Search

6 Jenis-jenis Genre Film yang Paling Populer Beredar dan Banyak Disukai - merdeka.com

6 Jenis-jenis Genre Film yang Paling Populer Beredar dan Banyak Disukai 5 Boneka terseram dalam film horor. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Genre adalah istilah untuk setiap kategori sastra atau bentuk seni atau hiburan lainnya, seperti musik, baik tertulis atau lisan, audio atau visual berdasarkan pada beberapa kriteria gaya.

Istilah ini berasal dari sastra Yunani kuno. Bagi penulis, seniman dan pembuat film, biasanya cara paling sederhana dan paling praktis untuk mengkategorikan gaya cerita dan konten yang berbeda.

Mengkategorikan film memudahkan pemirsa untuk menemukan apa yang dia suka dan ingin lihat. Menempatkan film ke dalam genre atau kategori tertentu tidak mengurangi kualitas film dengan mengasumsikan bahwa jika dapat dimasukkan ke dalam genre, film itu biasa dan tidak memiliki orisinalitas dan kreativitas.

Apabila Anda penggemar maupun pembuat film tentu hal ini amat penting dalam menentukan tontonan Anda serta sebagai gambaran Anda dalam mempelajarinya. Berikut jenis-jenis genre film yang paling populer beredar dan banyak ditonton:

1 dari 6 halaman

Genre Film Aksi/ Action

2

©2015 merdeka.com/istimewa

Sebagai salah satu genre film paling awal yang ada, genre action memiliki hubungan dekat dengan perselisihan klasik dan narasi perjuangan yang Anda temukan di semua jenis seni dan sastra.

Dengan beberapa contoh paling awal yang berasal dari segala hal mulai dari epos perang historis hingga beberapa penggambaran dasar perampokan kereta, film aksi telah populer di kalangan penonton bioskop sejak awal. Ini juga salah satu contoh terbaik tentang evolusi perjalanan pahlawan sinematik dan narasi pahlawan klasik vs penjahat, yang akan Anda temukan di seluruh bioskop dan genre.

Beberapa sub-genre utama meliputi:

Perang dan Aksi Militer
Aksi Mata-Mata dan Spionase
Aksi Seni Bela Diri
Genre Aksi Hibrida

Contoh Film Luar Negeri Bergenre Aksi:

Avengers: Infinity War (2018), Inception (2010), Mr. and Mrs. Smith (2005) 

Contoh Film Dalam Negeri Bergenre Aksi:

The Raid (2011), Headshot (2016), Buffalo Boys (2018)

2 dari 6 halaman

Genre Film Komedi

film komedi diputar di saudi pada 2012

©al arabiya

Genre favorit penonton film, tua dan muda, sejak awal film adalah genre komedi. Jenis genre film ini telah menjadi genre yang menyenangkan, cukup canggih, dan inovatif yang menggembirakan penonton selama beberapa dekade.

Beberapa nama terbesar dalam sejarah pembuatan film termasuk perintis genre komedi seperti Buster Keaton,  Charlie Chaplin, dan Lucille Ball, yang membuat karier yang sukses karena menemukan cara baru dan unik untuk membuat penonton tertawa. 

Genre komedi juga menjadi salah satu yang paling fleksibel, karena akarnya telah masuk ke dalam jalinan sinema dan banyak genre lainnya yang terkandung di dalamnya. 

Seni menghangatkan hati dan membawa senyum ke wajah pemirsa tidak akan pernah hilang. Beberapa sub-genre utama meliputi:

  • Komedi Slapstick
  • Komedi Screwball
  • Parodi Komedi
  • Dark Comedy

Contoh Film Luar Negeri Bergenre Komedi:

Jumanji: The Next Level (2019), Game Night (2018), Shazam! (2019) 

Contoh Film Dalam Negeri Bergenre Komedi:

My Stupid Boss (2016), Pretty Boys (2019), Orang Kaya Baru (2019)

3 dari 6 halaman

Genre Film Horor

horor 2016

©www.moviefone.com

Walaupun barangkali dianggap sebagai salah satu genre film yang lebih baru muncul, unsur-unsur horor telah lama menjadi landasan sinema klasik yang berasal dari beberapa hari pembuatan film yang paling awal. Film horor dipusatkan pada penggambaran peristiwa yang menakutkan atau mengerikan demi hiburan.

Contoh-contoh seperti Shinin No Sosei (Kebangkitan Jenazah) tahun 1898 muncul dalam pikiran, serta beberapa literasi horor awal di seluruh dunia yang menangkap imajinasi audiens yang haus akan creepy, okultisme yang menyenangkan.

Mengambil isyarat dari literatur horor klasik, waralaba horor nama besar (semacam) seperti Dracula dan Frankenstein telah ada di bioskop selama beberapa dekade. Namun, itu dalam kebangkitan genre horor yang lebih baru menampilkan zombie, slashers, rekaman ditemukan, dan boneka berhantu yang benar-benar menemukan cengkeramannya, dari tahun 1970-an ke zaman modern.

