Search

5 Rekomendasi Film Agen Rahasia Terbaik - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Kehidupan agen rahasia yang penuh misteri kerap mengundang rasa penasaran sampai-sampai diadaptasi menjadi berbagai film. Film agen rahasia pun menjadi salah satu tontonan favorit beberapa kalangan.

Genre film mata-mata awalnya berkembang di awal Abad 20-an, saat banyak orang takut akan kehadiran agen rahasia di tengah kehidupan perang.

Jenis film agen rahasia semakin populer setelah Alfred Hitchcock merilis sederet karya legendaris, seperti The Man Who Knew Too Much (1934), The 39 Steps (1935), Sabotage (1937), dan The Lady Vanishes (1938).


Seiring waktu, semakin banyak film yang mengangkat tema mata-mata dengan kisah kian menarik. Berikut rekomendasi film agen rahasia terbaik dari CNNIndonesia.com.

Argo

Perbincangan mengenai film agen rahasia tak akan lengkap tanpa Argo yang menjadi jawara dalam ajang Oscar 2013.

Film arahan Ben Affleck itu berfokus pada gejolak di tengah Revolusi Iran pada 1979. Kala itu, rakyat Iran mengamuk karena Amerika serikat memberikan suaka kepada Mohammad Reza Shah, pemimpin yang digulingkan dalam revolusi tersebut.

Mereka pun menggelar demonstrasi di depan gedung Kedutaan Besar AS di Iran pada 4 November 1979. Berawal damai, demonstrasi mulai ricuh ketika sekelompok pengunjuk rasa memaksa masuk.

Para ekstremis lantas menyekap semua staf Kedubes AS. Namun ternyata, ada enam staf yang berhasil kabur dan bersembunyi di kediaman duta besar Kanada untuk Iran.

Selagi mereka bersembunyi dalam ketakutan, para pejabat Kementerian Luar Negeri AS sibuk mencari cara menyelamatkan mereka, berlomba dengan waktu sebelum Garda Revolusi Iran menyadari ada enam orang yang hilang dari kedubes.

Pencerahan datang ketika ahli penyamaran Badan Intelijen Pusat AS (CIA), Tony Mendez (Ben Affleck), diundang dalam satu rapat. Ia mengkritik semua opsi penyelamatan yang digagas Kemlu AS.

Ia akhirnya menyusun strategi untuk membuat film palsu bertajuk Argo. Mendez berpura-pura menjadi produser asal Kanada yang ingin melihat calon lokasi pengambilan gambar di Iran bersama enam kru.

Kru tersebut tak lain merupakan keenam staf kedubes yang sedang berlindung di rumah dubes Kanada. Mereka pun memulai petualangan menuju kampung halaman.

Argo dapat disaksikan di Netflix.

[Gambas:Youtube]

Zero Dark Thirty

Zero Dark Thirty merupakan salah satu film Hollywood yang mencoba menggambarkan drama operasi CIA untuk membunuh pemimpin Al Qaidah, Osama bin Laden.

Film ini berpusat pada kisah seorang analis CIA, Maya (Jessica Chastain), yang diberi tugas untuk melacak keberadaan Osama bin Laden setelah peristiwa 9/11.

Pada 2003, ia dan timnya dikirim ke Kedutaan Besar Amerika Serikat di Pakistan. Di sana, mereka mewawancara seorang tahanan yang diduga terkait dengan pembajak pesawat dalam insiden 9/11.

Dari wawancara tersebut, Maya dan timnya terus menggali informasi dari sejumlah sumber terduga teroris yang mereka interogasi dengan teknik penyiksaan legal.

Selama bertahun-tahun menjalani operasi ini, banyak drama di dalam tubuh CIA juga agen di lapangan yang berhadapan langsung dengan para teroris.

Hingga akhirnya, Maya meyakini Osama bin Laden berada di satu persembunyian di Pakistan. CIA dan militer akhirnya menggerebek markas itu dan menewaskan Osama bin Laden pada 2 Mei 2011.

