Search

Dibayar Rp 5 Juta untuk Perankan Jenderal di Film G30S/PKI, Inilah ...

Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

SERAMBINEWS.COM, SENEN - Raut wajahnya kini tampak telah menua, namun Kies Slamet (77) masih ingat kala menceritakan pengalamannya bertatap muka dengan Bung Karno di film G30S/PKI.

Kies Slamet kala itu berperan sebagai Brigadir Jenderal Soepardjo, satu-satunya Jenderal yang memiliki peran dalam pemberontakan naas puluhan tahun silam itu.

"Awalnya, saya ragu menerima bermain film di G30SPKI ini. Sebab, itu film yang sensitif. Tapi Arifin C Noer (Sutradara film itu) menyakinkan saya untuk merankan peran itu," ujarnya saat ditemui TribunJakarta.com di Gedung Wo Bharata, Senen, Jakarta Pusat, pada Sabtu (25/8/2018).

Menurut Kies Slamet, Arifin mengajaknya bermain film dengan santai tanpa ajakan secara serius untuk memerankan seorang jenderal.

Baca: Ajakan Nobar Film G30S/PKI Dianggap Provokatif, Gatot Nurmantyo: Saya Ingatkan Tentang Sejarah Kelam

Baca: Seorang Pemuda Mengamuk dan Pecahkan Pintu Kaca Kantor Disdukcapil Pidie

Namun, Jenderal yang ia perankan bukanlah satu di antara tujuh jenderal yang dihabisi dan dimasukkan ke dalam sebuah sumur yang dalam.

Ternyata, dirinya memerankan seorang Brigadir Jenderal bernama Soepardjo yang memiliki peran dalam pemberontakan yang kontroversial itu.

"Dia mengajak saya biasa saja, 'mau main film enggak'. Nanti kamu meranin jadi Jenderal Soepardjo ya karena mirip. Kamu pasti bisa," kenangnya seraya mengernyitkan dahi mengenang masa lalu.

Ia pun teringat saat Arifin melatihnya bermain di film itu.

"Saya diajarkan memegang rokok kemudian duduk sembari berpikir yang susah-susah. Jadi tampak serius. Setelah menurut Arifin sesuai kemudian dia mengajak saya main film itu," ungkapnya.

Let's block ads! (Why?)

baca dong http://aceh.tribunnews.com/2018/09/28/dibayar-rp-5-juta-untuk-perankan-jenderal-di-film-g30spki-inilah-cerita-kies-slamet

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dibayar Rp 5 Juta untuk Perankan Jenderal di Film G30S/PKI, Inilah ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.