang ibu digigit vampir ketika mengandung Blade. Gigitan tersebut membuat ibu Blade kritis dan tak bisa diselamatkan. Sedangkan, bayi selamat dan diasuh pria misterius yang mengetahui kisah di balik semua kejadian itu.

Setelah dewasa, Blade memiliki kemampuan amat hebat dan bertekad membasmi seluruh vampir di dunia sebagai bentuk balas dendam atas kematian ibunya serta menjamin keselamatan manusia.

Sayangnya, niatan Blade diketahui para vampir dan membuatnya menjadi ancaman terbesar makhluk tersebut.

Blade mendapatkan sambutan hangat dari penonton. Dibuat dengan budget US$45 juta, film ini meraup untung hingga US$131,2 juta. Capaian itu membuat film ini berlanjut ke Blade II (2002) dan Blade: Trinity (2004) yang masih ditulis David S. Goyer.

[Gambas:Youtube]

8. Thirst (2009)

Thirst mengisahkan Sang-hyun (Song Kang-ho), pendeta sekaligus penyembuh yang amat dicintai warga sekitar karena memberikan pelayanan kepada para pasien. Ia juga amat dihormati karena kesetiaan dan keyakinannya yang teguh.

Dengan harapan bisa menyelamatkan satu nyawa, ia memutuskan menjadi sukarelawan dalam eksperimen berisiko di Afrika. Eksperimen tersebut gagal dan Sang-hyun tertular virus mematikan yang malah membuatnya menjadi vampir.

Setibanya di Korea Selatan, Sang-hyun begitu disambut meriah karena dianggap memiliki karunia kesembuhan yang ajaib. Para masyarakat sekitar berbondong-bondong menemuinya. Di antara pengunjung tersebut terdapat Kang-woo (Shin Ha-kyun), teman masa kecilnya.

Setelah itu, Kang-woo mengajak Sang-hyun ke rumahnya dan memperkenalkannya kepada sang istri, Tae-ju (Kim Ok-vin). Momen itu membuat Sang-hyun tersadar bahwa telah tertarik bahkan menyukai Tae-ju. Kondisi itu diperumit karena Tae-ju juga menyukai Sang-hyun.

Mengetahui perasaannya bersambut, Sang-hyun mengajak Tae-ju untuk melarikan diri. Ia yakin Tae-ju akan lebih bahagia bersamanya dibandingkan Kang-woo.

Namun, alih-alih menerima ajakan kabur, Tae-ju malah menyarankan Sang-hyun untuk membunuh Kang-woo.

Thirst merupakan salah satu film hit dari sutradara asal Korea, Park Chan-wook, setelah Oldboy, I'm a Cyborg but That's Ok, Sympathy for Lady Vengeance, dan Sympathy for Mr. Vengeance.

[Gambas:Youtube]

9. Blood: The Last Vampire (2009)

Blood: The Last Vampire merupakan film live-action hasil adaptasi dari manga berjudul serupa sekaligus spin-off dari serial televisi tersebut.

Film yang dibintangi Jun Ji-hyun, Allison Miller, Liam Cunningham, Masiela Lusha dan Koyuki ini menceritakan tentang seorang perempuan bernama Saya yang merupakan setengah manusia dan vampir, yang bekerja sama dengan manusia untuk menghancurkan Onigen, vampir terkuat dan berkuasa di dunia.

Pada 1970-an di Tokyo, Saya selama ini diasuh oleh Kato dan bekerja di The Council, organisasi rahasia yang memburu vampir selama ratusan tahun. Ia bergabung karena ingin balas dendam kepada Onigen yang telah membunuh ayahnya.

Demi misi tersebut, ia menyamar sebagai murid SMA Kanto di dekat pangkalan udara AS. Di sana ia bertemu dengan Alice McKee, putri Jenderal Angkatan Udara AS. Suatu hal membuat Alice akhirnya bergabung dengan Saya untuk melawan Onigen.

[Gambas:Youtube]

10. Vampire vs Vampire (1989)

Vampire vs Vampire merupakan film horor, laga, sekaligus komedi yang disutradari sekaligus dibintangi Lam Ching-ying, Chin Siu-ho, Sandra Ng, Billy Lau, serta Maria Cordero.

Film ini mengisahkan seorang pengusir hantu, pendeta beralis satu (Lam Ching-ying), yang menjalani kehidupan damai bersama dua muridnya yakni Ah Ho (Chin Siu-ho) dan Ah Fong (David Liu) di sebuah kota kecil.

Namun, hari-hari damai tersebut hilang ketika mereka menemukan persediaan air di desanya terkontaminasi oleh kelelawar. Permasalahan baru muncul ketika mereka menggali sumur untuk pasokan air baru dan menemukan mayat bangsawan Eropa serta vampir Eropa yang jahat.

[Gambas:Youtube]

(chri/end)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)

baca dong https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20201016101356-220-559094/10-rekomendasi-film-tentang-drakula-dan-vampir

Bagikan Berita Ini

0 Response to "10 Rekomendasi Film Tentang Drakula dan Vampir - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.