Search

5 Film Terbaik Karya Georges Méliès

TEPAT 3 Mei, 106 tahun lalu, pesulap atau ilusionis sekaligus sutradara besar asal Perancis Georges Méliès merilis mahakaryanya yang berjudul À la conquête du pôle (The Conquest of the Pole). Dalam film tersebut, pria kelahiran Paris 8 Desember 1861 itu menggunakan banyak teknik yang menginspirasi dan masih digunakan di dunia perfilman saat ini.

Film tersebut bercerita tentang ilmuwan dari seluruh penjuru dunia yang berkumpul dan mendiskusikan cara terbaik untuk mencapai kutub utara. Setelah membuat sejumlah peralatan inovatif, para ilmuwan itu pun melakukan perjalanan ke Kutub Utara dan menemukan berbagai hal di luar dugaan.

Film itu merupakan bentuk perpaduan unik dari trik sulap dan teknik sinematografi. Tak heran jika karya Méliès pun menginspirasi sutradara, produser sekaligus aktor kenamaan Hollywood, Francis Ford Coppola yang selalu menegaskan bahwa sinema, film dan sulap adalah hal yang tak bisa dipisahkan.

À la conquête du pôle sendiri merupakan satu dari puluhan karya Méliès yang dikenang dunia. Selain film itu, masih banyak film-film lain yang tak kalah mengagumkan berkat teknik penyutradaraan dan trik sulap yang ia sisipkan.

Berikut adalah 5 Film Terbaik Karya Georges Méliès:

1. A Trip to the Moon (1902)

Film ini dikenal dunia sebagai film fiksi imliah pertama. Soalnya film ini menyajikan banyak animasisi dan efek spesial yang inovatif. Pada masanya, adegan pendaratan pesawat ruang angkasa di bulan dalam film tersebut jelas bisa membuat khayalan penontonnya seolah menjadi nyata.

Meski hanya berdurasi 15 menit, film ini merupakan film terpanjang pertama saat itu. Setelah sempat hilang, versi berwarna dari film ini akhirnya ditemukan kembali di Barcelona, Spanyol pada 1993 dan direstorasi untuk kemudian ditampilkan dalam Cannes Film Festival, 17 tahun kemudian.

2. The Vanishing Lady (1896)

Film ini menggunakan efek spesial tertua yang hingga kini masih digunakan oleh banyak sutradara ternama di dunia. Efek tersebut dikenal sebagai "jump cut".

Uniknya, efek tersebut ditemukan oleh Méliès secara tak sengaja ketika kameranya macet saat merekam adegan di jalan. Ketika ia memutar film hasil rekamannya yang macet itu, gambar taksi yang terekam ternyata berubah menjadi mobil jenasah.

3. The Four Troublesome Heads (1898)
Film ini terkenal sebagai salah satu film bertema ilmu hitam terbaik. Salah satu adegan yang tak akan dilupakan penonton film ini adalah saat Méliès memisahkan kepala dari badannya, kemudian melemparkan kepala itu ke udara.

4.Joan of Arc (1900)

Film ini adalah yang pertama menceritakan kisah kehidupan pejuang Katolik Perancis, Joan of Arc atau Jeanne d'Arc. Fil ini juga merupakan batu loncatan terbesar bagi Méliès dalam profesi lainnya sebagai pendongeng naratif.

Dalam film ini, Méliès menggunakan sejumlah efek spesial yang lebih canggih pada masanya. Termasuk efek larut (dissolves) dan superimposisi dalam kemunculan sosok malaikat sebagai adegan pembuka.

5. The Merry Frolics of Satan (1906)

Film ini sebenarnya bukanlah salah satu film Méliès yang banyak dikenal masyarakat umum. Namun di kalangan penggian sinematografi, film ini menjadi salah satu referensi penting.

Salah satu adegan penuh efek spesial dalam film ini adalah saat sebuah kereta ditarik oleh kuda tengkorak menembus awan di langit.***

Let's block ads! (Why?)

baca dong http://www.pikiran-rakyat.com/hidup-gaya/2018/05/03/5-film-terbaik-karya-georges-méliès-423737

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Film Terbaik Karya Georges Méliès"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.