Search

25 Rekomendasi Film Horor Jepang yang Sayang untuk Dilewatkan - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Film horor Jepang disebut-sebut menang atas film horor barat dalam hal tema dan menciptakan ketakutan yang bernuansa dan unik.

Lebih menyentuh psikologis, menyeramkan, dan tidak selalu to the point. Mirip dengan film horor Korea Selatan, ada lebih banyak fokus dan mendorong batasan.

Film dapat membangun ketegangan sampai Anda tak dapat lagi berada di tepi tempat duduk hingga jatuh.

Baca juga: Rekomendasi 25 Film Korea Terbaik Abad 21

Dilansir Buzz Feed, (8/5/2020) bioskop horor Jepang mencerminkan budayanya yang kaya dan cenderung berfokus pada yurei (hantu), yokai (setan), onryo (roh pendendam) dan kehancuran keluarga (keluarga adalah aspek penting dari budaya Jepang).

Konon, tidak semua hantu. Jepang tidak takut menjadi aneh dan berdarah.

Ada beragam pilihan untuk para penggemar darah, horor yang penuh aksi, dan sebagainya.

Baca juga: Rekomendasi 4 Film Horor yang Bisa Anda Ditonton pada 2020

Berikut ini adalah 25 rekomendasi film horor Jepang yang sayang untuk dilewatkan:

1. Sadako VS Kayako (2016)

Siapa yang belum tahu soal hantu-hantu khas Jepang ini? Sadako dan Kayako adalah hantu-hantu pendendam dari film Ring dan The Grude.

Jika Anda bertanya-tanya siapa yang paling kuat di antara keduanya, Anda bisa menonton film ini. Di film ini keduanya mengincar orang yang sama, yaitu Natsumi.

Dia menonton rekaman video terkutuk dan menyadari hanya menunggu waktu hingga dia dibunuh Sadako. Lalu dia mempunyai ide untuk menyelamatkan diri, yaitu dengan mengadu domba Sadako dan Kayako.

Kayako adalah roh jahat yang tinggal di rumah berhantu. Natsumi berharap dengan membuat dirinya terkutuk oleh dua hantu itu, hantu-hantu itu bisa saling bunuh dan mengakhiri kutukannya.

Apakah idenya berhasil? Anda bisa menontonnya di Amazon Prime, YouTube, dan Shudder.

Baca juga: Jumlah Tes Mirip Indonesia, Mengapa Jepang Lebih Berhasil Atasi Corona?

2. Dark Water (2002)

Film ini menceritakan tentang sosok Yoshimi, seorang ibu tunggal di tengah perceraian. Untuk membuktikan bahwa dia mampu merawat putrinya, dia pindah ke dalam gedung apartemen yang bobrok.

Ceritanya dimulai ketika pindah ke tempat itu. Awalnya ada kebocoran dari tetesan dari langit-langit, lalu rambut hitam muncul di air keran, ada juga hantu anak yang menyeramkan.

Film itu dibuat berdasarkan novel karya Koji Suzuki, penulis novel The Ring. Sementara itu sutradaranya adalah Hideo Nakata, yang juga menyutradarai Ring.

Film ini mengenai hubungan ibu dan anak yang menyentuh hati. Anda bisa menontonnya di Amazon Prime, YouTube, dan Shudder.

Baca juga: Jadi Trending di Twitter, Berikut 5 Fakta Seputar Film Tilik

3. Tag (2015)

Ini adalah sebuah film horor yang tidak konvensional, unik, dan feminis.

Ceritanya dimulai dari seorang siswi bernama Mitsuko berada di bus bersama teman-teman sekelasnya.

Tak lama kemudian mereka semua terbelah menjadi dua karena embusan angin mematikan dan meninggalkan Mitsuko saja.

Setelah itu Anda akan dibawa mengikuti Mitsuko ke dalam kekacauan yang benar-benar berdarah.

Dia berusaha bertahan hidup dalam skenario yang semakin kejam dan aneh serta dalam kebingungan mencari tahu tentang apa yang terjadi padanya.

Anda bisa menontonnya di Amazon Prime, YouTube, dan Tubi TV.

Baca juga: Ramai soal Film Tilik, Berikut 15 Film Pendek Indonesia yang Layak untuk Ditonton

4. Uzumaki (2000)

Sekilas terdengar seperti nama karakter anime Naruto, akan tetapi bukan itu. Ini merupakan film eksentrik dan menyeramkan yang dibuat berdasarkan manga horor mangaka Junji Ito.

