Search

9 Film Tentang Perbudakan di Amerika yang Menyayat Hati dan Menyentuh Kisah Perjuangan Para Tokoh - Kapanlagi ... - KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Belajar sejarah bisa lewat mana saja, salah satunya lewat sebuah film. Ya, melihat langsung bagaimana kisah seorang tokoh dengan film, membuat kita yang menontonnya bisa merasakan bagaimana momen saat itu. Seperti beberapa film tentang perbudakan di Amerika berikut ini.

Ya, film tentang perbudakan di Amerika ini ada yang diambil dari kisah tokoh terkenal hingga para pejuang yang mempertahankan hak mereka karena diperlakukan secara tidak adil hanya karena warna kulit. Perjuangan hidup yang menyentuh, dan kebangkitan yang memotivasi. membuat film-film ini wajib ditonton.

Nah, penasaran apa saja film tersebut. Berikut ini daftar film tentang perbudakan di Amerika yang penuh dengan perjuangan yang menyayat hati dan menyentuh. Yuk, langsung saja dicek KLovers.

•

1. MALCOLM X (1992)

Film tentang perbudakan di Amerika pertama ada film MALCOLM X yang merupakan salah satu tokoh muslim kebangsaan Afrika-Amerika. Dalam film MALCOLM X ini, sosok Malcolm menyampaikan pesan positif tentang Islam dan rasisme lewat perjalanan hidup Malcolm.

Perpindahan keyakinannya menjadi Islam bukan semata-mata karena pengaruh Baines atau Elijah melainkan kepercayaannya terhadap ajaran yang bisa memberikan kebaikan. Dan menjadi tokoh muslim kulit hitam yang begitu berpengaruh di Amerika.

Kisah hidup Malcolm yang terjerumus dalam kehidupan gelap, hingga masuk ke dalam salah satu organisasi Islam yang radikal. Dan berhijrah ke Mekkah hingga menemukan keindahan dalam ajaran Islam, akan menginspirasi kita saat menontonnya.

2. LINCOLN (2012)

Kemudian film tentang perbudakan di Amerika yang berikutnya ada film berjuang LINCOLN. Ya, film tahun 2012 ini merupakan sebuah film biografi presiden Amerika Serikat. Dalam film ini kita bisa melihat bagaimana kehidupan Presiden Abraham Lincoln.

Drama biografi karya Stephen Spielberg ini berkisah tentang masa-masa terakhir salah satu presiden terbesar Amerika bernama Abraham Lincoln. Lincoln dan orang-orangnya bekerja untuk mengakhiri perang sipil dan menghapuskan perbudakan selamanya di Amerika Serikat.

Tekad dan pilihan-pilihan Lincoln akan mengubah nasib dan masa depan generasi Amerika. Tidak heran bila film LINCOLN ini masuk ke dalam daftar rekomendasi film tentang perbudakan di Amerika populer dan mendapatkan banyak sekali penghargaan bergengsi.

3. 12 YEARS A SLAVE (2013)

Film 12 YEARS A SLAVE ini mengangkat kisah nyata dari Solomon Northup, seorang kulit hitam yang harus menjalani perbudakan selama 12 tahun. Solomon Northup terpaksa menjadi budak akibat terjebak tawaran kerja. Semenjak hari pertama, Solomon yang berubah nama menjadi Platts harus menjalani hidup penuh kesulitan dan siksaan dari tuannya.

Siksaan tersebut tidak hanya secara fisik melainkan juga dalam bentuk ketidakadilan sebagai manusia. Di samping fokus terhadap Solomon Northup, film ini juga menyorot tokoh Patsey, seorang budak perempuan yang dijadikan alat pemuas nafsu sang tuan. Dalam film ini kita akan diperlihatkan juga bagaimana kesulitan hidup bagi mereka kaum ras kulit hitam saat itu.

