Search

5 Film Indonesia yang Bikin Rindu Yogyakarta - detikTravel

detikTravel Community -

Tak sedikit film Indonesia yang mengambil setting di Yogyakarta. Setidaknya ada 5 yang dijamin bakal bikin rindu Yogyakarta.

Selain kota pelajar, sangat layak rasanya jika Yogyakarta dijuluki sebagai Kota Perfilman Indonesia. Bagaimana tidak? Ada banyak sekali film Indonesia baik film panjang, series, sinetron, music video, iklan dan juga film pendek yang berlokasi di Yogyakarta.

Kota istimewa ini memang menyimpan banyak surga dunia yang harus kita datangi, baik dari pantai-pantainya yang banyak dan luar biasa indahnya, gunung-gunungnya yang juga mempesona, candi-candi bersejarah, pusat perbelanjaan, dan masih banyak lagi.

Dan sekarang kita lihat 5 film Indonesia yang berlokasi syuting di Yogyakarta.

1. Bumi Manusia

Film yang diadaptasi dari buku Pramoedya Ananta Toer ini juga sebagian besar berlokasi syuting di Yogyakarta, tepatnya di Gamplong Studio yang berada di kabupaten Sleman. Bagi yang sudah menonton pasti tahu betapa megahnya rumah Annelies Malema seperti bangunan Eropa.

Ya, ternyata itu bukan di Eropa, melainkan di Gamplong Studio. Tak hanya rumah Annelies tentunya, beberapa tempat yang jika dilihat seperti hanya efek CGI juga ternyata terdapat di Gamplong, Sleman. Wah, keren banget ya.

2. Siti

Film terbaik di Festival Film Indonesia 2015 ini juga berlokasi syuting di Yogyakarta. Walau film ini Black and White tetapi kita akan tetap bisa menikmati keindahan latar tempat film ini yang terletak di Yogyakarta.

Film yang bercerita tentang perjuangan seorang ibu menghidupi keluarganya ini juga menggunakan bahasa Jawa. Jadi... kalau kalian kangen Yogya, nonton film ini ya di platform OTT yang legal.

3. Habibie dan Ainun 3

Film karya Hanung Bramantyo yang menceritakan kehidupan muda ibu Ainun ini juga berlokasi syuting sebagian besar di Yogyakarta. Gamplong Studio juga menjadi sebagian besar latar tempat di film ini. Wah, jadi gak sabar ingin segera ke Gamplong Studio setelah Corona ini ya guys.

4. Guru Bangsa Tjokroaminoto

Film yang di sutradarai Garin Nugroho ini juga berlokasi syuting di Yogyakarta. Garin membangun set lokasi khusus di Yogyakarta untuk menggarap film ini. Beberapa tempat yang kita lihat di layar sangat iconic itu ternyata dibangun di Yogyakarta lho.

5. Ada Apa Dengan Cinta 2

Film yang sangat dinantikan selama 14 tahun sejak perilisan film pertamanya itu juga berlokasi syuting di Yogyakarta, lho. Karena memang ceritanya Yogyakarta menjadi ajang reuni Cinta bersama teman-temannya, dan di Jogja ini Cinta bertemu lagi dengan Rangga.

Adapun tempat lokasi syutingnya yang kini banyak diburu masyarakat adalah Puthuk Setumbu (Puthuk Setumbu/Gereja Ayam ini memang tidak berada di Yogyakarta, melainkan di Magelang. Tetapi tidak cukup jauh dari Yogyakarta. Bahkan lebih dekat daripada ibukota Jawa Tengah sendiri, Semarang), Istana Ratu Boko, Klinik Kopi, Kota Gede, Papermoon Puppet Theatre, Pantai Parangtritis.

Wah langsung nonton filmnya nih, ngobatin kangen dengan Yogya, atau yang belum pernah ke Yogya dan berencana ke Yogya bisa kenalan dulu lewat film ini.

Di atas adalah 5 film Indonesia yang berlokasi syuting di Yogyakarta, pasti gak nyangka kan. Ketika kita melihat di layar seperti berada di Hollywood atau efek CGI saja. Tetapi semua itu ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jangan lupa ya guys kalau Corona sudah selesai langsung buat rencana liburan ke Yogya.

Let's block ads! (Why?)

baca dong https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-5047289/5-film-indonesia-yang-bikin-rindu-yogyakarta

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Film Indonesia yang Bikin Rindu Yogyakarta - detikTravel"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.