Search

Yuk, Nonton 5 Film tentang Perjuangan Buruh dan Pekerja - Suara.com

Suara.com - Hari Buruh Internasional atau May Day diperingati pada hari ini, Jumat (1/5/2020). Berbeda dari biasanya, para buruh tak merayakannya di jalan karena pemerintah telah menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) terkait pencegahan corona (Covid-19).

Bicara soal May Day, perjuangan buruh dan pekerja juga dikisahkan ke dalam layar lebar. Setidaknya film dengan tema tersebut sudah ada sejak tahun 70-an.

Dikutip dari Antara, berikut deretan film yang menyoroti perjuangan buruh dan pekerja yang cocok ditonton pada May Day.

1. Blue Collar

Film drama kriminal Amerika tahun 1978 ini mengisahkan tentang kehidupan seorang pekerja bernama Ruat Belt. Film ini merupakan kritik terhadap praktik serikat setempat.

Blue Collar ditulis oleh Schrader dan saudaranya, Leonard. Film yang disutradarai oleh Paul Schrader ini dibintangi Richard Pryor, Harvey Keitel dan Yaphet Kotto.

2. Norma Rae

Film yang digarap pada tahun 1978 ini disutradai oleh Martin Ritt dan berhasil memenangkan piala Oscar untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik dan Lagu Original Terbaik.

Norma Rae merupakan kisah nyata yang diangkat dari buku karya jurnalis New York Times, Henry P. Leifermann berjudul "Crystal Lee, a Woman of Inherotance".

Film ini mengisahkan tentang seorang pekerja pabrik dari sebuah kota kecil di North Carolina bernama Norman Rae. Kondisi kerja yang buruk membuat Norman Rae terlibat dalam serikat di pabrik tekstil tempat dia bekerja.

3. 12 Years a Slave

Film drama-biografi ini diadaptasi dari memoar "Twelve Years a Slave" (1853) oleh Solomon Northup. Mengisahkan tentang seorang pria Afrika-Amerika yang diculik di Washington, DC dan dijual segai budak oleh penipu. Selama 12 tahun Northup terpaksa bekerja sebagai budak hingga akhirnya dibebaskan.

Film ini disutradarai oleh Steve McQueen ini dibintangi artis-artis ternama seperti Chiwetel Ejiofor, Michael Fassbender, Benedict Cumberbatch, Paul Dano, Paul Giamatti, Lupita Nyong'o, Sarah Paulson, Brad Pitt, dan Alfre Woodard.

4. Roma

Film yang digarap pada 2018 ini mengisahkan tentang perempuan bernama Cleo, seorang asisten rumah tangga yang bekerja di keluarga pasangan suami istri Sofia (Arina de Tavira) dan sang ayah (Fernando Grediaga).

Berlatar tahun 1970-an di Meksiko, film ini rupanya terinspirasi dari kisah nyata sang sutradara, Alfonso Cuarón. Film ini berhasil mendapatkan 10 nominasi dalam Academy Awards 2019.

5. American Factory

American Factory merupakan film dokumenter yang dirilis oleh perusahaan film baru bernama Higher Ground pada tahun 2019. Pendiri perusahaan tersebut tidak lain adalah mantan presiden AS Barack Obama dan istrinya Michelle.

Film ini mengisahkan tentang kebangkrutan automotif AS General Motors (GM) yang terpaksa merumahkan ribuan pegawai mereka. Kemudian muncul perusahaan China Fuyao di Moraine yang bersedia memperkerjakan para pegawai itu.

American Factory berhasil menjadi pemenang Oscar 2020 kategori dokumenter panjang.

Let's block ads! (Why?)

baca dong https://www.suara.com/entertainment/2020/05/01/183000/yuk-nonton-5-film-tentang-perjuangan-buruh-dan-pekerja

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Yuk, Nonton 5 Film tentang Perjuangan Buruh dan Pekerja - Suara.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.