Dikisahkan pula bagaimana proses perjuangan Solomon Northup untuk bertahan hidup dan berjuang keluar dari perbudakan. Pada akhirnya Solomon mendapat kesempatan untuk bertemu dengan Samuel Bass, seorang abolisionis atau penentang perbudakan asal Kanada. Hingga sosok Samuel Bass ini pula yang membantu Solomon untuk berkomunikasi dengan dunia luar.

4. MANDELA: LONG WALK TO FREEDOM (2013)

Film MANDELA: LONG WALK TO FREEDOM juga menjadi salah satu film tentang perbudakan yang berikutnya. Film ini didedikasikan untuk mantan Presiden Afrika Selatan yang sangat giat dalam memperjuangkan hak-hak keadilan di muka bumi ini, khususnya untuk orang-orang kulit hitam.

Dalam film ini kita akan melihat lebih detail dan lebih lengkap sepanjang perjalanan hidup Nelson Mandela. Diceritakan saat awal-awal Mandela menjadi pengacara, kehidupan di Afrika Selatan begitu mengenaskan bagi warga kulit hitam.

Proses mendekam di penjara selama 27 tahun juga menjadi bagian penting dalam film ini. Mental Mandela yang kuat meski berada di penjara selama puluhan tahun digambarkan dengan apik. Hingga, film ini menjadi salah satu film yang mendapatkan banyak penghargaan.

5. FREE STATE OF JONES (2016)

Film FREE STATE OF JONES berkisah mengenai Newton yang selamat dari perang Corinth di tahun 1862. Dalam masa perang saudara ini, ia memimpin sekelompok petani dan budak lokal dalam sebuah pemberontakan melawan pihak konfederasi di Jones County. Hingga, ia pun mencoba membela kaum budak yang tertindas.

Newton tidak berjuang sendiri, ia dibantu oleh rekannya Moses, bekas budak yang berhasil kabur. Newton pun menikahi seorang bekas budak bernama Rachel, Rachel sendiri merupakan wanita yang memiliki semangat besar untuk belajar, perkenalan mereka berawal ketika Rachel mengobati anak Matthew bersama istri pertamanya, Serena.

Perjuangan Matthew dalam memberontak korupsi dan penindasan ini sangat seru untuk kalian ikuti loh KLovers. Bahkan dalam film ini, kita juga akan diperlihatkan bagaimana Matthew memulai sebuah komunitas ras campuran, yang waktu itu masih jarang ada di daerah selatan Amerika pada zaman paska perang.

6. THE BIRTH OF A NATION (2016)

Film THE BIRTH OF NATION juga masuk dalam film tentang perbudakan yang berikutnya. Film tahun 2016 ini diangkat berdasarkan kisah nyata perjalanan hidup Nat Turner, pria ras kulit hitam yang diperbudak, dan memimpin sebuah pemberontakan budak di Southampton County, Virginia, pada 1831. Sosok Nat merupakan seorang budak sekaligus sosok yang sering melakukan kothbah terpelajar dari daerah Virginia.

Dalam perjalanan hidupnya, ia mencari jalan untuk menggerakkan aksi pemberontakan atas kekejaman praktek perbudakan pada ras kulit hitam saat itu. Bahkan, film THE BIRTH OF NATION tahun 2016 ini nyatanya juga berhasil meraih Grand Jury Prize dalam kategori U.S. Dramatic Competition di Festival Film Sundance 2016 loh KLovers. Dan jadi film tentang perbudakan yang sayang untuk dilewatkan.

7. HARRIET (2019)

Berlatar waktu tahun 1840, film HARRIET berkisah tentang Minty Ross yang belum lama menikah dengan pria merdeka bernama John Tubman. Minty sendiri masih berstatus budak dari Gideon Brodess bersama ibu dan beberapa saudara perempuannya. Ayah Minty yang juga seorang pria merdeka mencoba menuntut hak istrinya untuk dibebaskan dari statusnya sebagai budak.

