Search

Ini Film Horor Terseram yang Diangkat dari Kisah Nyata - detikcom

Jakarta - Jika bicara soal film horor terseram maka ada banyak sekali judul yang terlintas di kepala, mulai dari film Hollywood, Asia, Eropa hingga Indonesia seolah punya cirinya sendiri dalam meramu genre tersebut.

Namun ternyata ada sebuah film horor yang diangkat dari kisah nyata dan diberikan predikat terseram selama bertahun-tahun lamanya. Film tersebut dibuat dari kisah tragis yang masih belum terselesaikan hingga saat ini.

Film itu bertajuk Open Water yang digarap oleh Chris Kentis pada 2003, yang bercerita tentang pasangan asal Amerika yang bepergian ke Australia pada 1998 dan menghilang setelah melakukan scuba diving di sana.

Dibintangi Blanchard Ryan (sebagai Susan Watkins) dan Daniel Travis (sebagai Daniel Kintner), film tersebut berhasil meraup pendapatan secara global mencapai $ 55,5 juta atau senilai Rp 883 miliar. Sementara modal produksi mereka hanya mencapai $ 120 ribu atau sebesar Rp 1,9 miliar saja.

Lalu bagaimana sebenarnya kejadian aslinya? Peristiwa ini menimpa Tom dan Eileen Lonergan saat mereka melakukan wisata ke Australia. Dalam salah satu agendanya, mereka mencicipi scuba diving menjelajahi Great Barrier Reef yang disebut-sebut sangat indah.

Cuplikan adegan dalam film Open Water (2003).Cuplikan adegan dalam film Open Water (2003). Foto: Dok. Lionsgate

Mereka menyelam di sana pada 25 Januari 1998, seperti biasa harusnya setelah wisata selesai awak kapal akan kembali menghitung para penyelam sebelum kapal pergi kembali ke dermaga. Namun sayangnya entah kenapa mereka lupa dengan pasangan tersebut dan baru sadar setelah dua hari kemudian.

Salah seorang awak kapal melihat ada tas Tom dan Eileen di sana dan tak melihat sosoknya. Mereka pun baru melakukan pencarian di laut setelahnya. Sayangnya mereka tak pernah ditemukan, hanya ada robekan wetsuit yang dikenakan oleh Eileen di pinggir pantai sebulan setelah pencarian itu.

Tak ada yang tahu bagaimana nasib Tom dan Eileen, apakah mereka mati gegara dehidrasi, tenggelam, atau justru diserang oleh hewan seperti hiu.

Dalam filmnya Chris Kentis pun menyuguhkan hal yang menjadi misteri dari kisah itu dan membuat penonton makin merasa dihantui oleh rasa empati melihat nasib keduanya yang tak jelas.

Pada film berdurasi 79 menit itu Daniel dan Susan benar-benar tak berdaya. Jika dalam film horor lainnya para pemerannya masih bisa melarikan diri atau mencoba melawan, maka di sini hanya ada keputus asaan saja. Mereka hanya bisa berharap pada sesuatu yang ternyata tak pernah terjadi.

Kentis mengakhiri film ini dengan akhir yang cukup sempurna, meski dengan beberapa bumbu adegan horor dan serangan hiu. Namun film ini masih cukup menghantui rasa empati kita saat menyaksikannya.

Simak Video "Film 'Kiblat' Tuai Kritik MUI"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/dar)

Adblock test (Why?)

baca dong https://news.google.com/rss/articles/CBMiYGh0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9wb3AvbW92aWUvZC03Mjc4MDUyL2luaS1maWxtLWhvcm9yLXRlcnNlcmFtLXlhbmctZGlhbmdrYXQtZGFyaS1raXNhaC1ueWF0YdIBZGh0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9wb3AvbW92aWUvZC03Mjc4MDUyL2luaS1maWxtLWhvcm9yLXRlcnNlcmFtLXlhbmctZGlhbmdrYXQtZGFyaS1raXNhaC1ueWF0YS9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Film Horor Terseram yang Diangkat dari Kisah Nyata - detikcom"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.