Search

20 Film Indonesia Terbaik, Penonton Terbanyak, hingga Menarik Sepanjang Masa - detikHot

Daftar Isi

Jakarta -

Film Indonesia memiliki kualitas yang tak kalah dengan film luar. Banyak film yang menawarkan berbagai macam genre mulai dari horor, komedi, hingga romantis yang selalu dinantikan penonton. Selain itu ada juga film yang mengangkat isu sosial dan keluarga sebagai cerita yang menyentuh hati.

Dari sekian banyak film yang ada di Indonesia, berikut ini beberapa rekomendasi film Indonesia terbaik dan terlaris yang mendapat pujian banyak penonton. Mulai dari cerita, visual garapan hingga adegan yang mengagumkan.

Film Indonesia Terbaik Genre Romantis dan Keluarga

1. Habibie Ainun

  • Pemain Utama: Reza Rahardian, Bunga Citra Lestari
  • Jumlah penonton di bioskop: 4.601.249 Penonton

Film Habibie dan Ainun ini menceritakan kisah inspiratif dari Rudy Habibie dengan Hasri Ainun. Seorang ahli pesawat terbang dan dokter muda cerdas ini pertama kali pada tahun 1962 di Bandung. Film ini juga mengisahkan visi dan mimpi besar kepada Indonesia. Berbagai rintangan dan tantangan harus mereka hadapi di Jerman hingga akhirnya bisa kembali ke Indonesia.

2. Dilan 1990

  • Pemain utama: Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla
  • Jumlah penonton di bioskop: 6.315.664 penonton

Film romantis berikutnya yakni Dilan 1990. Film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Pidi Baiq. Kisah tentang seorang perempuan bernama Milea ini baru saja pindah ke Bandung. Saat datang ke sekolah baru, Milea tidak sengaja bertemu dengan Dilan. Ketua geng motor tersebut meramal Milea akan menjadi pacarnya dan akan bersedia naik motor bersamanya. Kisah cinta remaja ini sangat digemari penonton dengan kata-kata terkenalnya "Rindu. Ini berat. Kau tak akan kuat. Biar aku saja,"

3. Ada Apa dengan Cinta

  • Pemain utama: Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra
  • Jumlah penonton di bioskop: 3.665.509 Penonton

Film Ada Apa dengan Cinta ini dirilis pada tahun 2002. Film ini menceritakan seorang perempuan bernama Cinta yang akan bertunangan dengan kekasihnya, Trian. Lalu Cinta tak sengaja bertemu dengan Rangga. Mereka akhirnya terjebak perasaan yang penuh drama, ketidakpastian, dan kebingungan akan perasaan mereka.

4. Ayat-ayat Cinta

  • Pemain utama: Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Carissa Putri, Zaskia Adya Mecca
  • Jumlah penonton di bioskop: 3.676.135 Penonton

Film Indonesia terbaik selanjutnya yakni Ayat-ayat Cinta. Film ini menceritakan Fahri bin Abdullah, seorang mahasiswa asal Indonesia yang berkuliah di Al-Azhar Mesir. Fahri menghadapi berbagai kesulitan hidup di negara asing tersebut, tidak hanya itu, kisah cintanya yang rumit dan beberapa wanita yang menyukainya juga turut menggugah film.
Fahri yang sangat cinta pada agama Islam ini juga berpengaruh pada kisah pernikahannya. Sehingga, banyak kegundahan dan keputusan yang membuat Ia harus menghadapi kesulitan dalam meraih impian.

5. Dilan 1991

  • Pemain utama: Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla
  • Jumlah penonton di bioskop: 5.253.411 Penonton

Film Dilan 1991 merupakan film lanjutan dari Dilan 1990 yang menceritakan kisah cinta Dilan dan Milea setelah resmi berpacaran. Namun, hubungan mereka semakin rumit hingga ada cerita tentang Dilan yang harus berkelahi dan terancam dikeluarkan dari sekolah. Tidak hanya itu, hubungan Dilan dan Milea juga terancam berakhir akibat dari perkelahian tersebut.

