Search

7 Rekomendasi Film Tentang Ibu - detikHot

Jakarta -

Hari ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember ini selalu diperingati setiap tahunnya. Sosok ibu merupakan sosok yang istimewa.

Ibu identik dengan sosok yang penuh dengan kasih sayang dan menampilkan ketegaran dalam berbagai hal. Ada beragam budaya hari Ibu di berbagai negara.

Sedikit informasi, di Indonesia sendiri, hari Ibu bertepatan di tanggal 22 Desember yang dilatarbelakangi momen bersejarah yang berkaitan dengan kaum perempuan di tahun 1928.

Pada 22 Desember 1928, diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia pertama yang diikuti oleh 30 organisasi perempuan dari Jawa dan Sumatra di masa itu. Di kongres tersebut, tercapai hasil dan gerakan untuk mendukung pemberdayaan kaum perempuan pribumi.

Kongres ini menjadi perpanjangan dari Kongres Pemuda yang menghasilkan Sumpah Pemuda pada Oktober 1928.

Bicara tentang ibu tentu tak lepas dari perempuan. Ada film-film yang dapat jadi rekomendasi untuk memperingati hari Ibu dan perempuan dalam cerita yang kuat sekaligus menggugah.

Sebagian, film-film tersebut produksi luar negeri namun tetap memiliki pesan yang kuat untuk dan tentang perempuan yang berdaya serta sosok ibu yang selalu menjadi tempat untuk kembali pulang. Selain itu, adapula rekomendasi film tentang ibu produksi Tanah Air yang juga dapat membawa imajinasi menyelami sosok ibu yang kuat sekaligus tegar menghadapi hidup dan masalah yang dihadapi.

Berikut rekomendasi yang bisa detikcom berikan ke detikers mengenai film dengan tokoh utama seorang ibu dan tentunya mengingatkan kita tentang perjuangan dan kasih sayangnya. Apa saja?

1. Room

Rekomendasi pertama adalah film yang diadaptasi dari kisah nyata yang dijadikan sebuah novel berjudul "Room" . Film ini bercerita tentang penyekapan tragis ibu dan anak di ruang bawah tanah selama bertahun-tahun. Film Room bergenre drama thriller dan dirilis pada 15 November 2015. Film ini pernah menempati posisi ke-15 box office setelah penayangannya.

[Gambas:Youtube]

2. Tully

Film Tully bercerita tentang kisahkehidupan satu keluarga kelas menengah. Menjadi seorang ibu memang tidak lah mudah, harus mengurus pekerjaan rumah dan juga membesarkan anak-anaknya. Belum lagi anak keduanya yang berkebutuhan khusus secara psikologis sehingga harus mendapat perhatian ekstra. Sang suami, sangat disibukkan pekerjaan dan bisa dibilang serig abai. Film ini bergenre komedi berbalut psikologis.

[Gambas:Youtube]

3. Mama

Selanjutnya, ada film bergenre horor. Film berjudul mama ini bercerita tentang sosok perempuan misterius yang mengasuh dua orang anak yang terjebak di hutan. Hantu yang digambarkan pada film ini tidak seperti hantu kebanyakan. Ia adalah sosok yang memiliki sisi keibuan, manusiawi, dan rasa kasih sayang. Namun suatu saat, ada keadaan yang membuat sosok hantu perempuan itu cemburu dan marah. Apakah hal itu? Mama adalah film horor telah rilis pada tahun 2013.

[Gambas:Youtube]

4. Lion

Lion adalah film yang diadaptasi dari buku nonfiksi berjudul A Long Way. Bercerita tentang kisah seorang pria bernama Saroo mencari keberadaan keluarga kandungnya yang sudah terpisah selama 25 tahun. Sang anak tidak sengaja terpisah karena menaiki gerbong kereta yang berjalan menuju kota lain. Ia pun luntang lantung mecari keberadaan ibunya, untungnya ada keluarga yang mengadopsinya. Setelah dua puluh tahun, Saroo memutuskan untuk tetap mencari keberadaan keluarga kandungnya itu dengan bantuan teknologi. Berhasilkah Saroo bertemu keluarga kandungnya kembali?

[Gambas:Youtube]

5. Lady Bird

Selanjutnya, ada kisah konflik remaja putri dengan ibunya dalam film Lady Bird. Film ini pertama tayang di festival film Telluride pada tahun 2017 dan saat ini dapat disaksikan di netflix. Lady Bird, sang pemeran utama sering merasa tidak puas akan berbagai hal sehingga suatu ketika ia berontak dan memutuskan untuk menentukan jalannya sendiri. Namun, sang ibu khawatir dan tidak setuju.

[Gambas:Youtube]

6. Tabula Rasa

Rekomendasi film selanjutnya berasal dari dalam negeri. Tabula Rasa menceritakan seorang pemuda asal papua yang bermimpi menjadi seorang pesepak bola profesional. Namun ketika sampai di jakarta, keadaannya tidak sesuai harapan dan mimpinya pun tidak terwuujud. Ia lalu bertemu dengan Mak Dewi, ibu pemilik rumah makan padang. Perjalanan hidup yang sesungguhnya pun dimulai.

[Gambas:Youtube]

7. Athirah

Terakhir, film yang juga berasal dari dalam negeri berjudul Athirah. Film ini diangkat dari novel berjudul sama yang bercerita tentang kisah nyata perjuangan hidup Ibunda Jusuf Kalla. Menceritakan seorang perempuan asala bugis yang berjuang mempertahankan keutuhan eluarganya saat ada perempuan lain ingin mengganggu suaminya. Film ini rilis pada tahun 2016. Saat ini Athirah bisa detikers saksikan di Netflix!

[Gambas:Youtube]

Simak Video "Pesan Ruben Onsu hingga Tessa Kaunang di Hari Ibu"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)

Let's block ads! (Why?)

baca dong https://hot.detik.com/movie/d-5305684/7-rekomendasi-film-tentang-ibu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Rekomendasi Film Tentang Ibu - detikHot"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.