Search

Studi: Ini Daftar 10 Film Horor Paling Menakutkan - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Sebagian besar orang mungkin pernah menonton film horor, mistis, atau adegan-adegan mengerikan yang memacu adrenalin.

Banyak sekali film menegangkan dan menakutkan telah dirilis, dapat dinikmati siapa pun.

Lantas, film horor apa yang paling menakutkan?

Broadbandcoiches, platform pembanding tawaran layanan jaringan broadband melakukan studi "Science of Scare Project" untuk menemukan jawabannya.

Melansir Forbes, studi dilakukan dengan menggunakan detak jantung penonton. Pelacakan detak jantung dilakukan pada 50 orang berbagai usia yang menonton lebih dari 100 jam film menakutkan.

Dari sekian banyak film yang secara ilmiah diyakini sebagi film menakutkan yang pernah dibuat, Broadbandcoiches mempersempit daftar dan terpilih 35 film.

Penilaian film horor menggunakan rating tertinggi menurut IMDB, Rotten Tomatoes, dan Reddit. Namun, terdapat keterbatasan pada penelitian ini, seperti ukuran sampel yang kecil.

Baca juga: 6 Tayangan Horor di Viu Ini Siap Bikin Merinding...

Meski begitu, ukuran sampel tetap mengungkapkan mengenai apa yang membuat orang merasa takut dan sebesar berpengaruhnya film horor ini memicu rasa takut.

Dalam penelitian tersebut, setiap audiens dilengkapi dengan monitor detak jantung untuk melihat rata-rata detak jantung selama menonton film.

Semua data dirata-rata untuk setiap film, dan satu flim keluar sebagai yang paling menakutkan di kelompok tersebut.

" Penelitian Science of Scare dirancang untuk membantu orang menemukan film paling menakutkan secara ilmiah yang pernah dibuat, untuk mengehemat waktu dalam mencari ribuan judul film di seluruh layanan streaming seperti Amazon, Netflix, dan Shudder," kata Daniel Clifford, pembuat penelitian ini.

Baca juga: Ini Dampak Positif dan Negatif Film Horor bagi Kesehatan

Dikabarkan techtimes.com, berikut 10 film paling menakutkan berdasarkan penelitian tersebut:

1. Sinister

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sinister menjadi film yang paling ditakuti peserta, terlihat dari detak jantung.

Film horor/thriller ini menceritakan serangkaian pembunuhan keluarga yang mengerikan.

Rata-rata detak jantung istirahat peserta sebesar 65 BPM (denyut per menit). Selama menonton film, detak janutng rata-rata naik menjadi 86 BPM, meningkat 32 persen, yang merupakan kenaikan BPM tertinggi dari semua film horor yang ditonton peserta penelitian.

2. Insidious

Lompatan ketakutan terbesar terjadi pada film Insidious, memiliki momen yang membuat detak jantung para peserta mencapai 133 BPM.

Secara keseluruhan, Inisidious berada di posisi kedua, setelah film Sinister, dengan detak jantung rata-rata mencapai 85 BPM.

Baca juga: 6 Film Horor yang Pernah Masuk Nominasi Film Terbaik Oscar

3. The Conjuring (84 BPM)
4. Hereditary (83 BPM)
5. Paranormal Activity (82 BPM)
6. It Follows (81 BPM)
7. The Conjuring 2 (80 BPM)
8. The Babadook (80 BPM)
9. The Descent (79 BPM)
10. The Visit (79 BPM)

Sementara itu, terdapat beberapa temuan yang lebih acak dari penelitian, seperti

  • Broadbandchoices menjuluki James Wan sebagai raja horor, karena memimpin tiga film menakutkan berbeda dari yang berada di peringkat sepuluh besar.
  • Film horor modern tampil jauh lebih baik daripada film klasik, meski film-film seperti The Exorcist, Nightmare on Elm Street, dan The Texas Chainsaw Massacre mungkin dianggap sebagai film horor yang lebih baik, film-film tersebut tidak menakut-nakuti peserta studi.

Let's block ads! (Why?)

baca dong https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/23/190100565/studi--ini-daftar-10-film-horor-paling-menakutkan?page=all

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Studi: Ini Daftar 10 Film Horor Paling Menakutkan - Kompas.com - KOMPAS.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.