Search

10 Daftar Film Bertema Ayah yang Bikin Banjir Air Mata - detikcom

Bandung -

Ada banyak daftar film bertema ayah yang bisa membuat kita menyelami kompleksitas hubungan ayah dan anak. Film-filmnya sendiri kebanyakan menjadi sebuah persembahan emosional yang dibuat untuk merayakan peran dan pengaruh ayah dalam kehidupan.

Lewat film bertema ayah, penonton disajikan dengan cerita penuh kasih sayang dan kehangatan serta mengikuti alur cerita yang sarat emosi.

Dalam rangka Hari Ayah Nasional yang jatuh pada 12 November, detikJabar membagikan daftar tontonan yang bisa kamu saksikan untuk melihat momen kebersamaan ayah dan anak dari berbagai genre. Simak daftarnya di bawah ini ya!

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Daftar Film Bertema Ayah

1. Ayah Mengapa Aku Berbeda

Film Ayah, Mengapa Aku Berbeda?Film Ayah, Mengapa Aku Berbeda? Foto: Istimewa

Ayah Mengapa Aku Berbeda merupakan film yang tayang pada 2011. Pemain-pemain yang turut membintangi film ini di antaranya Dinda Hauw, Surya Saputra, Indra Perdana, dan banyak lagi yang lainnya.

Film ini berkisah tentang Dinda Angel (Dinda Hauw) seorang gadis tuna rungu berbakat dan cantik. Meski memiliki kekurangan, akan tetapi dia lebih pintar dibandingkan anak-anak lainnya.

Pada suatu hari, Angel dan keluarga harus pindah ke Jakarta dan terpaksa harus bersekolah di sekolah umum. Angel pun menjadi korban bully karena kondisinya. Terlebih lagi ada teman di sekolahnya yang tidak suka dengan kehadiran Angel. Meski begitu, Angel selalu mendapat dukungan dari sang ayah dan menemaninya agar tidak merasa sedih.

2. Ayah Menyayangi Tanpa Akhir

Daftar film bertema ayah lainnya yang bisa detikes tonton yaitu Ayah Menyayangi Tanpa Akhir, film yang dibintangi oleh Fedi Nuril, Naufal Azhar, dan Kelly Tandiono.

Film yang dirilis pertama kali pada 29 Oktober 2015 ini diangkat dari sebuah novel berjudul sama yang bercerita tentang Arjuna (Fedi Nuril) seorang keturunan ningrat Jawa yang jatuh cinta kepada gadis Jepang bernama Keisha (Kelly Tandiono). Berasal dari latar belakang yang berbeda membuat mereka harus berjuang untuk bisa bersanding di pelaminan.

Setelah menikah, keduanya dikaruniai seorang anak yang diberi nama Mada (Naufal Azhar). Namun Keisha meninggal ketika melahirkan anaknya dan Arjuna harus merawat anaknya sendirian. Di sisi lain, sang anak ternyata menderita penyakit yang mematikan dan Arjuna pun terancam kehilangan sang anak.

3. Gara-gara Warisan

Tayang pada April 2022 lalu, film Gara-gara Warisan dibintangi oleh Oka Antara, Indah Permatasari, Ge Pamungkas, Yayu Unru, dan Ira Wibowo.

Film yang disutradarai sekaligus ditulis oleh Muhadkly Acho ini bercerita tentang tiga orang saudara (Adam, Laras, dan Dicky) yang memperebutkan harta warisan sang ayah berupa sebuah guest house. Sang ayah, Dahlan akhirnya memberikan tantangan kepada tiga anaknya untuk mengelola guest house tersebut. Tonton filmnya untuk tahu kisah selengkapnya!

4. Keluarga Cemara

Film Keluarga CemaraFilm Keluarga Cemara Foto: Instagram @filmkeluargacemara

Siap sih yang tidak tahu Keluarga Cemara, film ini menjadi daftar film bertema ayah yang wajib banget detikers tonton. Dirilis pada 2019, film yang diperankan oleh Ringgo Agus Rahman (Abah), Nirina Zubir (Emak), Adhisty Zara (Euis), dan Widuri Sasono (Ara) singkat cerita hidup bahagia di kota, tapi harus pindah ke desa lantaran Abah mengalami kebangkrutan.

Abah harus tetap menghidupi keluarganya dan berjuang mencari pekerjaan baru. Mulai dari kuli bangunan, ojek online, dan lain-lain. Emak juga membantu Abah dengan berjualan. Di tengah film, tentu ada konflik yang membuat alur ceritanya semakin menarik. Wajib ditonton deh biar makin sayang sama keluarga!

5. Lovely Man

Salah satu daftar film bertema ayah yang harus dimasukkan jadi tontonan adalah Lovely Man. Film yang diperankan oleh Donny Damara dan Raihaanun ini dirilis pertama kali pada September 2011.

Filmnya sendiri bercerita tentang seorang ayah yang berprofesi sebagai waria. Ia secara tidak sengaja bertemu dengan anaknya yang sudah lama tidak bertemu. Sang ayah menjadi waria karena tuntutan ekonomi. Bagaimana kisah keduanya? Yang pasti ada banyak pelajaran hidup yang bisa diambil dari film yang satu ini.