Beberapa sub-genre utama meliputi:

  • Zombie Horror
  • Folk Horror
  • Body Horror

Contoh film luar negeri bergenre horor:

Hereditary (2018), The Frighteners (1996), Insidious (2010)

Contoh film dalam negeri bergenre horor:

Pengabdi Setan (2017), Suzzanna: Bernapas dalam Kubur (2018), Perempuan Tanah Jahanam (2019)

4 dari 6 halaman

Genre Film Romantis

500 days of summer

©Dune Entertainment

Genre romantis ditentukan oleh hubungan intim. Kadang-kadang film-film ini dapat memiliki twist yang lebih gelap, tetapi idenya bersandar pada konflik alami yang berasal dari pengejaran keintiman dan cinta.   

Sejak munculnya  bioskop, bioskop telah lama menjadi hiburan favorit bagi pasangan yang ingin melarikan diri ke dunia romansa. Serupa dengan genre aksi dan komedi, genre romansa telah menjadi kekuatan utama di hampir semua genre film lainnya.

Namun, bahkan ketika film awal dipenuhi dengan contoh-contoh romansa klasik dan banyak hibridisasi seperti genre “rom-com,” telah bergeser selama bertahun-tahun. Meskipun demikian, itu tetap merupakan genre yang sangat signifikan bagi para pembuat film dan penggemar film. Beberapa sub-genre utama meliputi:

  • Roman Sejarah
  • Drama Romantis
  • Komedi romantis
  • Film cewek
  • Roman Paranormal

Contoh film luar negeri bergenre romantis:

A Star is Born (2018), Titanic (1997), The Fault in Our Stars (2014)

Contoh film dalam negeri bergenre romantis:

Tenggelamnya Kapal van der Wijck (2013), Ada Apa dengan Cinta? (2002), Habibie & Ainun (2012)

5 dari 6 halaman

Genre Film Thriller

film parasite

©2020 Merdeka.com

Sebuah cerita thriller sebagian besar tentang tujuan emosional, yaitu untuk memperoleh emosi yang kuat. Sebagian besar berurusan dengan menghasilkan ketegangan dan kecemasan.

Dulunya adalah genre niche bergaya, film thriller ini telah menjadi arus utama sehingga mungkin sudah waktunya untuk mengubah nama genre menjadi Summer Blockbuster Event. Kebangkitan sang thriller bertepatan dengan kebangkitan novel-novel detektif mata-mata dan detektif tahun 1960-an dan 1970-an.

Ini adalah salah satu kendaraan sinematik terbaik untuk mengeksplorasi kebenaran yang kadang-kadang mengecewakan dan kurang terwakili tentang pemerintah dan masyarakat kita pada umumnya.

Berkat beberapa keberhasilan terbesarnya bagi pembuat film terkenal seperti Alfred Hitchcock, dan termasuk beberapa karakter favorit kita seperti James Bond, film thriller ini telah menjadi bagian populer dan penting dari tradisi perfilman.

Beberapa sub-genre utama meliputi:

  • Thriller Konspirasi
  • Crime Thriller
  • Thriller Hukum
  • Spy Thriller
  • Thriller Supernatural

Contoh film luar negeri bergenre thriller:

Parasite (2019), Black Swan (2010), Get Out (2017)

Contoh film dalam negeri bergenre thriller:

Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (2017), Membabi Buta (2017), Hoax (One Day When the Rain Falls) (2012)

6 dari 6 halaman

Genre Film Science Fiction

film fiksi sains

©2020 Merdeka.com

Fiksi ilmiah didefinisikan oleh campuran spekulasi dan sains. Sementara fantasi akan menjelaskan melalui atau memanfaatkan sihir dan mistisisme, fiksi ilmiah akan menggunakan perubahan dan lintasan teknologi dan sains. 

Fiksi ilmiah sering kali memasukkan ruang, biologi, energi, waktu, dan ilmu lain yang bisa diamati. Sebagian besar film terbaik James Cameron sangat bergantung pada fiksi ilmiah.

Sebagai salah satu genre klasik yang paling eksperimental dan membangkitkan pikiran, genre film sains-fiksi (dipopulerkan sebagai “sci-fi”) kembali ke era film bisu.

Beberapa film paling awal yang pernah dibuat berfokus pada daya tarik manusia dengan ruang luar dan tidak diketahui ilmiah, seperti Georges Méliès Film A Trip to the Moon (1902). 

Genre sci-fi tetap kuat sepanjang sejarah sinematik, karena film tetap menjadi salah satu media paling populer untuk menampilkan kemajuan teknis umat manusia, serta sarana untuk bergulat dengan konsep yang lebih tinggi seperti bentuk kehidupan alien, kecerdasan buatan, dan tempat umat manusia di alam semesta.

Beberapa sub-genre utama meliputi:

  • Perjalanan Luar Angkasa
  • Perjalanan waktu
  • Ilmu Serebral
  • Robot dan Film Monster
  • Invasi Bencana dan Alien

Contoh film luar negeri bergenre thriller:

Gravity (2013), Lucid Dream (2017), Interstellar (2014)

[amd]

Let's block ads! (Why?)

baca dong https://www.merdeka.com/sumut/6-jenis-jenis-genre-film-yang-paling-populer-beredar-dan-banyak-disukai-kln.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "6 Jenis-jenis Genre Film yang Paling Populer Beredar dan Banyak Disukai - merdeka.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.