Search

Film tentang Bencana Alam, Ada dari Kisah Nyata - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Tema yang diangkat oleh film bisa beragam, mulai dari film tentang kisah fiksi romantis, biopik, sampai dengan film tentang bencana alam.

Film seperti ini biasanya memiliki spektrum kisah seputar kejadian alam besar yang meluluhlantakkan suatu tempat. Selain itu, film dengan tema bencana ini juga tidak jarang diangkat atau diadaptasi dari kisah nyata. 

Beberapa film pun juga telah mendapat penghargaan karena dinilai baik dan sarat makna. Berikut 5 rekomendasi film yang bertema bencana.


1. Into the Storm (2014)

[Gambas:Youtube]

Into the Storm merupakan film bencana angin topan yang disebut-sebut mirip dengan film lawas Twister (1996). Film ini mengisahkan sebuah kota kecil bernama Silverton yang dilanda sebuah angin topan besar yang belum pernah ada sebelumnya.

Serangan pertama tornado itu yakni sebuah sekolah yang sedang melangsungkan acara kelulusan. Serangkaian keceriaan yang seharusnya hadir dalam acara itu berubah menjadi malapetaka.

Film yang disutradarai Steven Quale ini tayang perdana di Indonesia pada 12 September 2014. Dibintangi oleh aktor dan aktris seperti Richard Armitage, Sarah Wayne Callies, Matt Walsh, dan Max Deacon.

2. Pompeii (2014)

Kota Pompeii dan latar belakang Gunung Vesuvius. (commons.wikimedia.org/PublicDomain/Brooklyn Museum/William Henry Goodyear (1846–1923))Foto: commons.wikimedia.org. Kota Pompeii dan latar belakang Gunung Vesuvius.

Film Pompeii dibuka dengan adegan pasukan Romawi yang dipimpin oleh Senator Coryus (Kiefer Sutherland) yang tengah menyerang penduduk desa penunggang kuda di Celtic.

Di sisi lain ada Milo (Dylan Schombing), seorang budak yang berubah menjadi gladiator tidak terkalahkan. Dia memiliki seorang kekasih bernama Cassia (Emily Browning), putri saudagar kaya yang secara tidak sengaja bertunangan dengan Senator Coryus.

Satu waktu Gunung Vesuvius meletus, dalam semburan lava yang menyala-nyala, Milo pun harus berjuang keluar dari arena gladiator untuk menyelamatkan kekasihnya ketika Pompeii yang dulunya luar biasa seketika runtuh begitu saja.

3. The Impossible (2012)

[Gambas:Youtube]

Film tentang bencana alam satu ini diangkat dari kisah nyata pada 26 Desember 2004. Saat itu tsunami besar menyerang kota Khao Lak, Thailand yang juga menerjang Nangroe Aceh Darussalam.

Namun, kisah film tentang tsunami ini berfokus di Thailand. Diceritakan sepasang suami istri Henry dan Maria beserta 3 anak laki-lakinya, Thomas, Simon, dan Lucas yang sedang berlibur. 

Tsunami datang ketika mereka tengah bersantai di kolam renang sebuah cottage yang letaknya tidak jauh dari pantai. Mereka pun tergulung tsunami bersama jutaan orang lain dan saling terpisah.

Usai bencana reda, mereka mulai mencari anak mereka yang hilang entah ke mana.

4. 2012 (2009)

Film 2012Foto: (dok. Columbia Pictures via IMDb)
2012 adalah film tentang bencana alam yang menceritakan soal kiamat yang merujuk pada berakhirnya kalender Suku Maya.

Tahun 2012 sempat menjadi buah bibir banyak orang sebab terungkap sebuah kalender Suku Maya yang berakhir pada tahun tersebut. Tahun itu membuat banyak orang yang mengaitkannya dengan peristiwa kiamat atau kisah akhir dari dunia.

Film tentang kiamat ini sendiri akan mengisahkan seorang ilmuwan Amerika bernama Dr. Adrian yang sudah memperingatkan pemerintah Amerika Serikat bahwa akan ada bencana besar yang terjadi setelah dia melakukan penelitian beberapa tahun lamanya.

Tidak ada satu orang pun yang mendengar dan mempercayai omongan Adrian. Mereka larut dalam hal-hal lain. Hingga satu waktu bencana alam demi bencana alam melanda dunia dimulai dari daratan Asia.

5. The Day After Tomorrow (2004)

[Gambas:Youtube]

The Day After Tomorrow bercerita tentang Jack Hall yang tengah melakukan ekspedisi di Benua Antartika bersama dua rekannya yaitu Jasson dan Frank.

Di sana dia menemukan fakta bahwa lapisan es besar telah tergerus, namun dia tidak tahu bahwa peristiwa itu malah akan memicu perubahan iklim besar dan memengaruhi populasi dunia pada kemudian hari.

Di sisi lain, putra Jack yang bernama Sam sedang bersama teman-temannya di sebuah acara yang digelar di kota New York. Digambarkan hujan terjadi terus menerus di tempat itu.

Sejak itu serangkaian peristiwa bencana alam mulai terjadi di seluruh belahan dunia dan mulai sadar bahwa dunia tengah masuk zaman es baru.

Film tentang bencana alam ini diangkat dari isu yang sedang hangat saat itu yakni tentang pemanasan global. Dunia tengah berada dalam ancaman besar dan akan segera hancur sebab polusi yang selalu dihasilkan manusia.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)

baca dong https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20200824120633-225-538618/film-tentang-bencana-alam-ada-dari-kisah-nyata

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Film tentang Bencana Alam, Ada dari Kisah Nyata - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.