Search

Layar Bioskop Makin Banyak, SDM di Bidang Film Masih Sedikit - Tribunnews

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Indonesia kini memiliki 1.700 layar bioskop dan akan terus bertambah seiring dengan berkembangnya industri film di Indonesia.

Di tengah perkembangan layar film di Indonesia, ada beberapa hambatan bagi para sineas dalam memproduksi sebuah film yakni kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM).

Demikian dikatakan Mira Lesmana, sineas yang tercatat memproduseri film Laskar Pelangi, Ada Apa Dengan Cinta, serta Lari ke Pantai.

Menurut dia, kurangnya orang-orang yang ahli dibidang perfilman tidak hanya untuk posisi sutradara, penulis naskah tapi sampai ke director of photography, editor bahkan pemain.

“Sekarang ini kita di titik gairah itu ada tapi kita kekurangan pemain, kekurangan penulis skenario, kekurangan director photography, kekurangan editor,” kata Mira Lesmana saat ditemui di CGV FX, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

Alhasil mereka yang sekarang eksis di bagian perfilman pun tidak hanya mengerjakan satu film saja sehingga menimbulkan masalah lainnya seperti soal pembagian waktu.

“Sehingga satu sama lain itu berebut jadwal gitu, karena yang terbaiknya bisa dihitung,” tutur Mira Lesmana.

Adapun alasan dari kurangnya sumber daya manusia di bidang perfilaman karena kurangnya sarana pendidikan alias sekolah perfilman di Indonesia

Mira Lesmana menyebutkan hanya ada beberapa sekolah perfilman yang eksis di Indonesia seperti Institut Kesenian Jakarta dan Binus berbeda dengan negara-negara lain banyak memiliki sekolah perfilman.

Let's block ads! (Why?)

baca dong http://www.tribunnews.com/seleb/2019/01/21/layar-bioskop-makin-banyak-sdm-di-bidang-film-masih-sedikit

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Layar Bioskop Makin Banyak, SDM di Bidang Film Masih Sedikit - Tribunnews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.