Search

Jabar Akan Jadikan Festival Film Bandung Program Unggulan

INFO JABAR - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi gelaran Festival Film Bandung (FFB) 2018. Ia bertekad menjadikan FFB sebagai program unggulan Jawa Barat dan penyelenggaraannya akan dilakukan setiap tahun di Bandung.

"Tahun lalu, FFB malah di Jakarta, saya agak kecewa. Namanya juga Festival Film Bandung, jadi harus di Bandung,” kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil  pada acara Festival Film Bandung ke-31, yang digelar  di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu sore, 24 November 2018. Pada FFB dengan tema "The Flower Power” ini, tim juri telah menganalisis sekitar 137 film yang meramaikan dunia perfilman Tanah Air, dan terpilih lima nominasi di setiap kategori penghargaan.

Emil menyatakan bahwa sebagai gubernur, ia mendukung sepenuhnya industri film berkembang dengan baik di Jabar.  Ia bertekad mendukung produksi film sebagai salah satu komoditas industri kreatif. Dengan harapan, film dapat menjadi alat yang ampuh dalam mempromosikan potensi suatu daerah, khususnya di bidang pariwisata.

"Saya adalah penggemar film, saya pendukung. Kalau ada produksi, saya bantu perizinan. Contoh, ada kesulitan saya turun, saya beresi langsung. Di luar itu, lima detik, 10 detik, saya main jadi cameo, hanya menunjukkan supporting aja, bukan mau jadi profesi," kata Gubernur Emil.

Event ini juga memberikan anugerah khusus kepada  film bermuatan lokal terbaik yang diraih oleh film “Yowis Ben”, dan juga penghargaan "Life Time Achievment" diberikan kepada  tokoh film senior, Ade Irawan dan Berry Prima.

Berdasarkan kategori. Film Bioskop Terpuji pemenangnya adalah  Sultan Agung, produksi Mooryati Soedibyo Cinema & Dapur Film. Untuk Sutradara Terpuji Film Bioskop diraih oleh Hanung Bramantyo pada film The Gift, produksi Seven Sunday Films. Penulis Skenario Terpuji Film Bioskop dimenangkan oleh Ifan Ismail, BRA Mooryati Soedibyo & Bagas Pudjilaksono, film Sultan Agung, produksi Mooryati Soedibyo Cinema & Dapur Film.

Adapun  Pemeran Utama Pria Terpuji Film Bioskop diraih oleh Ario Bayu, film Sultan Agung, produksi Mooryati Soedibyo Cinema & Dapur Film;  Pemenang Pemeran Utama Wanita Terpuji Film Bioskop adalah Marsha Timothy, film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak, produksi Cinesurya & Kaninga Pictures; Pemeran Pembantu Pria Terpuji Film Bioskop diraih Morgan Oey, film Koki-Koki Cilik, produksi MNC Pictures; Pemeran Pembantu Wanita Terpuji Film Bioskop pemenangnya adalah Cut Mini, film Posesif, produksi Palari Films.

Sementara itu, peraih  Penata Editing Terpuji Film Bioskop yakni, Ryan Purwoko pada film The Underdogs, produksi Starvision; Penata Kamera Terpuji Film Bioskop diraih oleh Yunus Pasolang, film Kafir, produksi Starvision; dan  Penata Musik Terpuji Film Bioskop disabet oleh Zeke Khaseli & Yudhi Arfani, film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak, produksi Cinesurya & Kaninga Pictures; Penata Artistik Terpuji Film Bioskop diraih oleh Edy Wibowo, film Sultan Agung, produksi Mooryati Soedibyo Cinema & Dapur Film; Film Televisi Terpuji Festival Film Bandung dimenangkan oleh  My Trip My Adventure the Movie: The Lost Paradise, produksi Transinema Pictures, tayang di TRANS TV.

Sutradara Terpuji Film Televisi dimenangkan oleh  Kiky ZKR, FTV Lubang Tikus, produksi Surya Citra Televisi & Citra Sinema, tayang di SCTV;  Penulis Skenario Terpuji Film Televisi diraih oleh M. Haris Suhud, FTV Mengejar Impian, produksi Surya Citra Televisi & Citra Sinema, tayang di SCTV; Pemeran Pria Terpuji Film Televisi dimenangkan  Miqdad Addausy, FTV Lubang Tikus, produksi Surya Citra Televisi & Citra Sinema, tayang di SCTV; Pemenang Pemeran Wanita Terpuji Film Televisi adalah Denira Wiraguna, FTV Sebenarnya Cinta, produksi Surya Citra Televisi & Citra Sinema, tayang di SCTV.  

Pada kategori serial Televisi Terpuji dimenanagkan Orang Ketiga, produksi SinemArt, tayang di SCTV;  Sutradara Terpuji Serial Televisi diraih  Maruli Ara, serial Orang Ketiga, produksi SinemArt, tayang di SCTV;  Pemeran Pria Terpuji Serial Televisi dimenangkan  Eza Gionino , serial Aku Bukan Ustadz, produksi MNC Pictures, tayang di RCTI;  Pemeran Wanita Terpuji Serial Televisi diraih Marshanda, serial Orang Ketiga, produksi SinemArt, tayang di SCTV. (*)

Let's block ads! (Why?)

baca dong https://nasional.tempo.co/read/1149418/jabar-akan-jadikan-festival-film-bandung-program-unggulan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jabar Akan Jadikan Festival Film Bandung Program Unggulan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.