6. Ayat-ayat Cinta 2

  • Pemain utama: Fedi Nuri, Tatjana Saphira, Chelsea Islan, Dewi Sandra
  • Jumlah penonton di bioskop: 2.840.159 Penonton

Film ini merupakan film lanjutan dari Ayat-ayat Cinta yang mengisahkan tentang Fahri Abdullah setelah kehilangan istrinya, Aisha. Fahri kerap menghadapi persoalan dengan tetangganya yang menganggap dirinya sebagai teroris. Kehidupan Fahri juga semakin rumit saat hadirnya sepupu istrinya, Hulya yang bersedia menggantikan peran sang istri.

7. Imperfect

  • Pemain utama: Jessica Mila, Reza Rahadian
  • Jumlah penonton di bioskop: 2.662.356 Penonton

Film terbaik Indonesia berikutnya yakni Imperfect. Film ini menceritakan tentang Rara, seseorang yang memiliki fisik yang kerap kali dirundung, dicela, oleh orang-orang sekitar. Terutama karena ia memiliki fisik yang berbeda dengan adiknya, Lulu.

Rara memiliki kebaikan hati yang tidak dimiliki banyak orang lain. Ia bahkan sering membantu mengajar anak-anak jalanan. Selain itu, Rara memiliki kekasih yakni Dika yang mencintai dirinya apa adanya. Lain hal dengan adiknya, Lulu yang menjalin hubungan dengan George ternyata hanya untuk mencari popularitas belaka.

8. Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang

  • Pemain utama: Sheila Dara Aisha, Jerome Kurnia, Lutesha, Rio Dewanto, Rachel Amanda, Ganindra Bimo
  • Jumlah penonton di bioskop : 850.000 Penonton

Film yang satu ini mengisahkan tentang kehidupan keluarga. Seorang anak tengah bernama Aurora yang harus berjuang di Kota London untuk meraih mimpinya. Namun, di sisi lain Aurora juga menemukan kekasih bernama Jem. Kehidupan AUrora tidak berjalan mulus hingga ia menghadapi kesulitan dan meninggalkan kuliah serta mimpinya. Hingga ia harus tinggal bersama teman yakni Honey dan Kit.

Film Indonesia Terbaik Genre Horor

9. KKN di Desa Penari

  • Pemain utama: Tissa Biani, Adinda Thomas, dan Achmad Megantara
  • Jumlah penonton di bioskop: 10.061.033 penonton

Film Indonesia terbaik dan terlaris genre horor ini berjudul KKN di Desa Penari. Kisah enam orang mahasiswa Nur, Widya, Ayu, Bima, Anton, dan Wahyu saat melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di sebuah desa terpencil yang dipilih mereka tanpa mengetahui bahwa desa tersebut menyimpan misteri yang tidaklah biasa. Mereka diingatkan oleh kepala desa, Pak Prabu, untuk tidak melewati batas gapura terlarang. Namun, kisah horor ini semakin mencengkam saat mereka beberapa hari tinggal di desa tersebut mulai merasakan keanehan. Sosok penari misterius mulai meneror mereka.

10. Sewu Dino

  • Pemain utama: Mikha Tambayong, Gisellma Firmansyah, Rio Dewanto, Marthino Lio, Givina Lukita Dewi
  • Jumlah penonton di bioskop: 3.000.000 Penonton

Film horor ini mengisahkan seorang Sri yang menghadapi kesulitan ekonomi, lalu ia mendapat pekerjaan di keluarga Atmodjo. Sri memiliki keunikan lahir di hari Jumat Kliwon. Sri bersama dua rekannya bertugas untuk merawat Della Atmodjo cucu dari Karsa Atmodjo, yang terkena kutukan Sewu Dino dan tidak sadarkan diri. Dalam perjanjian mistis dengan Karsa Atmodjo, mereka bertiga harus menyelesaikan ritual hingga hari ke 1000 tanpa melarikan diri dari gubuk tersebut..