Film itu tentang kota terkutuk yang penduduknya dihantui oleh spiral yang tidak menyenangkan hingga membuat penduduk kota menjadi gila, kadang bunuh diri.

Tokoh-tokoh protagonis berusaha berlomba untuk mematahkan kutukan, tapi bisakah itu dihentikan? Anda bisa menontonnya di Amazon.

Baca juga: Berbeda dengan Film, Begini Kisah Nyata di Balik Sosok Boneka Annabelle

5. Suicide Club (2001)

Seperti film Tag, film ini juga memiliki adegan pembuka yang cukup mengerikan.

Hal itu adalah 54 orang siswi yang berpegangan tangan dan bunuh diri massal dengan melemparkan diri ke kereta yang sedang melaju.

Ledakan darah tak terhindarkan. Jepang memang sempat memiliki gelombang kasus bunuh diri. Film itu menjadi kritik dan pengingat bagi warga Jepang.

Di sana para polisi berjuang untuk mencari tahu apa yang menyebabkan perilaku aneh tersebut. Anda bisa menontonnya di Amazon Prime.

Baca juga: Benarkah Pelaku Bom Bunuh Diri di Medan Seorang Youtuber?

6. Corpse Party

Film itu dibuat berdasarkan seri video game horor dengan nama yang sama. Ada anime serta manga-nya juga.

Dalam film itu memuat darah, darah kental, misteri, hingga hantu. Sekelompok siswa sekolah menengah menampilkan mantra yang disebut "Sachiko Ever After" untuk memastikan mereka tetap berteman selamanya.

Setelah membaca mantra itu, mereka mendapati diri mereka dipindahkan ke sekolah dasar berhantu dengan roh-roh yang kesal dan Sachiko.

Sachiko adalah hantu psikopat berbentuk gadis kecil berbaju merah. Apa yang sebenarnya terjadi di sekolah?

Baca juga: Rekomendasi 25 Film Korea Terbaik Abad 21

7. Carved: The Slit-Mouthed Woman (Kuchisake-onna)

Film horor Jepang ini didasarkan pada legenda urban negara itu sendiri. Cerita film itu tentang hantu seorang wanita cantik yang dimutilasi oleh kekasihnya yang cemburu.

Dia membunuh korbannya dengan menggunting mulutnya. Dalam film itu ada seorang guru, Noboru, yang mencoba menyelesaikan serangkaian kasus penculikan anak.

Ketika dia menyadari kuchisake-onna ada di belakang semua itu, dia menemukan bahwa dia mungkin memiliki hubungan yang mengganggu dengan hantu itu.

Anda bisa menontonnya di Amazon.

Baca juga: Mengenal Randoseru, Tas Anak SD di Jepang yang Multifungsi

8. Hell Girl

Bagaimana jika Anda bisa mengirim orang ke neraka? Film Hell Girl dibuat berdasarkan manga dan anime yang telah sukses sebelumnya.

Film itu berfokus pada situs supranatural aneh yang dapat diakses orang yang tersiksa, asalkan dendam mereka cukup kuat.

Itu memungkinkan mereka untuk membalaskan dendam pada para penyiksa mereka dengan mengirim mereka ke neraka. Tapi itu tidak gratis.

Ada harga yang harus dibayar, yaitu di akhir hidupnya mereka juga harus pergi ke neraka.

Film itu disutradarai oleh Koji Shiraishi, yang juga sutradara film Sadako Vs Kayako.

Salah satu kalimat yang diucapkan Hell Girl pada orang yang dihukum ke neraka adalah "Apakah Anda ingin melihat seperti apa kematian itu?"

Baca juga: Setelah Remdesivir, Jepang Setujui Deksametason Jadi Obat Covid-19

9. Pulse (Kairo)

Jepang memiliki bakat untuk membuat teknologi menjadi sesuatu yang tidak akan pernah Anda ingin gunakan lagi. Ada telepon, kaset video, televisi, dan sekarang internet.

Dalam kultus klasik itu, roh-roh yang bermusuhan menyerang dunia fisik melalui internet. Orang-orang yang bertemu dengan mereka menjadi depresi dan akhirnya bunuh diri.

Orang-orang mulai menghilang di sekitar Tokyo dengan kecepatan yang mengerikan. Pulse membuat suasana menindas dan menakutkan. Hantunya membuat Anda menggigil.

