Search

7 Film Tentang Pahlawan Indonesia, Cocok Ditonton saat Hari Kemerdekaan - Suara.com

Suara.com - Mempelajari sejarah bangsa juga dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan, salah satunya melalui film. Kancah perfilman Indonesia saat ini mulai diramaikan dengan film-film bergenre sejarah perjuangan yang patut untuk disaksikan. Berikut ini 7 film tentang pahlawan Indonesia dan sinopsis singkatnya:

  1. Soegija (2012)
    Sinopsis film Soegija: Film pahlawan Indonesia pertama dalam daftar ini mengisahkan sepenggal kehidupan seorang Uskup danaba bernama Albertus Soegijapranata SJ. Disutradari oleh Garin Nugroho, film ini mengandung pesan yang sangat relevan bagi kehidupan di masa kini. Film ini mengangkat isu intoleransi yang sudah sejak lama menjadi persoalan besar di negara Indonesia.
  2. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)
    Sinopsis film Soekarno: Indonesia Merdeka; Film yang mengusung genre drama ini merupakan sebuah rekaan sutradara Hanung Bramantyo terhadap tokoh Soekarno. Film ini berlatar pada masa awal perjuangan Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan RI.
    Aktor kenamaan Indonesia seperti Ario Bayu mengambil peran sebagai tokoh Soekarno, sedangkan Lukman Sardi memerankan tokoh Moh. Hatta. Selain itu, Anda juga dapat menikmati peran Maudy Koesnaedi dan Tika Bravanti di dalam film ini.
  3. Sang Kiai (2013)
    Sinopsis film Sang Kiai: Film kolosal produksi Rapi Film ini mengangkat kisah hidup KH Hasyim Asy’ari, seorang ulama karismatik yang merupakan salah satu tokoh kunci kemerdekaan Indonesia. Film yang sarat dengan unsur komedi ini disutradari oleh Rako Prijanto dan dibintangi oleh aktor dan aktris kenamaan tanah air seperti Christine Hakim, Ikranagara, dan Agus Kuncoro.
  4. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)
    Sinopsis film Guru Bangsa: Tjokroaminoto; Film tentang pahlawan Indonesia selanjutnya ialah Guru Bangsa: Tjokroaminoto. Film ini mengisahkan perjuangan tokoh HOS Tjokroaminoto dalam menyamakan hak dan martabat masyarakat bumiputera. Film yang berlatar pada masa penjajahan ini disutradari oleh Garin Nugroho dan diperankan oleh Reza Rahardian.
  5. Jenderal Sudirman (2015)
    Sinopsis film Jenderal Sudirman: Disutradari oleh Viva Westi, film ini berkisah tentang perjuangan Jenderal Sudirman saat menghadapi serangan Agresi Militer ke II Belanda. Di film ini juga terdapat beberapa tokoh besar lainnya seperti Soekarno, Moh. Hatta, Tjokropranolo, dan Tan Malaka yang berperan membantu perjuangan sang tokoh utama.
  6. Kartini (2017)
    Sinopsis film Kartini: Film besutan sutradara Hanung Bramantyo ini mengisahkan perjalanan hidup tokoh Kartini yang merupakan pejuang emensipasi wanita Indonesia. Di film ini, diceritakan pula perjuangan Kartini dalam mendirikan sekolah dan lapangan pekerjaan untuk masyarakat di daerahnya. Sosok Kartini dalam film ini diperankan oleh aktris Aktris Dian Sastrowardoyo.
  7. Wage (2017)
    Sinopsis film Wage: Film tentang pahlawan Indonesia terakhir dalam ulasan ini adalah Wage. Film ini menceritakan tentang kehidupan tokoh Wage Rudofl Soepratman yang merupakan pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sutradara. Melalui film ini, Sutradara John De Rantau mencoba untuk menunjukkan sisi baru WR Soepratman yang belum diketahui banyak orang.

Itu dia 7 film tentang pahlawan Indonesia. Selamat menonton!

Kontributor : Theresia Simbolon

Let's block ads! (Why?)

baca dong https://www.suara.com/news/2020/08/10/195618/7-film-tentang-pahlawan-indonesia-cocok-ditonton-saat-hari-kemerdekaan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Film Tentang Pahlawan Indonesia, Cocok Ditonton saat Hari Kemerdekaan - Suara.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.