Search

Ragam Film tentang Kiamat yang Mengerikan - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Ragam film yang menceritakan plot bencana fiksi ilmiah memang kerap mendebarkan. Tak heran jika film tentang kiamat sering laku di pasaran, dan tak sedikit pula ditunggu-tunggu banyak penonton.

Dengan mengusung cerita laga sci-fi yang dibumbui ragam kecanggihan computer-generated imagery (CGI). Penonton seakan diajak melihat fenomena bencana mulai dari gempa bumi, angin puting beliung, tsunami, hingga hujan meteor yang menghantam daratan bumi.

Oleh sebab itu, CNNIndonesia.com telah merangkum lima film tentang kiamat, yang dapat dijadikan referensi tontonan yang memacu adrenalin di tengah pandemi virus corona (Covid-19), seperti saat ini.


1. Armageddon (1998)

[Gambas:Youtube]

Film karya sutradara Michael Bay ini, tayang perdana pada 1 Juli 1998 silam. Tak hanya menyajikan adegan mencekam, namun film berdurasi 151 menit ini mampu menyajikan plot cerita yang sangat menarik dan apik.

Film ini mengisahkan ilmuwan NASA yang menemukan asteroid besar yang diprediksi menghantam bumi dalam waktu 18 hari. Bahkan belum sampai 18 hari, banyak serpihan-serpihan asteroid yang menghujani bumi dan menyebabkan titik wilayah luluh lantak.

Kemudian, para ilmuwan NASA di bawah pimpinan Dan Truman (Billy Bob Thornton) mencari cara untuk mencegah benda langit tersebut menghantam bumi yang bisa mengakibatkan kiamat bumi. Satu-satunya cara adalah dengan mengebor dan memasang nuklir pada asteroid sebesar kota Texas itu.

Akhirnya, NASA bekerja sama dengan kelompok pengeboran minyak bumi pimpinan Harry Stamper (Bruce Willis). Harry dan timnya memiliki reputasi paling tinggi dalam keberhasilan mengebor lapisan permukaan bumi yang paling keras, untuk menggali minyak bumi.

Namun ada saja masalah yang terjadi seperti tim Harry yang tidak memiliki pengetahuan menjadi astronot. Belum lagi konflik pribadi Harry dengan anak buahnya A.J. Frost (Ben Affleck) lantaran Frost nekat berhubungan dengan anak perempuannya, Grace Stamper (Liv Tyler).

Film yang turut dibintangi Owen Wilson, Will Patton, Peter Stormare, William Fichtner, Michael Clarke Duncan, Keith David, dan Steve Buscemi, ini berhasil meraup keuntungan selama penayangannya. Box Office Mojo mencatat pendapatan film ini lebih dari 553 juta dolar Amerika Serikat (AS).

2. The Day After Tomorrow (2004)

[Gambas:Youtube]

Film barat garapan Roland Emmerich ini kerap disebut-sebut sebagai salah satu film tentang kiamat terbaik sepanjang masa. Pasalnya, dalam durasi film 124 menit, penonton akan diajak melihat kengerian bencana yang terjadi di bumi ini.

Jack Hall (Dennis Quaid) merupakan seorang ahli paleoklimatologi atau pakar yang mempelajari teori iklim. Bersama dengan kedua rekannya, yakni Frank (Jay O. Sanders) dan Jason (Dash Mihok), mereka melakukan ekspedisi di kutub utara, Antartika.

Tujuan mereka awalnya untuk melakukan pengeboran mengambil sampel inti es di Larsen Ice Shelf. Namun Jack menyadari terjadinya retak dalam luasan es kutub utara tersebut yang membelah memanjang menjadi dua bagian.

Atas temuannya itu, ia melaporkannya pada Konferensi PBB di India. Namun prediksinya tentang pemanasan global yang mampu mengubah iklim bumi menjadi Zaman Es, dan itu pernah terjadi pada 10 ribu tahun lalu, tidak digubris oleh Pemerintah. Bahkan, Wakil Presiden AS (Kenneth Welsh), meragukan temuan dan teori Jack.

Untungnya, Jack bertemu Professor Terry Rapson (Ian Holm) dari Hedland Climate Research Centre di Skotlandia. Terry juga menyampaikan beberapa temuannya dan hampir sepakat dengan teori Jack.

Namun belum sempat usaha mereka menciptakan prakiraan cuaca hingga upaya menghentikan prediksi pembekuan global tersebut. Beberapa wilayah di Bumi mulai terdampak bencana yang aneh. Seperti Jepang yang dilanda hujan es ukuran softball, salju mulai turun di New Delhi, dan Los Angeles yang diterjang serangan angin tornado.


3. 2012 (2009)

[Gambas:Youtube]

Film tentang kiamat yang satu ini sangat booming pada zamannya, tak terkecuali di Indonesia. Secara garis besar, film garapan sutradara Roland Emmerich ini berbekal dan mengambil ide dari ramalan suku Maya tentang kiamat yang terjadi pada 12.12.12 atau 12 Desember 2012.

Namun dalam film, bencana besar yang diramalkan terjadi pada akhir tahun 2012 itu juga telah menjadi prediksi dari Pemerintahan AS.