Saat rilis, Zero Dark Thirty dikritik sejumlah pihak yang tak suka dengan penggambaran penyiksaan CIA. Namun, film ini tetap menuai respons positif, bahkan meraih sejumlah nominasi Oscar dan Golden Globe.

[Gambas:Youtube]

The Bourne Identity

The Bourne Identity mengangkat kisah Jason Bourne (Matt Damon) dalam mencari jati dirinya setelah mengalami amnesia. Ternyata, identitas aslinya berkaitan dengan konspirasi di dalam Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA).

Film bermula ketika seorang nelayan di Laut Mediterania menyelamatkan warga Amerika Serikat dengan dua luka tembak di punggungnya.

Ternyata, pria itu lupa ingatan, tapi masih bisa berbicara dan punya keahlian tempur luar biasa, juga mampu bercakap dalam beberapa bahasa.

Pria itu mulai mencari jati dirinya, berbekal petunjuk catatan nomor kotak deposito di Zurich yang ditemukan di tubuhnya.

Singkat cerita, ia menemukan kotak deposito itu. Di dalamnya ternyata ada uang dari berbagai negara, paspor, pistol, dan kartu identitas lengkap dengan foto dirinya.

Pria itu mengambil semua barang dalam kotak deposito itu, kecuali uangnya. Ia kemudian berkelana menggunakan nama dalam paspor Amerika-nya, Jason Bourne.

Setelah Bourne pergi, seorang pegawai bank langsung menghubungi salah satu perwakilan program rahasia CIA yang disebut sebagai Operation Treadstone.

Sang pemimpin operasi, Conklin, langsung merilis peringatan agar kepolisian menangkap Bourne dan menugaskan tiga agen untuk membunuhnya, yaitu Castel, Manheim, dan Professor. Bourne pun memulai petualangannya mencari jati diri di tengah kejaran CIA.

Film yang dirilis pada 2002 ini dapat disaksikan di Netflix.

[Gambas:Youtube]

The Spy Gone North

Korea Selatan juga merupakan penyumbang salah satu film agen rahasia terbaik, yaitu The Spy Gone North.

Berlatar di pertengahan dekade 1990-an, film ini mengisahkan seorang mata-mata Korea Selatan yang ditugaskan masuk ke Korea Utara.

Ia mengemban misi untuk mendapatkan informasi intelijen tentang rencana senjata nuklir negara tersebut.

Disutradarai oleh Yoon Jong Bin, film ini menyuguhkan akting prima dari Hwang Jung Min, Lee Sung Min, Cho Jin Woong, dan Ju Ji Hoon.

Film ini dapat disewa di Google Play.

[Gambas:Youtube]

North by Northwest

North by Northwest disebut-sebut sebagai karya terbaik Alfred Hitchcock yang merupakan pelopor film-film agen rahasia.

Film ini berkisah tentang Roger Thornhill (Cary Grant), seorang eksekutif periklanan di New York yang dikejar oleh satu kelompok mata-mata misterius.

Mereka salah sangka, mengira Thornhill adalah seorang agen pemerintah bernama George Kaplan. Kaplan disebut-sebut sedang berupaya menjegal upaya mereka untuk menyelundupkan mikrofilm berisi rahasia pemerintah.

Segala aspek dalam North by Northwest dianggap menjadi fondasi bagi film-film thriller yang mengangkat kisah mata-mata di kemudian hari.

Film agen rahasia yang dirilis pada 1959 tersebut menuai respons positif dan dianggap masih relevan hingga saat ini. Sejumlah kritikus bahkan menyebut North by Northwest sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa.

North by Northwest dapat disewa atau dibeli melalui Google Play dan iTunes.

[Gambas:Youtube]

(has)

Let's block ads! (Why?)

baca dong https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20201027213456-57-563544/5-rekomendasi-film-agen-rahasia-terbaik

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Rekomendasi Film Agen Rahasia Terbaik - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.