11. Pengabdi Setan 2

  • Pemain utama: Tara Basro, Endy Arfian, Nasar Anuz, dan Bront Palarae
  • Jumlah penonton di bioskop: 6.391.982 penonton

Film ini mengisahkan tahun 1955, seorang Heru Kusuma meminta Budiman Syailendra untuk meliput penemuan puluhan mayat dengan posisi bersujud pada gambar bertuliskan Raminom di Observatorium Bosscha. Lalu, pada tahun 1984, Rini sekeluarga menetap di rumah susun milik pemerintah di Jakarta Utara dan terjadi kecelakaan lift yang menewaskan beberapa orang.

Kisah misterius ini mulai muncul saat Rini mendengar dan melihat arwah ketiga teman Wina. Kemudian, Budiman menerima kiriman paket dari Heru yang tewas karena bunuh diri, yang berisi beberapa benda termasuk Pear of Anguish, dan menyadari ada bahaya di rumah susun yang ditempati Rini tersebut.

12. Waktu Magrib

  • Pemain utama: Ali Fikry, Bima Sena, Nafiza Fatia Rani
  • Jumlah penonton di bioskop: 2.033.739 penonton

Film Indonesia terbaik genre horor ini mengisahkan Adi dan Saman yang sering terlambat masuk sekolah karena harus membantu keluarga mereka di ladang, dan sering dihukum oleh Bu Woro yang disiplin. Suatu hari, Adi dan Saman menyumpahi Bu Woro hingga meninggal secara tragis. Setelah itu, mereka mengalami teror dari makhluk halus berseragam guru yang menyeramkan.

13. Pengabdi Setan

  • Pemain utama: Tara Basro, Bront Palarae, Endy Arfian, Adhiyat
  • Jumlah penonton di bioskop: 4.206.103 penonton

Pengabdi Setan merupakan film berlatar belakang tahun 1981. Kisah Rini yang tinggal di rumah neneknya di Jakarta ini mengalami kesulitan biaya untuk pengobatan ibunya. Hingga ibunda Rini meninggal. Keluarga Rini diperkenalkan dirinya dengan ustaz dan putra saat di pemakaman. Tak lama kemudian mereka diteror hantu sang ibunda. Teman neneknya memberitahu Rini bahwa ibundanya pernah menjadi anggota sekte pemuja setan dan kisah tersebut berlanjut menegangkan.

14. Suzzana: Bernapas dalam Kubur

  • Pemain utama: Luna Maya, Herjunot Ali, Clift Sangra
  • Jumlah penonton di bioskop: 3.346.185 penonton

Film ini menceritakan tentang sosok Suzanna dan suaminya, Satria yang telah menikah selama lima tahun namun belum memiliki anak. Saat Suzanna hamil besar, suaminya pergi dinas keluar negeri. Suatu hari, karyawan Satria datang merampok rumahnya dan berujung pada kematian Suzanna, hingga akhirnya Suzanna dikubur di belakang rumah. Tetapi anehnya, Suzanna beraktifitas seperti biasa seakan tidak terjadi pembunuhan.

Film Indonesia Terbaik Komedi

15. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1

  • Pemain utama: Abimana Aryasatya, Vino Bastian dan Tora Sudiro
  • Jumlah penonton di bioskop: 6.858.616 Penonton

Film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 ini merupakan film adaptasi dari film Warkop DKI yang bercerita tentang tiga sahabat. Mereka bekerja sebagai petugas CHIIPS. Namun, mereka bertiga kerap bertingkah lucu dan membuat bos marah. Mereka mengalami banyak masalah yang dijatuhi denda sebesar 8 miliar, sehingga mereka berniat meminjam uang ke paman Dono. Kisah mereka berlanjut dengan berburu harta karun di negeri lain.

16. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2

  • Pemain utama: Abimana Aryasatya, Vino Bastian, Tora Sudiro
  • Jumlah penonton di bioskop: 4.083.190 Penonton

Film ini kelanjutan dari Warkop DKI Reborn Part 1, kisah empat sahabat, Dono, Kasino, Indro, dan Sophie, ini mencari perempuan berbaju merah untuk menemukan harta karun bernama Nadia. Nadia adalah peneliti dari Lab Arann Universitas Putra Malaysia, namun mereka malah menjadi kelinci percobaan seorang peneliti. Kisah mereka berlanjut dengan berbagai misi untuk lari dan mencari harta karun.

