Search

5 Rekomendasi Film tentang Whistleblower, Seru dan Menegangkan! - KOMPAS.com

KOMPAS.com –  Whistleblowing merupakan aksi pelaporan atau pengungkapan fakta dari sebuah tindak kejahatan. Pihak yang melakukan whistleblowing disebut sebagai whistleblower.

Mengutip Kompas.com, Senin (15/8/2022), whistleblower adalah orang yang membocorkan rahasia atau pengadu. Definisi whistleblower juga dicantumkan dalam Surat Edaran (SE) Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 4 Tahun 2011.

Menurut SEMA, whistleblower adalah pihak yang mengetahui dan melaporkan tindak pidana tertentu dan bukan merupakan bagian dari pelaku kejahatan yang dilaporkannya.

Tindak pidana tertentu yang dimaksud, di antaranya, korupsi, terorisme, narkotika, pencucian uang, perdagangan orang, hingga tindak pidana terorganisasi lainnya.

Kisah para whistleblower yang berani dan inspiratif tidak jarang dituangkan dalam sebuah film. Ceritanya pun bervariasi, mulai dari pengungkapan rahasia pemerintah yang kotor hingga kisah investigasi jurnalisme.

Baca juga: Sinopsis The Whistleblower, Usaha Membongkar Konspirasi Jahat Perusahaaan

Mengutip EW, Rabu (27/7/2022), subgenre whistleblowing mulai muncul sejak era Hollywood klasik. Seiring berjalannya waktu, subgenre ini makin digemari oleh para pencinta film.

Penasaran apa saja film-film yang menceritakan kisah whistleblower? Simak ulasannya berikut yang telah dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber.

1. Snowden (2016)

 

Snowden merupakan film yang menceritakan kisah salah satu whistleblower populer dunia, Edward Snowden. Film ini disutradarai oleh Oliver Stone dan dibintangi oleh Joseph Gordon-Levitt, Shailene Woodley, Melissa Leo, dan Rhys Ifans.

Kisahnya menyoroti perjuangan hidup Edward Joseph Snowden (Joseph Gordon-Levitt), seorang ahli komputer cerdas yang tidak lulus SMA. Meski demikian, Snowden memiliki keinginan besar untuk mengabdi pada negara.

Adblock test (Why?)

baca dong https://news.google.com/rss/articles/CBMidGh0dHBzOi8vd3d3LmtvbXBhcy5jb20vaHlwZS9yZWFkLzIwMjMvMDcvMDMvMTUwNTAwNjY2LzUtcmVrb21lbmRhc2ktZmlsbS10ZW50YW5nLXdoaXN0bGVibG93ZXItc2VydS1kYW4tbWVuZWdhbmdrYW4t0gEA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Rekomendasi Film tentang Whistleblower, Seru dan Menegangkan! - KOMPAS.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.