Film itu dibangun di atas perasaan terisolasidi zaman di mana orang-orang sangat terhubung. Hantu menggunakan internet untuk mengejar orang-orang?

Tonton di Amazon Prime dan Tubi TV.

Baca juga: 10 Film Terbaik Jepang Ini Cocok untuk Ditonton di Akhir Pekan

10. As the Gods Will (2014)

Apakah Anda bosan dengan kehidupan? Ingin sesuatu yang tidak monoton?

Persis seperti itulah film itu. Ini adalah film tentang orang-orang yang bermain game melawan dewa yang haus darah. Hukuman bagi yang kalah mengerikan, yaitu kematian.

Dalam film itu seorang siswa sekolah menengah bernama Shun berdoa agar sesuatu yang menarik terjadi dalam hidupnya yang monoton.

Tapi dia mendapatkan hal yang lebih dari menarik. Kepala gurunya meledak. Kemudian dia mendapati dirinya memainkan permainan anak-anak seperti "Lampu Merah, Lampu Hijau" dengan boneka Daruma yang berbicara jahat.

Dindingnya berceceran dengan warna merah saat para siswa kalah main game. Mereka tidak tahu siapa di balik game itu, tapi kematian akan mereka dapati jika tak mengikuti aturan.

Tonton filmnya di Funimation dan Vudu.

Baca juga: Melihat Perbedaan Kalung Antivirus Kementan dan Shut Out dari Jepang

11. Audition (1999)

Di era ketika hantu menguasai horor Jepang, Audition keluar untuk membuktikan bahwa terkadang, manusia lebih buruk.

Film itu menceritakan seorang duda yang mengadakan audisi untuk mencari istri baru. Dia jatuh cinta pada seorang wanita menawan bernama Asami.

Lalu ada karung misterius di apartemennya yang kadang berpindah tempat. Orang-orang yang mengenalnya hilang atau kehilangan anggota tubuh.

Film ini terkenal dengan klimaks grafisnya yang didapat dengan baik, mengerikan, dan panjang. Awalnya romantis, namun ceritanya kemudian berbalik.

Tonton di Amazon Prime dan Shudder.

Baca juga: Jepang Sudah Mulai New Normal, seperti Apa Praktiknya?

12. Howling Village (2020)

Howling Village ditulis oleh Takashi Shimizu, pencipta franchise Ju-On: The Grudge, jadi ekspektasi Anda mungkin akan tinggi.

Cerita film itu didasarkan pada lokasi nyata di Jepang, yaitu Terowongan Inunaki dan Desa Inunaki di Prefektur Fukuoka, salah satu daerah paling berhantu di Jepang.

Pada 1988, seorang pekerja pabrik berusia 20 tahun disiksa secara brutal dan dibakar di dalam terowongan oleh sekelompok remaja, yang ditangkap dan dihukum.

Walaupun terowongan Inunaki nyata, namun keberadaan desa masih diperdebatkan. Dikatakan bahwa desa itu terletak di ujung terowongan, tapi terowongan itu kini ditutup secara misterius.

Apakah desa itu ada? Film ini mengikuti seorang psikolog muda yang mencoba mengungkap rahasianya.

Baca juga: Remdesivir, Obat untuk Corona yang Diapresiasi BPOM AS dan Jepang

13. Versus (2000)

Gangster, hutan kuno yang bangkit kembali, dan zombie pendendam ada di film itu.

Sepasang narapidana yang melarikan diri dan sekelompok gangster bertemu dengan roh jahat serta zombie di Hutan Kebangkitan. Zombie yang sebenarnya adalah korban yang dibunuh bangkit untuk membalas dendam.

Seni bela diri yang rumit melekat pada karakter yang sedikit gila. Itu mengingatkan pada manga shonen Jepang. Dia tidak pernah menganggap dirinya terlalu serius dan diakhiri dengan twist yang membingungkan.

Tak ada hantu di film ini, tapi digantikan dengan zombie. Tonton di Amazon Prime dan Tubi TV.

Baca juga: Rekomendasi 5 Film Serial Terpopuler untuk Temani Masa-masa di Rumah

14. Battle Royale (2000)

Film horor ini dianggap sebagai salah satu film terbaik sepanjang dekade, tak hanya sebagai film horor, tapi juga film aksi dan pembantaian.

Film itu menjadi budaya di seluruh dunia, memengaruhi media lainnya, dan secara harfiah menjadi genre tersendiri.

