Search

Tambah Pengetahuan, 3 Film RA Kartini Ini Wajib Kamu Tonton - Suara.com

Suara.com - Raden Ajeng Kartini adalah sosok inspiratif yang ulang tahunnya dirayakan secara nasional sebagai Hari Kartini. Sosoknya sangat identik dengan emansipasi wanita sehingga dianggap berjasa bagi bangsa Indonesia.

Jika Kartini tak memperjuangkan hak wanita agar bisa setara dengan pria, tak bisa dibayangkan bagaimana wanita Indomesia mengisi hari setelah kemerdekaan.

Tak heran, bnayak orang yang terinspirasi dengan sosoknya dan membuat film untuk mengenang Kartini. Yuk kita simak lagi, 3 film yang pernah dibuat demi mengingat lagi perjuangan RA Kartini di tanah air.

Kartini (2017)
Film Kartini yang disutradari oleh Hanung Bramantyo ini dimainkan ole banyak bintang populer. Dian Sastro mendapat keberuntungan untuk memerankan sosoknya yang kalem dan inspiratif.

Selain memiliki kemiripan dari segi fisik, sosok Dian Sastro juga dianggap cerdas dan sesuai dengan karakter RA Kartini yang kritis dan berpikir maju. Kamu sudah nonton film yang tayang tahun 2017 lalu ini?

Poster film Kartini. (Dok Google)
Poster film Kartini. (Dok Google)

Surat Cinta untuk Kartini (2016)
Setahun sebelum Kartini rilis, ada sebuah film yang juga didedikasikan untuk RA Kartini. Berbeda dengan film Kartini karya Hanung, film ini bertema fiksi alias tidak sesuai dengan kisah nyata.

Diperankan oleh Rania Putisari yang memerankan Kartini, film ini bercerita tentang wanita yang mendirikan sekolah untuk rakyat kecil dan memberikan perhatiannya untuk kaum wanita di tanah air.

Diceritakan juga jika Kartini jatuh cinta dengan sosok Sarwadi yang diperankan oleh Chicco Jerikho namun cinta keduanya kandas karena Kartini menerima pinangan Bupati Rembang.

Surat Cinta untuk Kartini. (Youtube/MNCP Movie)
Surat Cinta untuk Kartini. (Youtube/MNCP Movie)

RA Kartini (1982)
Di tahun yang lebih lawas, ada film Kartini karya sutradara Sjumandjaya yang berjudul 'RA Kartini'. Film ini bisa mengambil kisah dari buku biografi Kartini karya Sitisoemandari Soeroto.

Diperankan oleh Yenny Rachman, film ini menceritakan tentang kehidupan Kartini dari kecil hingga tutup usia di umur 25 tahun. Sederet artis lain yang juga memainkan peran di film ini adalah Adi Kurdi dan bambang Hermanto.

Film RA Kartini (1982). (Youtube/Malkan Junaidi)
Film RA Kartini (1982). (Youtube/Malkan Junaidi)

Let's block ads! (Why?)

baca dong https://www.suara.com/lifestyle/2020/04/21/071500/tambah-pengetahuan-3-film-ra-kartini-ini-wajib-kamu-tonton

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tambah Pengetahuan, 3 Film RA Kartini Ini Wajib Kamu Tonton - Suara.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.