Search

6 Film Horor Ini Pernah Masuk Best Picture Oscar - detikHot

Jakarta -

Film horor seolah jadi komoditas paling seksi untuk beberapa tahun terakhir di Tanah Air. Puncak film terlaris di Indonesia berhasil digeser oleh film horor yang kemudian melanjutkan dominasinya hingga tahun ini.

Padahal dulu film horor hanya dianggap sebagai film kelas tiga saja dan jarang sekali dilirik untuk ajang-ajang penghargaan perfilman di luar kesuksesan yang pernah diraih mereka. Terkadang horor dianggap sebagai genre film paling gampang untuk para amatir di mana tak perlu banyak elemen seperti genre lainnya.

Mereka kerap dipandang sebelah mata tak seperti film drama, fiksi ilmiah, komedi dan lainnya yang menjadi langganan Oscar. Meskipun Oscar atau Academy Awards bukanlah sebuah indikator untuk menentukan apakah film itu bagus atau tidak, tapi setidaknya itu menjadi pembuktian bahwa film tersebut diakui oleh banyak sineas dan penikmat film.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hingga saat ini hanya ada enam film horor saja yang berhasil masuk dalam nominasi paling bergengsi di ajang itu yakni Best Pictures, apa saja?

The Exorcist (1973)

The ExorcistThe Exorcist Foto: dok. Istimewa

William Friedkin menghadirkan sebuah masterpiece dan menjadi standar baru dalam film horor lewat The Exorcist. Film itu pun menjadi film horor pertama yang berhasil masuk dalam nominasi Best Pictures di Oscar dan disebut-sebut sebagai salah satu dari film terseram di sepanjang sejarah sinema.

Sayangnya di nominasi itu mereka kalah dari The Sting, film bertemakan kriminal garapan dari George Roy Hill yang dibintangi oleh Paul Newman hingga Robert Shaw. Meski begitu mereka masih membawa pulang piala lewat kategori Best Screenplay dan Best Sound.

Jaws (1975)

Poster JawsPoster Jaws Foto: dok. IMDB

Steven Spielberg berhasil membuat orang-orang takut untuk bermain-main di laut dan pantai dengan film Jaws. Diangkat dari sebuah novel dengan nama yang sama, film ini pun menjadi begitu ikonik dan membuat banyak orang terpengaruh hingga membuat perburuan hiu kian marak.

Jaws sukses menjadi sebuah pop culture dan kehebohan ini pun membawa mereka melaju ke Oscar (terlepas dari sinematografi dan jadi film paling laris saat itu). Mereka mendapatkan nominasi Best Film Editing, Best Original Dramatic Score, Best Sound dan Best Picture. Hampir seluruhnya dimenangkan oleh mereka, kecuali Best Picture yang dibawa oleh Milos Forman lewat One Flew Over the Cuckoo's Nest.

The Silence of the Lambs (1991)

The Silence of the LambsThe Silence of the Lambs Foto: dok. Istimewa

Sejarah ditorehkan oleh Jonathan Demme di Oscar dengan berhasil memenangkan Best Picture lewat film horor thriller miliknya yakni The Silence of the Lambs. Film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama itu pun membuat gebrakan baru dan warna di dunia sinema.

Film ini pun menjadi salah satu karya ikonik hingga saat ini dengan beragam adegan yang menginspirasi lahirnya film-film bergenre serupa atau pun masih dalam lingkup horor. Tak hanya satu piala saja yang berhasil dibawa pulang oleh Jodie Foster dan Anthony Hopkins dari Oscar, mereka bahkan menyapu bersih nominasi bergengsi atau The Big Five di ajang tersebut dan jadi film ketiga yang berhasil melakukannya.

The Sixth Sense (1999)

The Sixth SenseThe Sixth Sense Foto: dok. Istimewa

Pujian diberikan oleh banyak pihak untuk film The Sixth Sense yang disutradarai oleh M Night Shyamalan. Ending sempurna dengan twist mengejutkan berhasil membuat semua penonton dan kritikus film kagum yang akhirnya membuatnya masuk dalam enam nominasi Oscar.

Sayangnya pada ajang tersebut tak ada satu pun piala yang berhasil dibawa pulang oleh Bruce Willis dan kawan-kawan. Namun The Sixth Sense menorehkan prestasi yang bertahan cukup lama sebagai film horor debutan yang menuai sukses di Oscar. Setidaknya hingga Jordan Peele merilis Get Out.

Black Swan (2010)

Black SwanBlack Swan Foto: IMDB

Penampilan menawan Natalie Portman di Black Swan berhasil membuat para penonton larut dalam beragam emosi. Film horor tentang seorang balerina itu pun menuai pujian dari banyak pihak hingga membuat mereka ramai dibicarakan termasuk oleh juri-juri Oscar.

Total ada lima nominasi yang didapatkan oleh film garapan Darren Aronofsky di Oscar, namun mereka gagal bersaing di Best Picture dan kalah dari The King's Speech karya Tom Hooper. Sementara Natalie Portman tentunya mendapatkan piala sebagai Best Actress atas penampilannya di sana.

Get Out (2017)

Film Get OutFilm Get Out Foto: Istimewa

Jordan Peele membuat debut yang begitu menjanjikan dengan merilis Get Out yang menghadirkan isu ras dengan cukup unik dan twist yang mengejutkan. Alhasil film horor itu pun berhasil melenggang ke Oscar dan bersaing dalam kategori Best Picture.

Sayangnya mereka harus kalah dari film Guillermo del Toro dan J Miles Dale yakni The Shape of Water. Namun ajang tersebut menjadi sebuah pembuktian dari Jordan Peele yang mencetak sejarah sebagai penulis kulit hitam pertama yang memenangkan Best Original Screenplay.

Ia pun menjadi orang ketiga yang berhasil mendapatkan nominasi berbeda, yakni Best Picture, Best Director dan Best Original Screenplay dalam debutnya tersebut.

Simak Video "Sederet Penghargaan Diraih Film 'Autobiography' Sebelum Diutus ke Oscar 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/pus)

Adblock test (Why?)

baca dong https://news.google.com/rss/articles/CBMiVmh0dHBzOi8vaG90LmRldGlrLmNvbS9tb3ZpZS9kLTcwMDI4MzcvNi1maWxtLWhvcm9yLWluaS1wZXJuYWgtbWFzdWstYmVzdC1waWN0dXJlLW9zY2Fy0gFaaHR0cHM6Ly9ob3QuZGV0aWsuY29tL21vdmllL2QtNzAwMjgzNy82LWZpbG0taG9yb3ItaW5pLXBlcm5haC1tYXN1ay1iZXN0LXBpY3R1cmUtb3NjYXIvYW1w?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "6 Film Horor Ini Pernah Masuk Best Picture Oscar - detikHot"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.