Search

Rekomendasi Film Bertahan Hidup dari Bencana - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Film bertahan hidup menjadi salah satu genre favorit bagi para penggemar film. Menonton film tema ini membuat perasaan tegang, gelisah, sedih, dan gembira campur aduk jadi satu.

Terlebih jika pemeran dalam film berhasil selamat dari situasi genting seperti itu. Sebaliknya, jika ada tokoh yang harus mati, penonton bisa ikut merasa kehilangan.

Berikut rekomendasi film bertahan hidup dari bencana baik alam maupun non-alam yang bisa ditonton untuk menambah keseruan Anda di akhir pekan.



1. 2012 (2009)

Film 2012Foto: (dok. Columbia Pictures via IMDb)
2012 adalah salah satu film bertahahan hidup dari bencana alam yang terinspirasi dari kalender Suku Maya yang memprediksi akhir dunia pada 12 Desember 2012.

Tahun 2012 menjadi buah bibir banyak orang sebab terungkap sebuah kalender Suku Maya yang berakhir pada tahun tersebut. Hal ini kemudian membuat banyak orang mengaitkannya dengan peristiwa kiamat atau kisah akhir dari dunia.

Film bencana alam ini berkisah tentang seorang ilmuwan Amerika bernama Dr. Adrian yang sudah memperingatkan pemerintah Amerika Serikat bahwa akan ada bencana besar yang terjadi setelah dia melakukan penelitian beberapa tahun lamanya.

Pada awalnya tidak ada satu orang pun yang mendengar dan mempercayai omongan Adrian. Mereka larut dalam hal-hal lain. Hingga satu waktu bencana alam demi bencana alam melanda dunia dimulai dari daratan Asia.

Kendati begitu ada sebuah kapal besar yang memang sudah disiapkan sejak lama untuk keadaan darurat. Kapal itu yang kemudian akan dipergunakan oleh banyak orang demi bertahan dari bencana alam besar.

Dalam film akan ada konflik-konflik yang tidak terduga, keegoisan dan lain-lain. Bencana alam yang terjadi mulai dari tornado, gempa bumi, hingga tsunami.

Selama penayangannya, Box Office Mojo mencatat pendapatan film yang disutradarai Roland Emerech ini lebih dari 769 juta dolar AS. Sejumlah 603 juta dolar AS di antaranya berasal dari penayangan secara internasional.

2. The Day After Tomorrow (2004)

[Gambas:Youtube]

The Day After Tomorrow mengisahkan Jack Hall yang tengah melakukan ekspedisi di Benua Antartika bersama dua rekannya yaitu Jasson dan Frank.

Di Antartika dia menemukan fakta bahwa lapisan es besar telah tergerus, namun dia tidak tahu bahwa peristiwa itu malah akan memicu perubahan iklim besar dan memengaruhi populasi dunia pada kemudian hari.

Pada sisi lain putra dari Jack yang bernama Sam sedang bersama teman-temannya pada sebuah acara yang digelar di kota New York. Hujan terjadi terus menerus di tempat itu.

Sejak itu serangkaian peristiwa bencana alam pun mulai terjadi di seluruh belahan dunia dan menyadarkan bahwa dunia tengah masuk zaman es baru. Orang-orang mencoba untuk mengungsi ke iklim yang lebih hangat pada dunia belahan selatan.

Film ini sengaja dibuat untuk menggaungkan isu yang sedang hangat saat itu yakni tentang pemanasan global--menjelaskan dunia tengah berada dalam ancaman besar dan akan segera hancur sebab polusi yang selalu dihasilkan manusia.

3. The Impossible (2012)

[Gambas:Youtube]

Film bertahan hidup satu ini diangkat dari kisah nyata di mana pada 26 Desember 2004 tsunami besar menyerang kota Khao Lak, Thailand. Tsunami juga menerjang Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia.

Namun, kisah dalam film berfokus di Thailand. Ada sepasang suami isteri Henry dan Maria beserta 3 anak laki-lakinya, Thomas, Simon dan Lucas. Mereka adalah wisatawan dari Inggris yang sedang berlibur di sebuah hotel di pinggir pantai Thailand.

Keceriaan mereka dalam liburan terganggu sebab tsunami datang ketika mereka tengah bersantai di kolam renang sebuah cottage yang letaknya tidak jauh dari pantai. Mereka pun tergulung tsunami bersama jutaan orang lain dan saling terpisah.

Maria bersama Lucas, sedangkan Henry bersama Thomas dan Simon. Maria dan Lucas akan berhasil bertemu Henry, namun dua anak mereka belum ditemukan.

Mereka pun mulai mencari anak mereka dan dalam perjalanannya akan ada konflik antara Maria dan Lucas. Sebagai contoh pada satu waktu mereka akan mendengar teriakan seorang anak minta tolong yang tidak diketahui keberadaannya.

Mereka yang sedang tergesa mencari anak mereka sempat tidak mempedulikan sang anak, namun sebab satu hal mereka memutuskan untuk kembali dan mencari sumber suara sang anak.