6. Miracle In Cell No.7

miracle in cell no7miracle in cell no7 Foto: Instagram @miracleincellno7movie


Diadaptasi dari film Korea berjudul sama, Miracle In Cell No.7 juga layak masuk dalam daftar film bertema ayah yang tidak boleh dilewatkan. Tayang pada 2022 lalu, film yang dibintangi Vino G. Bastian, Graciella Abigail, Mawar Eva De Jongh, Sheila Dara, Indro Warkop, Bryan Domani, Denny Sumargo, Tora Sudiro, dan bintang-bintang lainnya ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Film ini berkisah tentang Dodo Rozak (Vino G. Bastian), seorang ayah sekaligus penyandang disabilitas dengan anaknya, Kartika. Pada suatu hari, Dodo Rozak dituduh sebagai pembunuh dan pemerkosa Melati, buah hati dari seorang politikus.

Dodo lalu harus mendekam di jeruji besi dan meninggalkan putri semata wayangnya. Meski begitu, teman-teman satu selnya sangat baik kepada Dodo. Hingga akhirnya sang anak bisa diselundupkan ke dalam dan mereka pun kembali bertemu. Tonton filmnya untuk menyaksikan kisah mengharukan mereka ya, detikers!

7. Sabtu Bersama Bapak

Sabtu Bersama BapakSabtu Bersama Bapak Foto: official Sabtu Bersama Bapak


Dirilis pada Juli 2016, Sabtu Bersama Bapak turut diperankan oleh Abimana Aryasatya, Acha Septriasa, Arifin Putra, Deva Mahenra, Ira Wibowo. dan Sheila Dara Aisha.

Filmnya menceritakan tentang pesan yang diberikan oleh seorang ayah kepada anak-anaknya sebelum ia meninggal dunia. Sang ayah ingin meskipun dia sudah tidak ada di dunia ini, tapi anak-anaknya tetap merasakan kehadirannya.

8. Surat Kecil untuk Tuhan

Surat Kecil untuk TuhanSurat Kecil untuk Tuhan Foto: Adegan di 'Surat Kecil untuk Tuhan' (Official Falcon Pictures)

Film yang tayang pada 2017 ini dibintangi oleh Bunga Citra Lestari, Joe Taslim, Izzati Khansa, Bima Azriel, Lukman Sardi, Aura Kasih, Rifnu Wikana, Ben Joshua, dan lain-lain.

Surat Kecil untuk Tuhan bercerita tentang gadis berusia 13 tahun bernama Gita Sesa Wanda Cantika atau Keke. Ia terkena penyakit rhabdomyosarcoma yang konon sangat akut. Keke lahir di keluarga berada, hanya saja orang tuanya sudah bercerai.

Hidup Keke berubah sejak ia sakit kanker yang mana mengubah penampilannya secara drastis dan kehidupannya di sekolah. Kamu wajib tonton film ini untuk tahu bagaimana ikatan emosional seorang anak dan ayahnya.

9. Tampan Tailor

Film Tampan Tailor.Film Tampan Tailor. Foto: Istimewa

Salah satu daftar film bertema ayah yang tak kalah menarik yaitu Tampan Tailor. Film yang dirilis pada 2013 silam ini dibintangi oleh Vino G Bastian, Marsha Timothy, Ringgo Agus Rahman, Jefan Nathanio, dan deretan bintang lainnya.

Tampan Tailor bercerita tentang kehidupan Topan (Vino G Bastian) dan sang anak pasca ditinggal sang istri meninggal dunia. Topan adalah seorang penjahit yang harus membiayai anaknya yang masih bersekolah. Filmnya akan memberikan pelajaran hidup bahwa kita tidak boleh kehilangan harapan meski dalam keadaan tersulit sekalipun.

10. 27 Steps of May

Film 27 Steps of May.Film 27 Steps of May. Foto: Istimewa

Rekomendasi daftar film bertema ayah terakhir yang tidak boleh dilewatkan yakni 27 Steps of May. Film yang dirilis pada 2019 ini diperankan oleh Lukman Sardi dan Raihanuun. Keduanya memiliki relasi sebagai seorang ayah dan anak.

27 Steps of May bercerita tentang perjuangan seorang ayah yang berjuang untuk mengembalikan semangat hidup anak perempuannya yang jadi korban pemerkosaan saat ia masih remaja. Ia melakukan segala cara agar anaknya bisa tetap hidup dengan baik dan melawan traumanya.

Ketika menyaksikan filmnya, detikers akan dibuat sangat emosional karena alur cerita naik turun yang disajikan.

Itu dia ke-10 daftar film bertema ayah yang bisa jadi tontonan spesial di Hari Ayah Nasional. Semoga dari film-film tersebut ada pelajaran hidup yang bisa petik dan dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Selamat merayakan Hari Ayah Nasional ya, detikers!

(iqk/iqk)

Adblock test (Why?)

baca dong https://news.google.com/rss/articles/CBMiY2h0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9qYWJhci9iZXJpdGEvZC03MDMyMzA1LzEwLWRhZnRhci1maWxtLWJlcnRlbWEtYXlhaC15YW5nLWJpa2luLWJhbmppci1haXItbWF0YdIBZ2h0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9qYWJhci9iZXJpdGEvZC03MDMyMzA1LzEwLWRhZnRhci1maWxtLWJlcnRlbWEtYXlhaC15YW5nLWJpa2luLWJhbmppci1haXItbWF0YS9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "10 Daftar Film Bertema Ayah yang Bikin Banjir Air Mata - detikcom"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.