Search

Lokakarya Film Pendek Sukses di Gelar di Kota Bogor, Anak-Anak SMA Antusias untuk Berkarya - Tribun Bogor

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Rahmat Hidayat

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH -  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor bekerja sama dengan RekaBogor, didukung oleh Komunitas Film Bogor, SEBS, Balefilm, dan Bogor Cinema, sukses menggelar Klinik Film Bogor - lokakarya intensif produksi film pendek

Acara ini diadakan di Hotel Permata dari tanggal 26 hingga 28 Juni 2023, kemarin.

Lokakarya intensif produksi film pendek bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada anak muda dan komunitas di Bogor untuk mengasah keterampilan mereka dalam
pembuatan film pendek

Workshop ini diharapkan akan menghasilkan film pendek yang berkualitas tentang Bogor untuk ikut berkompetisi dalam festival-festival film.

Walikota Bogor, Bima Arya, yang mengatakan, bahwa Kota Bogor memiliki segudang cerita untuk digali alur ceritanya.
 
Alur cerita ini bisa digunakan dan diangkat menjadi sebuah film.

"Banyak cerita menarik yang dapat kita angkat di Kota Bogor, seperti kisah persahabatan antara pemilik restoran Nasi Goreng Pete Guan Tjo dengan Sate Sumsum Pak Oo, yang merupakan kisah persahabatan penuh toleransi di Surya Kencana, Kota Bogor. Atau misalnya, setiap pagi saya melihat sepasang kakek nenek yang berjalan jauh ke pasar
sambil bergandengan tangan. Kisah-kisah ini ada di Bogor dan dapat diangkat menjadi film pendek yang menginspirasi," kata Bima Arya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor, Iceu Pujiati sangat mendukung lokakarya ini karena dinilai dapat menjadi sarana promosi pariwisata.

"Saya mendukung penuh lokakarya Klinik Film Bogor ini, saya juga berharap kegiatan sejenis ini akan bertambah banyak. Dengan begitu karya film bisa semakin banyak juga dan promosi pariwisata kota kita menjadi lebih kuat," kata ICeu.
 
Selaras dengan Bima Arya, Ketua RekaBogor Georgian Marcello juga menyampaikan bahwa film-film yang mengangkat pariwisata Kota Bogor akan bisa menjadi sarana pembangun ekosistem perekonomian.

"Film-film seperti itu harus ada untuk mengangkat pariwisata kota kita. Dalam 10 tahun ke depan, ibu kota negara akan pindah ke Nusantara, maka kita harus bersiap, karena ekosistem perekonomian Kota Bogor itu tidak lepas dari Pemerintah Pusat yang sering menghabiskan uangnya di kota kita," kata Georgian.
 
Kegiatan lokakarya ini sendiri diikuti oleh 20 peserta dengan usia rata-rata 15-25 tahun, kebanyakan fresh graduate SMA dan masih duduk di kelas 1-3 SMA. 

Mereka mengikuti serangkaian agenda yang menarik selama tiga hari.

Pada hari pertama, peserta mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan narasumber dalam talkshow yang berfokus pada topik-topik seperti penyutradaraan penulisan, editing film, dan sinematografi.

Pada hari kedua, peserta terlibat langsung dalam proses produksi film pendek yang didukung oleh aktor-aktor teater dari subsektor Seni Pertunjukan.

Pada hari terakhir, mereka diperkenalkan kepada berbagai komunitas film di Bogor dan hasil produksi film pendek mereka diputar dalam sesi Screening serta dievaluasi oleh para mentor.

Klinik Film Bogor juga mengundang sejumlah narasumber terkenal sebagai pemateri dalam acara ini, antara lain Andi Bachtiar Yusuf (Penulis & Sutradara), Archie Hekagery (Penulis & Sutradara), Iqra Sembiring (Sinematografer), Cesa David Luckmansyah (Editor Film), dan Eko Hadi Lesmono (Pemerhati Sejarah Bogor Historia).

Acara ini juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk memperoleh wawasan lebih dalam tentang forum ekonomi kreatif Kota Bogor, Reka, yang merupakan jejaring dari 17 subsektor ekonomi kreatif. 
 
Subsektor film di Bogor juga telah mengalami perkembangan pesat.
 
Terbukti dengan suksesnya Festival Film Bogor tahun lalu, sebuah penghargaan tingkat nasional bagi para pelaku film yang diinisiasi oleh Komunitas Film Bogor.

Klinik Film Bogor merupakan salah satu langkah konkret yang diambil oleh pemerintah kota dan berbagai pihak terkait untuk mendukung pengembangan industri film lokal.

Adblock test (Why?)

baca dong https://news.google.com/rss/articles/CBMigQFodHRwczovL2JvZ29yLnRyaWJ1bm5ld3MuY29tLzIwMjMvMDYvMjkvbG9rYWthcnlhLWZpbG0tcGVuZGVrLXN1a3Nlcy1kaS1nZWxhci1kaS1rb3RhLWJvZ29yLWFuYWstYW5hay1zbWEtYW50dXNpYXMtdW50dWstYmVya2FyeWHSAYUBaHR0cHM6Ly9ib2dvci50cmlidW5uZXdzLmNvbS9hbXAvMjAyMy8wNi8yOS9sb2tha2FyeWEtZmlsbS1wZW5kZWstc3Vrc2VzLWRpLWdlbGFyLWRpLWtvdGEtYm9nb3ItYW5hay1hbmFrLXNtYS1hbnR1c2lhcy11bnR1ay1iZXJrYXJ5YQ?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lokakarya Film Pendek Sukses di Gelar di Kota Bogor, Anak-Anak SMA Antusias untuk Berkarya - Tribun Bogor"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.