Search

Nia Dinata Sebut Film Tentang Upacara Adat Bali Menarik Perhatian Dunia Internasional - Tribun Bali

Laporan Wartawan Tribun Bali, Noviana Windri Rahmawati

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Viu Indonesia memberikan kesempatan kepada para film maker untuk mendukung perkembangan industri perfilman nasional dengan menggelar Viu Pitching Forum.

Menurut Nia Dinata selaku sutradara dan produser, upacara adat di Bali yang dijadikan sebuah film banyak dilirik dan menarik perhatian dunia internasional.

"Bali banyak bener yang bisa diangkat. Bali kan seru banget. Kalau mau yang menarik untuk dunia internasional itu segala sesuatu yang berhubungan dengan upacara adat,"

Baca: Peneliti Temukan Materi Mikroplastik pada Setiap Mamalia Laut yang Diuji

Baca: Teror Kain Api Misterius di Semarang Kembali Terjadi, Terbaru Hanguskan 2 Motor di Garasi Rumah

"Anak muda Bali walaupun se-modern apapun, misalkan pekerjaannya menuntut pulang malam, tapi begitu ada upacara adat kan dia harus upacara adat. Itu kan sesuatu yang menarik dari Bali. Anak muda Bali itu menarik banget gitu," jelasnya.

Dijelaskan juga, rangkaian acara Viu Pitching Forum dimulai dengan kegiatan Dialog Film mulai 14 Januari-12 Februari 2019 di sepuluh kota yaitu Yogyakarta, Jakarya, Bandung, Padang, Manado, Balikpapan, Surabaya, Bali, Medan dan Tengerang.

Baca: Ini Kata Seniman Ogoh-ogoh Denpasar Soal Larangan Penggunaan Sound System dan Styrofoam

Baca: Maket Panti Jompo dan RS Kanker Tarik Minat Pengunjung Indobuildtech Bali 2019

Dalam Dialog Film, Nia Dinata menjelaskan tentang persyaratan proposal proyek film, diantaranya sinopsis menarik, diskripsi karakter utama maupun pendukung, dan durasi video 30 detik-1 menit.

"Pitching itu artinya menjual ide, mempresentasikan ide. Jadi kalau misalnya gak ada pitching ya tidak akan ada film. Karena semua film apapun pasti diawali dengan pitching dengan presentasi ide. Dari penulis ke produser, produser ke sutradara, ataukah dari ketiganya pitching ke investor yang punya uang. Dan kelemahan orang Indonesia adalah tidak bisa pitching dengan benar sehingga kita buat forum," papar Nia Dinata, Sabtu lalu (2/2/2019).

Baca: Didatangi Youtuber Jurnalrisa, Raditya Dika Akhirnya Bisa Mengetahui 7 Sosok Hantu Di Rumahnya

Baca: Kapal Induk Rusia Tampil Garang & Menakutkan tapi Jarang Beroperasi & Dihantui Banyak Masalah

Nia Dinata mengajak para anak muda tanah air untuk mengembangkan dan menjual ide kreatif dalam dunia film Indonesia.

"Karena semua film apapun yang ditonton itu akan dimulai dari 'Pitching' atau menjual ide atau presentasi ide. Jadi ide film yang diikuti para peserta yang ada di seluruh Indonesia akan diseleksi lagi menjadi 12 finalis dan kemudian berangkat ke Jakarta untuk mengikuti seminar (workshop) selama enam hari. Setelah itu, akan dipilih siapa saja ide film yang akan diproduksi," ujarnya.

10 finalis yang terpilih akan diundang ke Jakarta dan mengikuti workshop selama 6 hari bersama sineas-sineas profesional Indonesia.(*)

Let's block ads! (Why?)

baca dong http://bali.tribunnews.com/2019/02/03/nia-dinata-sebut-film-tentang-upacara-adat-bali-menarik-perhatian-dunia-internasional

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nia Dinata Sebut Film Tentang Upacara Adat Bali Menarik Perhatian Dunia Internasional - Tribun Bali"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.