17. My Stupid Boss

  • Pemain utama: Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari
  • Jumlah penonton di bioskop: 3.052.657 penonton

Film My Stupid Boss diadaptasikan dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Chaos. Film ini menceritakan karyawan bernama Diana yang tinggal di Kuala Lumpur bersama suaminya, Dika.

Diana bekerja di sebuah perusahaan yang bosnya merupakan teman kuliah Dika saat di Amerika. Hubungan Diana dan bossnya tidak biasa apalagi saat bosnya berubah menjadi sosok yang menyebalkan.

18. Susah Sinyal

  • Pemain utama: Adinia Wirasti, Ernest Prakasa, Aurora Ribero, Refal Hady, Valerie Thomas
  • Jumlah penonton di bioskop: 2.172.512 Penonton

Film terbaik Indonesia bergenre komedi berikutnya yakni Susah Sinyal. Film yang mengisahkan Ellen, seorang ibu tunggal yang sukses sebagai pengacara di Jakarta. Namun jarang meluangkan waktu untuk anaknya, Kiara.

Ibunda Ellen yang paling dekat dengan Kiara, menyarankan mereka berlibur ke Sumba. Akhirnya keduanya pergi ke Sumba dan melakukan pendekatan ibu dan anak. Di pesta tahun baru itulah, Ellen juga mengungkapkan berita besar pada anaknya dan mulai membangun hubungan baik

19. Cek Toko Sebelah

  • Pemain utama: Ernest Prakasa, Dion Wiyoko, Chew Kinwah, Adinia Wirasti, Gisella Anastasia
  • Jumlah penonton di bioskop: 2.642.957 penonton

Film Cek Toko Sebelah menceritakan seorang Erwin, yang sukses di usia muda dengan kekasihnya Natalie. Namun ia mendapati dirinya dalam situasi pelik ketika kesehatan Koh Afuk sang ayah semakin memburuk. Sang ayah ingin mewariskan toko sembakonya pada Erwin sebagai anak kesayangannya.

Namun, Yohan, kakak Erwin merasa lebih pantas meneruskan toko, sedangkan Koh Afuk sulit mempercayai Yohan, yang selalu memberontak. Film ini mengisahkan kebimbangan Erwin antara mengorbankan karier atau mengurus toko milik ayahnya.

20. Ngeri-ngeri Sedap

  • Pemain utama: Arswendy Beningswara Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir Manullang
  • Jumlah penonton di bioskop: 2.886.121 penonton

Film komedi yang satu ini mengisahkan pasangan Pak Domu dan Mak Domu yang memiliki empat anak. Kisah tersebut berlanjut saat anak-anaknya pulang untuk acara syukuran namun terhalan berbagai masalah. Hingga akhirnya Pak Domu dan Mak Domu memutuskan untuk berpura-pura bercerai.

Nah, itulah beberapa rekomendasi film Indonesia terbaik yang bisa kamu tonton bersama teman dan keluarga.

Simak Video "Laris! Sewu Dino Tembus 2 Juta Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

Adblock test (Why?)

baca dong https://news.google.com/rss/articles/CBMicGh0dHBzOi8vaG90LmRldGlrLmNvbS9tb3ZpZS9kLTY3ODQ2NjQvMjAtZmlsbS1pbmRvbmVzaWEtdGVyYmFpay1wZW5vbnRvbi10ZXJiYW55YWstaGluZ2dhLW1lbmFyaWstc2VwYW5qYW5nLW1hc2HSAXRodHRwczovL2hvdC5kZXRpay5jb20vbW92aWUvZC02Nzg0NjY0LzIwLWZpbG0taW5kb25lc2lhLXRlcmJhaWstcGVub250b24tdGVyYmFueWFrLWhpbmdnYS1tZW5hcmlrLXNlcGFuamFuZy1tYXNhL2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "20 Film Indonesia Terbaik, Penonton Terbanyak, hingga Menarik Sepanjang Masa - detikHot"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.