Menurut surat perjanjian, istri dan anak-anaknya seharusnya bebas saat usia istrinya telah mencapai 45 tahun, tapi Gideon dan keluarganya melanggar perjanjian ini. Gideon mengatakan bahwa ibu Minty dan anak-anaknya akan selamanya menjadi budak. Minty tidak bisa menerima hal ini, ia pun mencoba melarikan diri untuk mencari kebebasan.

Minty berlari menyusuri hutan dan ladang selama berhari-hari untuk meninggalkan daerah tempat tinggalnya. Hingga ia sampai di Philadephia dan bertemu dengan William Still, seorang abolisionis dan penulis yang menyarankan untuk menggantinya nama. Minty kemudian mengganti namanya menjadi Harriet Tubman yang ia ambil dari nama depan ibu dan nama belakang suaminya.

Dengan nama barunya ini dan bantuan organisasi pimpinan William, Harriet mencoba membebaskan ibu dan saudaranya dari perbudakan. Bahkan, ia membantu banyak orang dari perbudakan. Tentu film ini penuh akan perjuangan dan menjadi salah satu film tentang perbudakan yang sayang untuk kalian lewatkan.

8. EMANCIPATION (2022)

Rekomendasi film tentang perbudakan berikutnya ada film berjudul EMANCIPATION. Film ini menyuguhkan kisah penindasan para budak yang hidup di era perang dunia. Peter, yang kesehariannya bekerja di kebun kapas milik dari Kapten John.

Hingga pada akhirnya ia melarikan diri melalui rawa-rawa Louisiana dalam perjalanan yang berliku-liku untuk melarikan diri dari pemilik perkebunan yang hampir membunuhnya.

9. THE HELP (2011)

Dan film tentang perbudakan terakhir ada film berjudul THE HELP. Film ini mengisahkan tentang latar belakang hubungan antara warga kulit putih dan kulit hitam di Amerika pada awal tahun 1960-an. Film THE HELP memotret isu diskriminasi melalui kacamata kehidupan warga keturunan Afrika yang bekerja sebagai pembantu di rumah-rumah warga kulit putih.

Dikisahkan Aibileen Clark dan Olivia, yang merupakan pembantu kulit hitam bekerja dengan Hilly Holbrook dan Elizabeth Leefolt, sebagai majikan. Sayang, hampir sama seperti majikan lainnya, majikan mereka membangun tembok pemisah dengan memandang sebelah mata dan memperlakukan Aibileen dan Olivia dengan semena-mena.

Ketegangan pun mulai timbul saat Aibileen tak sengaja mendengar pembicaraan majikannya, Hilly, mengenai rencana pembuatan undang-undang yang jika disahkan nantinya, akan membuat pembantu keturunan Afrika-Amerika tertindas. Hingga sebuah ide perlawanan pun muncul dari Eugenia, seorang penulis yang rekan majikan mereka sendiri, teman baik sang pencetus rancangan UU.

Eugenia datang bak mesias yang menolong mereka dari kesengsaraan, memberi mereka harapan. Namun, mereka harus hati-hati, perlawanan ini ibarat pedang bermata dua, bisa berakhir manis atau malah tragis. Tentu saja perjuangan para perempuan-perempuan ini begitu menyentuh selama kalian menonton film ini.

Yuk, simak juga

Adblock test (Why?)

baca dong https://news.google.com/rss/articles/CBMioAFodHRwczovL3d3dy5rYXBhbmxhZ2kuY29tL3Nob3diaXovZmlsbS9pbnRlcm5hc2lvbmFsL2ZpbG0tdGVudGFuZy1wZXJidWRha2FuLWRpLWFtZXJpa2EteWFuZy1tZW55YXlhdC1oYXRpLWRhbi1tZW55ZW50dWgta2lzYWgtcGVyanVhbmdhbi1wYXJhLXRva29oLTQ1NGFkMi5odG1s0gEA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "9 Film Tentang Perbudakan di Amerika yang Menyayat Hati dan Menyentuh Kisah Perjuangan Para Tokoh - Kapanlagi ... - KapanLagi.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.