Search

7 Rekomendasi Film Sesuai Jurusan untuk Temani Libur di Rumah - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com – Mendekati akhir pekan, pelajar dapat mengisi waktu dengan menonton rekomendasi film yang sesuai dengan jurusan sebagai alternatif dari pergi keluar dari rumah.

Himbauan untuk tetap di rumah saja juga dituturkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada warga Jakarta pada Senin (26/10/2020).

"Selama libur panjang anjuran kami adalah di rumah saja. Kalaupun berpergian, disiplin protokol kesehatan," jelas Anies di Mapolda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta.

Baca juga: 5 PTN dengan Jurusan S1 Hubungan Internasional Akreditasi A

Dengan tetap di rumah dan mencari hiburan lain, seperti menonton film, pelajar tidak mengambil risiko dan mencegah penularan virus Covid-19.

Melansir Pijarpsikologi.com, sebuah film dapat menjadi sarana untuk berkontemplasi dan merefleksikan diri lebih dalam.

Selain menghibur, penonton dapat memahami dan melihat sisi lain dari sebuah permasalahan untuk merefleksikannya dengan keadaan nyata saat ini.

“Menonton film mampu membuat kita menjadi pribadi yang memiliki persepsi yang luas sehingga kita bisa lebih bijaksana terhadap diri sendiri dan orang lain,” tulis Pijar Psikologi pada situs resminya.

Untuk merasakan manfaat yang film tawarkan, berikut ini merupakan rangkuman Moorid terkait tujuh rekomendasi film sesuai dengan jurusan di dunia perkuliahan.

1. Interstellar (jurusan fisika)

Film garapan Christopher Nolan ini bercerita mengenai mantan pilot Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) bersama tim peneliti lain yang diminta untuk mengemudikan pesawat ruang angkasa.

Latar belakang perjalanan tersebut adalah mereka harus menemukan planet baru untuk manusia huni.

Dalam film ini, pelajar yang tertarik dengan materi fisika dapat melihat penerapan sains teoritis modern, terutama terkait dilasi waktu dan warmhole.

Bagi pelajar yang berminat dalam dunia desain, film dokumenter seri yang mendapatkan nominasi Emmy untuk Desain Grafis dan Arahan Artistik Terbaik dapat menjadi alternatif tontonan saat di rumah.

Film yang berdurasi 42 hingga 45 menit per episode ini menceritakan tentang keseharian, cara kerja, dan inspirasi dari berbagai desainer modern serta kontemporer di dunia.

Baca juga: Mahasiswa Wajib Paham, Ini Fakta Unik Pentingnya Langkah 3M

Pada musim pertama, mereka membahas perjalanan illustrator Christoph Niemann, perancang sepatu Nike Tinker Hatfield, penata panggung Es Devlin, arsitek Bjarke Ingels, perancang otomotif Ralph Gilles, desainer grafis Paula Scher, fotografer Platon, dan desainer interior Ilse Crawford.

3. Split (jurusan psikologi)

“Split” merupakan film yang menggambarkan kehidupan seorang pria yang menderita gangguan identitas disosiatif dan memiliki 23 kepribadian.

Lewat film ini, pelajar jurusan psikologi dapat melihat contoh dari berbagai macam kepribadian, salah satunya obsessive-compulsive disorder, di mana seseorang memiliki pikiran berlebihan (obsesi) yang menyebatkan perilaku repetitif (kompulsi).

4. Michael Clayton (jurusan hukum)

Michael Clayton merupakan seorang pengacara dengan bayaran paling tinggi di sebuah firma hukum terkenal.

Mengambil latar tempat Amerika Serikat, film "Michael Clayton" dapat memberikan gambaran mengenai proses seorang pengacara professional dalam menyelesaikan kasus-kasus, termasuk kekacauan yang terjadi di firma hukumnya.

5. Mindhunter (jurusan kriminologi)

Melansir Rencanamu.id, belajar di jurusan kriminologi akan meneliti faktor-faktor penyebab terjadinya kejahatan, kenakalan, penyimpangan, dan pelanggaran hukum.

Bukan hanya melihat tindak kriminal dari sudut pandang pelaku dan korban, melainkan juga memerhatikan aspek psikologisnya.

Maka dari itu, kriminologi merupakan jurusan yang berasal dari gabungan ilmu hukum, sosiologi, psikologi, politik, serta jurnalistik.

Dalam “Mindhunter”, pelajar akan diajak untuk menguak cerita dari tugas agen Biro Investigasi Federal (FBI) dalam memahami dan menangkap pembunuh berantai dengan cara mempelajari jiwa serta kepribadian tersangka.

Baca juga: Beasiswa GYA Tawarkan Subsidi Biaya Kuliah bagi Mahasiswa

6. The Imitation Game (jurusan teknik)

Mengambil latar waktu pada 1939 di Inggris, film “The Imitation Game” merupakan biografi dari professor matematika bernama Alan Turing.

Saat itu, Inggris sedang berperang dengan Rusia dan banyak mengalami kekalahan karena Jerman menggunakan kode dari mesin enskripsi dengan tingkat keamanan super maksimum bernama enigma.

Sebagai matekatikawan yang bekerja di Bletchley Radio Manufacturing, Alan bergabung dalam tim kriptografi untuk menguraikan kode enigma milik Jerman.

Selain melihat penerapaan materi teknik di film ini, penonton juga mendapatkan berbagai makna untuk inspirasi hidup.

4. The Spotlight (jurusan jurnalistik)

“The Spotlight” menggambarkan bahwa menerapkan teori jurnalistik dalam dunia pekerjaan tidak semudah tulisan di atas kertas.

Film yang diambil berdasarkan kisah nyata dari jurnalis dan editor dari sebuah kabar di Boston ini menceritakan proses mereka dalam menguak salah satu kasus paling miris.

Dalam proses membuat sebuah berita hasil investigasi, penonton dapat melihat bahwa wartawan membutuhkan kerja keras serta dedikasi untuk memberitakan kebenaran dan menegakan keadilan.

Let's block ads! (Why?)

baca dong https://www.kompas.com/edu/read/2020/10/30/133813571/7-rekomendasi-film-sesuai-jurusan-untuk-temani-libur-di-rumah?page=all

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Rekomendasi Film Sesuai Jurusan untuk Temani Libur di Rumah - Kompas.com - KOMPAS.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.