"Battle royale" sekarang mengacu pada apa pun di mana sekelompok orang diperintahkan untuk membunuh satu sama lain sampai ada satu yang selamat.

Dalam film itu, pemerintah membuat Undang-Undang untuk mengontrol populasi pemuda di negara itu. Sekelompok siswa sekolah sekitar 50 orang jumlahnya dipaksa untuk bersaing dalam pertandingan sampai mati.

Mirip Hunger game? Film ini sudah ada sebelum itu.

Para siswa itu saling kenal dan tidak terlatih. Mereka adalah teman sekelas yang diadu satu sama lain, sama sekali tidak siap.

Tonton di Amazon Prime dan Tubi TV.

Baca juga: Viral Video Tenaga Medis Parodikan Film Kera Sakti di Sebuah Rumah Sakit

15. Noroi: The Curse (2005)

Film itu adalah kontribusi asli Jepang pada film horor bergaya dokumenter.

Peneliti paranormal ternama, Kobayashi, hilang saat merekam film dokumenter terbarunya tentang kutukan misterius.

Rekaman itu menunjukkan dia menyelidiki seorang wanita yang terganggu. Peneliti itu terjerat dalam misteri mengerikan dari ritual sebuah desa, pengorbanan, dan kematian.

Semua mengarah ke entitas iblis dan klimaks yang memekakkan napas.

Film ini lagi-lagi disutradarai oleh Koji Shiraishi sutradara Sadako VS Kayako dan Hell Girl. Tonton di Amazon Prime dan Shudder.

Baca juga: Sejarah Munculnya Donal Bebek dan Debut Perdananya di Dunia Film...

16. Exte (2007)

Seorang gadis hantu pucat berkapur dengan rambut hitam panjang pada dasarnya adalah wajah horor Jepang.

Rambut itu menjadi pusat perhatian dari film itu. Hal tersebut membuat film itu orisinal, satir, dan seram.

Sebuah tubuh wanita tak bernyawa ditemukan oleh pengamat kamar mayat. Seorang trikofilia menyeramkan (fetish rambut) mencuri mayatnya dan menyadari bahwa tubuhnya secara misterius terus menumbuhkan rambut hitam dari mana-mana.

Rambut itu muncul di kepala, mata, lidah, dan lainnya. Dia merasa senang dan mulai menjual itu sebagai ekstensi rambut atau rambut palsu.

Namun sayangnya siapapun yang memakainya akan menjadi gila dan terbunuh.

Film ini disutradarai oleh Sion Sono, direktur Tag and Suicide Club.

Baca juga: Viral, Scan Negatif Film Kini Lebih Mudah Pakai Aplikasi di Ponsel

17. House (1977)

Film itu menceritakan seorang gadis dan teman-temannya yang mengunjungi rumah di pedesaan milik bibinya.

Mereka menemukan bahwa bibi gadis itu telah menjadi roh pendendam.

Kemudian mereka menghadapi setan kucing rumah, piano yang memakan orang, kasur ranjang yang jahat, dan sebuah rumah yang ingin melahap mereka.

Tonton di Amazon Prime dan Criterion Channel.

Baca juga: 10 Rekomendasi Film yang Layak Ditonton Bersama Keluarga di Rumah

18. Teketeke (2009)

Ini adalah film lain yang diangkat dari salah satu legenda urban menakutkan Jepang, yaitu hantu Teketeke.

Ceritanya, seorang wanita muda jatuh ke rel kereta api dan tubuhnya dipotong menjadi dua oleh kereta api, meninggalkannya tanpa kaki.

Dia tidak langsung mati dan menjadi hantu. Tak ada seorangpun yang membantunya. Dia menyeret bagian atas tubuhnya dan membuat suara "teketeke".

Saat jadi hantu, dia merobek korbannya menjadi dua, melalui pinggangnya. Dia juga bisa bergerak dengan cepat, sehingga para korbannya tidak bisa berlari lebih cepat darinya.

Seorang siswi yang bertemu dengan hantu itu mencoba menemukan asal mula hantu yang marah itu.

Baca juga: Piala Oscar 2020, Berikut Deretan Film dengan Koleksi Piala Terbanyak

19. Parasyte Part 1 (2014) and Part 2 (2015)

Parasyte didasarkan pada manga dan anime horor/sci-fi populer. Ketika parasit alien menyerang Bumi, mereka mengambil alih otak manusia.

Sesuatu mencoba untuk memasuki siswa sekolah menengah bernama Shinichi. Tapi ketika Sinichi bangun, itu masuk ke dalam tangan kanannya.