Film Bertahan Hidup dari Bencana Non-Alam

1. Deepwater Horizon (2016)

[Gambas:Youtube]

Sebuah film yang dibesut oleh Peter Beg dan diproduksi Summit Entertainment ini telah tayang September 2016 di Amerika Serikat.

Kisah film berawal dari seorang kepala teknisi, Mike Wiliams (Mark Wahlberg) yang harus kembali bekerja ke pengeboran minyak lepas pantai Deepwater Horizon. Sayangnya, pengeboran itu mengalami keterlambatan 43 hari dari jadwal pengangkutan minyak. Singkat cerita terjadilah pengeboran minyak tersebut.

Awalnya tak terjadi masalah, akan tetapi setelah Mike Williams mencoba mendorong pengeboran minyak, barulah terjadi masalah sedikit demi sedikit hingga gagal. Dari kegagalan ini memicu ledakan dahsyat dan menewaskan banyak pekerja.

Film ini berdasarkan kisah nyata yang terjadi pada 20 April 2010. Setelah terbakar kapal tersebut tenggelam ke dalam lautan.

2. The Revenant (2015)

Poster Film The Revenant (2015)The Revenant adalah fillm bertahan hidup dari bencana yang diadaptasi dari kejadian nyata. Foto: Dok. New Regency Pictures

Hugh Glass yang diperankan Leonardo Di Caprio adalah seorang pemandu jalan untuk sekelompok tim ekspedisi yang mendapatkan bulu untuk dijual.

Dalam perjalanan mencari bulu tersebut Glass beserta para tim ekspedisi diserang suku Indian yang tidak terima dengan kehadiran mereka. Mereka pun mulai lari dan bersembunyi dari kejaran suku Indian.

Di tengah perjalanan Glass diserang beruang grizzlly hingga terluka parah bahkan nyaris tidak bisa bertahan hidup. Kendati demikian kapten tim ekspedisi tersebut, Kapten Henry yang diperankan Domhnall Gleeson memberikan perintah kepada tiga awaknya untuk menemani Glass hingga ia mati.

Hal itu dilakukan sebab mereka tidak mungkin membawa Glass yang terluka sementara sedang lari dari kejaran suku Indian. Sebagai imbalan menjaga Glass para awak itu nanti akan diberi uang yang banyak.

Salah satu relawan itu bernama John Fitzgerald yang diperankan Tom Hardy. Dia tidak sabar menunggu Glass mati dan berencana menguburnya hidup-hidup.

Singkat cerita rencana itu gagal, namun mereka tetap kabur meninggalkan Glass yang masih terluka parah. Glass tidak kunjung mati, kondisi tubuhnya malah kembali membaik.

Glass yang tahu perbuatan para awak itu saat menunggunya pun menyimpan dendam. Dia kemudian berencana membalaskan dendam itu sambil masih dalam kejaran para suku Indian.

Dengan perannya yang ciamik, Leonardo Di Caprio berhasil diganjar penghargaan Oscar pertamanya.

3. Unbroken (2014)

[Gambas:Youtube]

Film bermula dari masa kecil Louis Zamperini (Jack O'Connell) atau dipanggil Louie yaitu seorang anak imigran Italia yang tinggal bersama keluarganya di Amerika Serikat. Dia memiliki kakak bernama Pete Zamperini (C.J. Valleroy).

Louis terkenal sebagai anak yang nakal, sangat berbeda dengan sang kakak. Kendati demikian sang kakak percaya bahwa Louie memiliki potensi yang luar biasa yaitu dengan kemampuan lari Louie yang sangat cepat saat sedang kabur ketika membuat masalah.

Pete kemudian melatih adiknya itu menjadi pelari profesional dan berhasil. Kisah beralih ke waktu Perang Dunia II pecah. Louie, seperti kebanyakan pemuda AS pada saat itu akhirnya memutuskan ikut wajib militer.

Sejak itu penderitaan Louie dimulai. Pesawat tempur yang dia gunakan meledak dan semua awak di dalam pesawat tersebut meninggal kecuali Louie, Mac (Finn Wittrock) dan Phil (Domhnall Gleeson).

Mereka dapat bertahan di atas perahu karet dan terombang-ambing selama puluhan hari di tengah Samudera Pasifik. Di atas perahu karet mereka yang terombang-ambing di lautan mencari cara agar bisa terus bertahan hidup.

Ketegangan semakin berasa setelah Mac tidak berhasil melanjutkan hidup pada hari ke 46.

Film bertahan hidup yang satu ini diadaptasi dari buku nonfiksi 'Unbroken: A World War II Story of Survival, Resilience, and Redemption', yang ditulis oleh Laura Hillenbrand.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)

baca dong https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20200826144206-225-539530/rekomendasi-film-bertahan-hidup-dari-bencana

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rekomendasi Film Bertahan Hidup dari Bencana - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.