Mereka bersama sebuah organisasi rahasia IHC (Institute for Human Continuity) menyadari situasi ini dan mulai membangun bahtera besar di bawah Pegunungan Himalaya yang dirancang untuk menghadapi banyak bencana alam untuk menyelamatkan manusia, spesies tertentu, dan harta manusia yang paling berharga ketika kiamat akhirnya terjadi.

Selain menyajikan kerusakan yang terjadi pada Bumi, film ini juga menyoroti perjuangan seorang keluarga yang 'kejar-kejaran' dengan ragam bencana, seperti gempa bumi, tsunami, hingga hujan meteor.

Jackson Curtis (John Cusack) bersama kedua anaknya, tengah dalam perjalanan menuju ke Yellowstone. Jack saat itu bekerja sampingan menjadi supir mobil setelah ia bercerai, sementara mantan istrinya (Amanda Peet) dan anak-anaknya tinggal bersama dengan pacar barunya, Gordon (Thomas McCarthy).

Dalam perjalanannya, mereka melewati area yang telah dipagari oleh pemerintah. Jack saat itu juga mendengar kabar tentang prediksi yang akan terjadi berdasarkan kalender suku Maya.

Jack semakin yakin bumi tidak baik-baik saja, saat terjadinya sebuah keretakan parah di Patahan San Andreas, California.

Kemudian serentetan fenomena seperti gelombang tinggi, angin topan mulai terjadi. Akhirnya, dalam 158 menit, penonton akan diajak melihat perjuangan Jack dan anaknya untuk menghindari segala bencana.

Sementara itu, Box Office Mojo mencatat pendapatan film ini lebih dari 769 juta dolar AS, selama penayangannya, yang mulai rilis pada 11 November 2009.

Film 20122012 adalah film tentang kiamat yang merujuk ramalan suku Maya akhir zaman jatuh pada 12 Desember 2012. Foto: (dok. Columbia Pictures via IMDb)


4. These Final Hours (2013)

[Gambas:Youtube]

Film tentang akhir dunia kali ini datang dari negeri Kanguru, Australia. Dalam durasi 87 menit, penonton akan diajak melihat kehancuran sebuah bumi yang telah diprediksi akan luluh lantak dalam 12 jam. Prediksi tersebut datang setelah sebuah meteor jatuh di Bumi.

Film yang digarap oleh sutradara Zak Hilditch ini juga hanya menyoroti chaos yang terjadi di Perth, Australia. Negeri tersebut disebut menjadi benua terakhir yang akan tersapu oleh ombak api efek dari jatuhnya meteor tersebut.

Akhirnya, moral warga di sana sudah tak terbendungkan lagi. Mereka mulai menghabiskan waktu 12 jam untuk bersenang-senang dalam ingar bingar minuman keras dan seks bebas.

Salah satunya, seperti yang dilakukan James (Nathan Phillips), seorang bad boy yang memutuskan untuk menghabiskan waktu dengan kekasihnya yang hamil, Zoe (Jessica De Gouw).

Namun, ditengah perjalanan, ia melihat seorang gadis kecil Rose (Angourie Rice) yang akan diperkosa beberapa pria dewasa. Alhasil, 12 jam James dihabiskan untuk melindungi Rose, yang terpisah dengan ayahnya.

Meski tanpa banyak adegan CGI seperti film-film kiamat garapan Roland Emmerich. Namun film ini sempat masuk nominasi Golden Camera di Cannes Film Festival tahun 2014.


5. San Andreas (2015)

Film San Andreas yang diperankan oleh Dwayne Johnson.San Andreas adalah film tentang kiamat yang ditandai dengan bencana gempa berkekuatan besar. Foto: Dok. Warner Bros

San Andreas merupakan sebuah film tentang bencana alam besar di daratan AS, yang disutradarai oleh Brad Peyton. Dengan durasi 114 menit, penonton akan diajak melihat sebuah gempa yang terjadi di San Andreas, California.

Dikisahkan, Ray (Dwayne Johnson) merupakan pekerja Tim SAR, yang baru saja bercerai dengan istrinya yang bernama Emma (Carla Gugino). Hubungan mantan pasangan tersebut mulai renggang, saat anak kedua mereka meninggal akibat tenggelam. Emma menyalahkan Ray yang tak bisa menyelamatkan nyawa anaknya, padahal dia adalah anggota Tim SAR.

Suatu hari, seorang ahli gempa bumi, Lawrence (Paul Giamatti) bersama tim meneliti tentang prakiraan gempa yang terjadi di San Andreas. Pasalnya, kota tersebut merupakan patahan yang juga telah mengakibatkan gempa besar pada 18 April 1906 silam.

Akhirnya gempa banyak terjadi di mana-mana dengan kekuatan besar, sementara Ray harus menolong anak perempuannya, Blake (Alexandra Daddario) serta istrinya, dari tempat tinggal mereka yang terletak di gedung yang sangat tinggi.

Selama penayangannya, Box Office Mojo mencatat pendapatan film ini lebih dari 473 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Nah, kelima film tentang kiamat yang telah dibahas tentu dapat menjadi opsi tontonan kala akhir pekan yang lebih seru. Selain itu, menonton film bertema bencana seperti di atas dapat menyadarkan kita untuk lebih mencintai bumi dan mengingatkan manusia bahwa bumi memang sudah berusia sangat tua.

(khr/fef)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)

baca dong https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20200826100408-225-539382/ragam-film-tentang-kiamat-yang-mengerikan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ragam Film tentang Kiamat yang Mengerikan - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.