Search

Film tentang Masak yang Inspiratif, Pas buat Penyuka Kuliner - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Menonton film tentang masak atau dunia koki memang menyenangkan, sebab selama penayangan film mata penonton akan dimanjakan dengan sajian yang mengundang selera, serta membuat lapar mata.

Namun tak melulu sajian makanan, film-film ini juga memiliki plot cerita yang menarik dengan bumbu romansa dan komedi di dalamnya.

Menonton film dengan genre kisah perjalanan koki atau chef pun tak perlu sangat serius karena biasanya memiliki plot cerita ringan yang mudah diikuti dengan gembira.


Berikut CNNIndonesia.com rangkum lima film berbau masak yang inspiratif dan cocok ditonton oleh pencinta kuliner.


1. Cook Up A Storm (2017)

[Gambas:Youtube]

Film garapan sutradara Raymond Yip ini menghadirkan dua aktor utama dari dua negara berbeda, yakni Hongkong dan Korea Selatan. Plot cerita yang dimiliki film ini akan mengisahkan bagaimana dua orang memiliki ambisi dalam dunia masak.

Dikisahkan, Sky Ko (Nicholas Tse) merupakan seorang pemuda Hongkong yang memiliki ambisi besar mengalahkan ayahnya, sebab semasa kecilnya ia ditinggalkan ayahnya, Mountain Ko (Anthony Wong), karena dinilai tak memiliki bakat memasak dalam dirinya.

Penolakan itu ia jadikan cambuk untuk belajar memasak selama dua puluh tahun, dan berhasil mendirikan sebuah restoran ternama dan awet bertahan, meski rival restoran di daerahnya gulung tikar sebab mengalami kerugian.

Namun, suatu hari Paul Ahn (Jung Yong-hwa) datang dari sekolah memasak di Prancis dan bekerja sebagai koki utama di sebuah restoran. Restoran tersebut kini menjadi rival Sky Ko dalam merebut hati penonton.

Persaingan itu terus terjadi dan berujung pada pertemuan Sky Ko dan Paul dalam kontes memasak. Paul sangat pintar meramu masakan dengan modern dan estetik, sementara Sky Ko memiliki kemampuan rasa autentik dan lezat yang alami.

Kisah semakin menarik, kala Paul merasa dibohongi dan pada akhirnya bergabung bersama Sky Ko, menjadi satu tim solid yang memperjuangkan ambisi mereka dalam sebuah kompetisi memasak internasional.


2. Burnt (2015)

[Gambas:Youtube]

Sebuah film yang mengusung genre drama arahan sutradara John Wells ini mampu memberikan gambaran terkait intrik dan perjuangan seorang koki dalam dunia bisnis kuliner.

Adam Jones (Bradley Cooper) merupakan seorang koki andal perfeksionis yang terpuruk sebab masa lalunya yang tak baik. Ia seorang pecandu narkoba, peminum yang menyebabkan bisnis kuliner tempat ia bekerja di pabrik, hancur, dan gulung tikar.

Hal itu membuat Adam merasa bersalah dan terpuruk, hingga akhirnya ia bersembunyi dan berusaha melupakan mimpinya sebagai seorang koki yang hebat. Namun suatu hari, ia berhasil bangkit dan berniat kembali merebut bintang 3 Michelin, atau penghargaan tertinggi dan bergengsi untuk para koki.

Adam memutuskan untuk pergi ke London dan menemui teman lamanya, Tony Balerdi (Daniel Brühl). Tony telah sukses dan menjadi manajer hotel The Langham Hotel di London. Namun masa lalu Adam membuat Tony ragu untuk menerimanya sebagai
koki di sana.

Akhirnya melalui berbagai cara, Adam mampu menjadi salah satu koki utama di restoran hotel Tony.

Namun tentunya, langkah Adam tak semulus itu. Penonton akan diperlihatkan bagaimana balas dendam dan ambisi mewarnai keseluruhan cerita berdurasi 101 menit ini.


3. Chef (2014)

Chef (2014)Foto: Aldamisa Entertainment via Imdb
Chef adalah film tentang masak yang mengisahkan perjuangan hidup seorang koki restoran yang beralih jual makanan di truk (food truck)

Para pencinta film bertema masakan dan makanan mungkin sudah tak asing dengan film tentang koki satu ini. Chef bercerita tentang seorang koki bernama Carl (Jon Favreau) yang amat jengah dengan kehidupan di restoran.

Carl terus mendapatkan tekanan dari kritikus makanan, yang mengatakan jikalau masakan Carl mengalami stagnasi atau tidak pernah berubah selama bertahun-tahun.

Di tengah kebingungannya, ia juga ingin menghabiskan waktu dengan anak laki-lakinya yang masih berusia 10 tahun, Percy (Emjay Anthony) dan mantan istrinya, Inez (Sofia Vergara).

Namun, suatu hari masalah terjadi saat seorang food blogger 'cek-cok' dengannya dan membuatnya viral di media sosial. Tentu saja hal itu mengakibatkan Carl kehilangan pekerjaannya.

