Search

9 Rekomendasi Film Sutradara Joko Anwar: Drama, Noir, hingga Horor - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Film sutradara Joko Anwar memang memiliki ciri khasnya tersendiri. Anda bisa melihat dan merasakannya mulai dari plot cerita, naskah, musik, hingga sinematografinya.

Deretan filmnya yang unik tersebut membuat film karya sutradara kelahiran 3 Januari 1976 ini kerap meraih penghargaan.

Sejumlah film karya pria yang akrab disapa Jokan ini juga berhasil menembus kancah internasional dan ditayangkan di beberapa negara.

Genre film yang ia tawarkan pun beragam, mulai dari komedi, drama, thriller, noir, hingga horor. Lantas apa saja judul-judul film dari sutradara asal Medan ini?

Film Sutradara Joko Anwar

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini rekomendasi film sutradara Joko Anwar yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Janji Joni (2005)

Janji Joni.Rekomendasi film sutradara Joko Anwar, salah satunya Janji Joni (Dok. Kalyana Shira Film)

 Janji Joni merupakan film drama komedi yang ditulis dan disutradarai oleh Joko Anwar. Janji Joni mengisahkan tentang seorang pengantar roll film bernama Joni.

Suatu hari, Joni bertemu dengan seorang wanita. Namun wanita itu tidak mau memberitahu namanya. Ia akan memberitahukan namanya apabila Joni dapat mengantarkan roll-roll film dengan tepat waktu. 

Kisahnya yang unik membuat Janji Joni berhasil meraih sejumlah penghargaan, salah satunya menjadi Film Terbaik di MTV Indonesia Movie Awards 2005. Di ajang yang sama, Nicholas Saputra sebagai pemeran Joni berhasil meraih penghargaan sebagai Aktor Favorit.

2. Kala (2007)

Rekomendasi film sutradara Joko Anwar selanjutnya adalah Kala. Film Kala menjadi salah satu film Indonesia bergaya noir yang unik dan jarang ditemukan di Indonesia.

Film ini mengisahkan tentang seorang jurnalis bernama Janus yang menyelidiki kematian misterius lima laki-laki. Dari sini muncul rahasia yang pelan-pelan mulai terungkap.

Ceritanya yang menarik membuat film ini berhasil memborong sejumlah nominasi dan memenangkan beberapa penghargaan di Festival Film Indonesia 2007.

3. Pintu Terlarang (2009)

Pintu Terlarang (2009)Rekomendasi film sutradara Joko Anwar, salah satunya Pintu Terlarang (LifeLike Pictures via Imdb)

Pintu Terlarang merupakan film yang diadaptasi dari novel karya Sekar Ayu Asmara. Film ini mengisahkan tentang kehidupan seorang seniman bernama Gambir yang merasa hidupnya terancam oleh teror.

Tak hanya kisahnya yang menarik, film ini juga menyuguhkan sejumlah simbol dan teka-teki yang membuat penontonnya penasaran.

Pintu Terlarang berhasil meraih penghargaan Best of Puchon di Puchon International Fantastic yang digelar di Korea Selatan pada 16-26 Juli 2009.

4. Modus Anomali (2012)

Berikutnya adalah film berjudul Modus Anomali yang mengisahkan tentang seorang pria yang berada di hutan. Saat berlibur, ia terpisah dari keluarganya. 

Film bergenre psychology thriller ini berhasil masuk dalam banyak nominasi di Festival Film Indonesia dan ajang internasional lainnya.

5. A Copy of My Mind (2015)

Hadir dengan latar waktu pada musim pemilihan presiden, A Copy of Mind menjadi salah satu film garapan Joko Anwar yang sayang untuk Anda lewatkan. Pasalnya, film ini memberi "napas" yang baru pada industri perfilman Indonesia.

A Copy of My Mind mengisahkan tentang romansa antara pekerja di salon kecantikan bernama Sari dan penerjemah DVD bajakan bernama Alek.

Kehidupan mereka yang biasa-biasa saja tiba-tiba berubah jadi menegangkan dan penuh ancaman setelah keduanya menonton sebuah rekaman terlarang.

Film yang satu ini berhasil membuat Joko Anwar meraih penghargaan sebagai sutradara terbaik di Festival Film Indonesia.

6. Pengabdi Setan (2017)

Film Pengabdi Setan.Rekomendasi film sutradara Joko Anwar, salah satunya Pengabdi Setan (Dok. Rapi Films)

Pengabdi Setan merupakan film horor garapan Joko Anwar yang berhasil menembus pasar Indonesia hingga 4,2 juta penonton dan melaju hingga ke festival film di Florida tahun 2018.

Film ini mengisahkan tentang Rini yang harus menerima kalau ibunya mengabdi kepada setan. Sejak kematian sang ibu, berbagai hal aneh dan teror pun menghantui keluarga tersebut.

7. Folklore: A Mother's Love (2018)

Terinspirasi dari salah satu mitos mistis Indonesia, Folklore: A Mother's Love merupakan film horor yang cukup ramai diperbincangkan di hari perilisannya.

Film ini bercerita tentang seorang ibu dan anak satu-satunya yang tanpa sengaja menemukan anak-anak yang tidak terurus di loteng rumah.

Ia pun berusaha untuk memulangkan anak-anak tersebut kepada keluarganya. Namun terdapat misteri yang tidak diketahui olehnya.

8. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Rekomendasi film sutradara Joko Anwar berikutnya adalah Perempuan Tanah Jahanam. Film ini berkisah tentang Maya dan sahabatnya yang bernama Dini. Mereka mengunjungi rumah peninggalan keluarga Maya di Kampung.

Namun, berbagai peristiwa aneh kerap terjadi di desa tersebut. Suatu malam, Maya dihantui oleh suara lirih perempuan yang melahirkan. Sejak saat itu, keduanya menjadi saksi dan terjebak di dalam misteri kampung tersebut.

9. Gundala (2019)

GundalaRekomendasi film sutradara Joko Anwar, salah satunya Gundala (Dok. Screenplay Films)

Gundala merupakan film pembuka rangkaian kisah dari Bumilangit Universe yang diangkat dari cerita komik Indonesia.

Film ini menceritakan tentang anak kecil bernama Sancaka yang hidup seorang diri setelah ditinggal kedua orang tuanya. Saat dewasa, Sancaka mendapat kekuatan petir.

Gundala berhasil memborong sejumlah nominasi dan penghargaan dalam Festival Film Indonesia dan Piala Maya 2019.

Demikian sejumlah rekomendasi film dari sutradara Joko Anwar. Selamat menonton!

(juh)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)

baca dong https://news.google.com/rss/articles/CBMifmh0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vaGlidXJhbi8yMDIzMDMyMTA5MzQ1Ny0yMjUtOTI3NjE0LzktcmVrb21lbmRhc2ktZmlsbS1zdXRyYWRhcmEtam9rby1hbndhci1kcmFtYS1ub2lyLWhpbmdnYS1ob3JvctIBggFodHRwczovL3d3dy5jbm5pbmRvbmVzaWEuY29tL2hpYnVyYW4vMjAyMzAzMjEwOTM0NTctMjI1LTkyNzYxNC85LXJla29tZW5kYXNpLWZpbG0tc3V0cmFkYXJhLWpva28tYW53YXItZHJhbWEtbm9pci1oaW5nZ2EtaG9yb3IvYW1w?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "9 Rekomendasi Film Sutradara Joko Anwar: Drama, Noir, hingga Horor - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.