Search

Sinopsis Film Mappacci dan Cerita Cahya Arynagara Lestarikan Adat Makassar - VIVA - VIVA.co.id

Jumat, 25 Agustus 2023 - 03:00 WIB

JAKARTA – Banyak kekayaan dan keanekaragaman budaya Indonesia yang bisa diangkat menjadi film layar lebar dan sekaligus memperkenalkan Indonesia pada dunia. Salah satunya, Mappacci, budaya dan adat khas provinsi Sulawesi Selatan yang diangkat menjadi film layar lebar.

Baca Juga :

Kental Nuansa 80an, Kisah Cinta Galih dan Ratna Berlanjut Lagi di Film

Mappacci adalah nama sebuah adat yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan. Upacara Mappacci atau Mappaccing berasal dari kata "Paccing" yang berarti bersih, yang bertujuan untuk membersihkan diri dari semua hal yang dapat menghambat pernikahan.

Cuplikan film Mappacci

Cuplikan film Mappacci

Baca Juga :

Sering Diterpa Isu Meninggal Dunia, Diding Boneng: Saya Ketawain Aja

Sineas Makassar membuktikan kembali eksistensinya dalam produksi film layar lebar. Sukses dengan Uang Panai dan Kaili The Movie, drama romansa ini tampil mengangkat budaya pengantin Bugis Makassar mappacci, yakni prosesi yang dilakukan calon mempelai di rumahnya masing-masing, untuk membersihkan diri dari segala hal menjelang upacara pernikahan keesokan harinya.

Film produksi 2020 ini sempat tertunda penayangannya akibat pandemi COVID-19. Mappacci: Malam Pacar yang oleh LSF diklasifikasikan untuk penonton usia 13 tahun ke atas, akhirnya mulai tayang di Bioskop Indonesia, Kamis, 24 Agustus 2023.

Baca Juga :

Tatapan Bryan Domani ke Mawar de Jongh Jadi Sorotan, Netizen: So Cute

Film Malam Pacar, Mappacci

Film Malam Pacar, Mappacci

Photo :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

Baca Juga :

Halaman Selanjutnya

Salah satu pemeran dalam film ini, Cahya Arynagara yang merupakan aktor kelahiran Makassar mengaku sangat antusias saat ditawari untuk berperan menjadi Iwan di film ini. Ia pun menceritakan sebelum membintangi peran di film ini, Cahya juga beberapakali memerankan karakter di sejumlah film lokal menceritakan kehidupan adat Makassar .

img_title

Adblock test (Why?)

baca dong https://news.google.com/rss/articles/CBMidmh0dHBzOi8vd3d3LnZpdmEuY28uaWQvc2hvd2Jpei9maWxtLzE2MzA4ODAtc2lub3BzaXMtZmlsbS1tYXBwYWNjaS1kYW4tY2VyaXRhLWNhaHlhLWFyeW5hZ2FyYS1sZXN0YXJpa2FuLWFkYXQtbWFrYXNzYXLSAXpodHRwczovL3d3dy52aXZhLmNvLmlkL2FtcC9zaG93Yml6L2ZpbG0vMTYzMDg4MC1zaW5vcHNpcy1maWxtLW1hcHBhY2NpLWRhbi1jZXJpdGEtY2FoeWEtYXJ5bmFnYXJhLWxlc3RhcmlrYW4tYWRhdC1tYWthc3Nhcg?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sinopsis Film Mappacci dan Cerita Cahya Arynagara Lestarikan Adat Makassar - VIVA - VIVA.co.id"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.