Akhirnya dengan ketenaran Carl yang 'buruk', anaknya Percy sengaja membuat insiden itu untuk mempromosikan bisnis baru keluarga mereka, yaitu truk makanan yang menjual sandwich.

Film ini banyak mengisahkan seputaran cerita keluarga yang harus bertahan hidup dan ingin menata kembali hubungan mereka dari awal.

Film berdurasi 114 menit ini disutradarai oleh Jon Favreau, yang memang turut menjadi sentra pemain disini. Selain itu, beberapa pemain seperti John Leguizamo, Scarlett Johansson, Oliver Platt, Bobby Cannavale, Dustin Hoffman, dan Robert Downey Jr, turut meramaikan film dengan plot cerita yang ringan tapi apik.


4. Final Recipe (2013)

[Gambas:Youtube]

Film produksi Korea-Thailand ini berhasil menyuguhkan sebuah drama keluarga yang baik, dengan tema kuliner yang membuat penontonnya kerap meneguk ludah.

Mark (Henry Lau) merupakan seorang mahasiswa yang memiliki seorang kakek Hao (Chang Tseng), yang mengembangkan bisnis dunia kuliner di Singapura. Sebuah restoran sederhana yang memiliki rasa autentik dari resep turun temurun.

Namun Hao tidak ingin Mark menjadi seorang koki seperti dirinya, ia menginginkan cucunya itu menjadi insinyur yang mampu memiliki kehidupan yang layak dan baik.

Suatu hari, restoran Hao terancam gulung tikar, sebab sifat perfeksionis Hao. Hal itu mengkhawatirkannya, sebab ia takut tak sanggup membiayai biaya kuliah Mark. Akhirnya Hao terjatuh sakit dan di rawat di Rumah Sakit.

Mark yang memang memiliki kecintaan di dunia kuliner, akhirnya nekat mendaftarkan diri sebagai kontestan salah satu acara persaingan memasak internasional di Shanghai, China. Tujuan Mark, agar ia mampu menjadi juara pertama dan mendapatkan hadiah sebesar satu juta dolar, dan dia akan bertemu dengan koki idolanya, Chin Han (David Chen).

Namun karena ia terlambat, ia harus menjadi peserta dengan kecurangan yang selalu ia tutupi. Salah satu juri dalam kompetisi, Julia Lee (Michelle Yeoh) mulai curiga dan menyelidiki asal-usul Mark, yang membuatnya menemukan sebuah fakta menarik tentang Mark.


5. Julie & Julia (2009)

[Gambas:Youtube]

Nora Ephron sebagai sutradara sekaligus produser membawakan film bertema masakan dan makanan dengan alur maju mundur. Sehingga meski plot cerita ringan, penonton harus menyimak dengan baik guna berhasil memahami keseluruhan cerita apik ini.

Julie & Julie mengisahkan kisah perjalanan kedua perempuan ambisius dengan latar waktu dan tempat yang berbeda. Julia Child (Meryl Streep) merupakan sosok istri seorang diplomat bernama Paul (Stanley Tucci) yang ditugaskan di Perancis di tahun 1950-an.

Hal itu membuat Julia rajin sekali memasak makanan Prancis, dan membuat dirinya terkenal dengan keahlian memasaknya.

Akhirnya, pada tahun 1961, ia menerbitkan sebuah buku yang berjudul Mastering the Art of French Cooking, yang berisi 524 resep makanan Prancis.

Kemudian, penonton akan dibawa pada tahun 2002, melalui kehidupan seorang Julie Powell (Amy Adams) yang memiliki pekerjaan kurang menyenangkan di Lower Manhattan Development Corporation sebagai Operator Call Center.

Menutupi kebosanannya, ia berniat menjajal 524 resep makanan Prancis dari buku Julia, dan harus berhasil menyelesaikannya dalam waktu 365 hari atau setahun.

Akhirnya Julie mendokumentasikan seluruh proses memasak dengan mencatut resep Julie melalui blog pribadinya. Ia memperkenalkan resep Julia yang ternyata bukan hal gampang, kepada seluruh pembaca setia blognya.

Namun siapa sangka, respons yang didapatkan Julie sangat masif. Ia menjadi seorang penulis muda yang kerap menjadi bintang tamu dalam beberapa acara.

Cerita ini dipenuhi pesan moral yang berarti tentang melakukan sesuatu yang disenangi. Selain itu, pertemanan tak terlihat Julie dan Julia seakan menggambarkan dukungan satu sama lain yang sangat berarti.

Nah, kelima film tentang masak yang telah diulas tentu dapat dijadikan opsi tontonan akhir pekan, atau saat tengah bosan di masa pandemi virus corona (covid-19).

Namun penonton jangan lupa untuk menyiapkan makanan atau snack, sebab kelima film tersebut dapat membuat perut tiba-tiba keroncongan karena melihat visualisasi makanan yang terlihat sangat 'Yummy'.

(khr/fef)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)

baca dong https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20200826141231-225-539503/film-tentang-masak-yang-inspiratif-pas-buat-penyuka-kuliner

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Film tentang Masak yang Inspiratif, Pas buat Penyuka Kuliner - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.