Search

DIY Tantang Filmmaker Bikin Karya, Enam Film Juara 2022 Diputar Gratis di TBY - Kedaulatan Rakyat

untitled

YOGYA - Pemda DIY melalui Dinas Kebudayaan kembali menggelar Kompetisi Pendanaan Pembuatan Film 2023. Lima sineas pemenang akan mendapat pendanaan pembuatan film dengan dana Rp 180 juta per film. 

Suluh Pamuji, Ketua Tim Pengembangan Film DIY mengatakan tahun ini pendaftaran dan penerimaan proposal dilaksanakan pada 28 April - 12 Mei. Tahun ini menurut dia akan ada 5 film yang akan dibuat dan didanai oleh Dana Keistimewaan melalui Dinas Kebudayaan. 

"Kami berusaha menjadikan kompetisi ini semakin kompetitif dan berkualitas. Apalagi, sistem ini sudah dikopi oleh Kemendikbudristek baik sistem kurasi dan supervisi. Tantangan bagi DIY untuk membuat lebih baik lagi, termasuk bagi teman-teman film maker," ungkapnya ketika berbincang, Senin (13/3/2023). 

Ong Hari Wahyu, Kurator Pendanaan Film menambahkan Jogja merupakan kota yang sangat beruntung karena punya pendanaan perfilman dan nilainya terbanyak seluruh Indonesia. Tahun ini menurut Ong, kurasi dilakukan dengan lebih ketat untuk memastikan kualitas film lebih baik dibandingkan sebelum-sebelumnya. 

"Jogja jadi laboratorium, jadi kami ketat tahun ini. Cara berpikir yang harus kritis, bagaimana skenario menarik dibangun dan ditawarkan untuk publik. Nilai lokal Jogja dan Indonesia harus muncul. Bukan seperti Drakor atau Fast Furious. Kita punya drama sendiri ibu-ibu arisen misalnya ngrasani hutang dan lain sebagainya, ini bisa jadi ide yang menarik," tandasnya. 

Ong mengatakan kekuatan cerita yang dibangun menjadi sangat penting untuk diwujudkan. Apalagi, dengan durasi minimal 15 menit, sangat pendek akan jadi tantangan tersendiri bagi para film maker. 

"Kami menantang, menunggu teman-teman film maker Jogja untuk ikut. Dana Rp 180 juta itu besar lho, jadi harus dimanfaatkan betul," lanjutnya. 

Sementara Suluh Pamuji menambahkan enam film pemenang kompetisi 2022 yakni Kala Nanti, Kanaka, Lebaran Dari Hong Kong, Nginang Karo Ngilo, Nyalawadi dan Piye Perasaanmu Nek Dadi Aku akan diputar untuk publik di TBY, Selasa (14/3/2023) besok. Pemutaran ini menjadi spesial karena keenam film belum akan diputar untuk umum dalam dua tahun ke depan untuk kepentingan festival. 

"Silahkan hadir karena acara ini gratis, juga bakal ada angkringan. Kita nonton sorot film-film karya film maker muda Jogja," pungkasnya. (Fxh)

Adblock test (Why?)

baca dong https://news.google.com/rss/articles/CBMieGh0dHBzOi8vd3d3Lmtyam9namEuY29tL2hpYnVyYW4vcmVhZC80OTcwOTgvZGl5LXRhbnRhbmctZmlsbW1ha2VyLWJpa2luLWthcnlhLWVuYW0tZmlsbS1qdWFyYS0yMDIyLWRpcHV0YXItZ3JhdGlzLWRpLXRiedIBfGh0dHBzOi8vd3d3Lmtyam9namEuY29tL2FtcC9oaWJ1cmFuL3JlYWQvNDk3MDk4L2RpeS10YW50YW5nLWZpbG1tYWtlci1iaWtpbi1rYXJ5YS1lbmFtLWZpbG0tanVhcmEtMjAyMi1kaXB1dGFyLWdyYXRpcy1kaS10Ynk?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "DIY Tantang Filmmaker Bikin Karya, Enam Film Juara 2022 Diputar Gratis di TBY - Kedaulatan Rakyat"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.