Search

Efek yang Bisa Ditimbulkan dari Nonton Film Horor - ayobandung.com

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Film horor adalah salah satu genre film yang sangat digemari di masyarakat. Apalagi dengan banyaknya pilihan film horor yang bisa ditonton meskipun bioskop masih banyak yang belum buka. Film horor adalah film sangat erat dengan jumpscare, scene yang membuat kita merinding, dan juga scene yang berdarah-darah.

Tetapi selain kita menikmati keseruan dan adrenalin yang diberikan oleh film horor, kita juga harus memperhatikan Kesehatan mental kita. Film horor seperti “sebelum iblis menjemput” atau “Suzanna” adalah film yang bisa membuat kita merasa ngeri. Tapi terkadang bagi Sebagian orang itu akan terlalu nyata dan menjadi ketakutan yang berlebihan.

Menjaga Kesehatan mental kita adalah hal penting bagi kita. Jadi kita harus mengetahui Batasan kita menonton film horor dan bagaimana kita menonton film horor tanpa harus mendapatkan damage pada Kesehatan mental kita.

1. Efek Psikologi

Film horor mengandung trik psikologi yang mebuat ilusi yang membuat kita merasa merinding dan sedang dalam bahaya melalui manipulasi gambar, suara, dan juga jalan cerita. Meskipun kita mengetahui bahwa itu tidaklah nyata, tetapi tubuh kita secara tidak sadar memproses bahwa seakan akan itu adalah nyata.

Menurut Sally Winston, seorang Psikologi berlisensi dan juga executive director di Anxiety and Stress Disorder Institute of Maryland, menjelaskan, “(saat menonton film horor), jantung kita terpompa dan adrenalin mengalir, dan perhatian kita fokus ke film. Meskipun kita tahu kita sedang berada di rumah ataupun di bioskop”.

Film horror di desain untuk memperoleh emosi tertentu seperi tensi tinggi, rasa takut, stress, dan shock. Ini bisa menyebabkan terlepasnya beberapa hormon seperti Neropinephrine, cortisol, dan adrenaline dari sistem syaraf otonom. Anda mungkin menyadari efek psikologi seperti pupil mengecil, detak jantung lebih cepat, dan juga ketegangan otot.

2. Efek pada Tidur

Meskipun Adrenalin menjadi salah satu pengalaman yang dicari ketika kita menonton film horor, itu juga meningkatkan kemungkinan kita untuk lebih susah tidur.

“Bahkan post-horror euphoria sangat aktif dan membuat kita tidak nyaman. Jadi, meskipun untuk beberapa orang yang menikmati film dengan Emotional Roller-Coaster, Horor, dan juga ketegangan bisa dibuat untuk susah tidur” kata Dr. Pamela Rutledge, direktur dari Media Psychology Research Center.

Mendapatkan tidur malam yang baik adalah hal yang sangat penting untuk Kesehatan fisik dan mental kita.

3. Kesehatan Mental

Penelitian membuktikan bahwa tidak tidur atau kualitas tidur yang jelek bisa menimbulkan efek negatif pada bagaimana otak memproses emosi sepanjang hari itu, dan bisa membuat intensitas emosi negative meningkat.

Tidur yang tidak baik juga sangat berhubungan dengan Kesehatan mental. Diperkirakan bahwa 90% orang yang mengalami depresi juga pernah mengalami tidur yang tidak sehat. Beberapa penelitian juga menunjukan bahwa tidur yang tidak sehat pada orang dewasa yang lebih tua bisa menimbulkan kematian dengan bunuh diri.

Rutledge mengatakan bahwa “untuk individu yang sesitif, tidur juga bisa menjadi terganggu dengan menginternalisasi visual pada film horor ke mimpi. Ini berarti bahwa film horor bisa mengakibatkan mimpi buruk, yang terbukti bisa merusak REM (tidur yang lelap) dan menyebabkan kualitas tidur yang jelek.

Jika film horor membuat anda sering terbangun di tengah malam, maka anda harus mencoba mempertimbangkan ulang untuk menonton film horor untuk Kesehatan mental anda.

4. Gangguan Kecemasan

Orang yang menderita gangguan kecemasan lebih mungkin terkena dampak negative dari film horor.

Seperti yang dijelaskan oleh Rutledge “gangguan kecemasan kronis bisa meningkatkan kepekaan terhadap rangsangan yang menimbulkan kejutan. Itu membuat orang yang sudah mengalami stress dan gangguan kecemasan mejadi lebih mungkin merespon secara negatif”.

Winston mengatakan bahwa menonton film horor bisa membuat kita memikirkan dan merasakan perasaan yang tidak ingin kita rasakan. Jadi, biasanya ada urgensi mayor pada orang dengan pengalaman mengalami gangguan kecemasan untuk menghindari hal seperti menoton film horor.

Itulah beberapa efek negatif yang bisa saja dihasilkan oleh film horor. Mempertimbangkan efek kepada anda sebelum anda menonton film horor adalah langkah yang bijak. Bagi anda yang memiliki perasaan yang sensitif, pertimbangkan ulang jika anda ingin menonton film horor. (Haidar Ainurrahman)

Let's block ads! (Why?)

baca dong https://ayobandung.com/read/2020/10/09/139474/efek-yang-bisa-ditimbulkan-dari-nonton-film-horor

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Efek yang Bisa Ditimbulkan dari Nonton Film Horor - ayobandung.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.