Karena tak bisa sampai ke otaknya, mereka berdua mempertahankan kepribadian mereka dan harus bertahan hidup berdampingan saat parasit lain menyerang.

Hebatnya, saat keduanya bekerja sama, mereka mulai membentuk persahabatan yang tidak biasa.

Film ini mempertanyakan hal-hal seperti kemanusiaan dan siapa monster sebenarnya. Bagaimanapun juga, parasit, seperti organisme lain, hanya mencoba untuk bertahan hidup.

Saksikan di Funimation dan Vudu.

Baca juga: Di Balik Layar Viralnya PADAR, Film Animasi Karya Anak Bangsa

20. Onibaba (1964)

Kisah hantu klasik itu membawa Anda ke abad XIV di sebuah rawa-rawa di Jepang yang dilanda perang.

Di sana dua orang wanita miskin, yaitu seorang ibu dan menantu perempuannya terpaksa menggunakan cara-cara mengerikan untuk bertahan hidup.

Mereka membunuh tentara yang hilang, membuang mayat mereka, dan menjual harta benda mereka.

Itu adalah dunia yang sepi yang berbau keputusasaan, jadi ketika seorang tetangga kembali dari perang dan berselingkuh dengan putrinya, kecemburuan dan kemarahan mendorong sang ibu untuk memisahkan mereka.

Itu adalah kisah rakyat yang kelam dan dingin yang akan membuat Anda kedinginan. Tonton di Criterion Channel.

Baca juga: Siap-siap, Berikut Film Animasi dan Action yang Tayang di 2020

21. Tokyo Ghoul (2017)

Tokyo Ghoul berlatarkan dunia di mana hantu pemakan daging ada tetapi menyamar sebagai manusia dalam masyarakat untuk menghindari perhatian dari pihak berwenang.

Film itu didasarkan pada manga dan anime. Film itu dengan sempurna menangkap kegelapan dan semangat yang mengerikan.

Ken Kaneki, seorang mahasiswa di Tokyo, selamat dari serangan hantu dan menjalani operasi.

Sayangnya, dia menerima transplantasi organ dari ghoul yang menyerangnya dan mengubahnya menjadi setengah ghoul.

Dia harus menerima kenyataan bahwa dirinya sekarang membutuhkan daging manusia untuk bertahan hidup.

Kaneki berusaha menyembunyikan identitasnya dan bertemu hantu lain, yang tidak semuanya mau berteman baik.

Tonton di Funimation dan Vudu.

Baca juga: Didominasi Genre Superhero, Ini 6 Film Terpopuler 2019

22. Over Your Dead Body (Kuime) 2014

Film itu disutradarai oleh Takashi Miike, direktur Audition.

Berlawanan dengan judul bahasa Inggris yang jinak, judul asli Jepang "Kuime" tidak memiliki terjemahan langsung, tetapi secara kasar berarti "wanita yang memakan daging".

Obsesi, kecemburuan, dan drama membantu mengaburkan batas antara fiksi dan kenyataan.

Pemeran utama, Miyuki, mulai kesulitan memisahkan permainan dan kehidupan nyata. Film itu berdarah, memainkan psikologis, dan menempatkan Anda di tempat yang sama dengan Miyuki.

Tonton di YouTube, Amazon Prime, Shudder, dan Tubi TV.

Baca juga: Layak Ditonton, Berikut 10 Film Indonesia dengan Jumlah Penonton Terbanyak di 2019

23. Another (2012)

Another didasarkan pada novel horor misteri dan anime. Film itu mengisahkan Koichi (15) yang pindah dari Tokyo ke sekolah menengah pertama di kota kecil pada musim semi 1998.

Dia masuk ke kelas 3-3. Koichi segera tahu bahwa dia telah dikutuk dan terperangkap dalam fenomena tahunan yang aneh sejak 1972.

Siswa kelas 3-3 dan kerabat mereka meninggal dalam kematian yang mengerikan. Tapi kenapa?

24. Jikogu (The Sinners of Hell) 1960

Film horror Jepang sebagian besar terdiri dari cerita hantu, tapi Jikogu berbeda.

Film itu menggambarkan citra grafis dan visual yang mengejutkan dari karakter yang disiksa di neraka. Tubuh mereka dikuliti hidup-hidup. Untuk era 60-an, ini jelas menyimpang dari norma.

Ketika seorang mahasiswa jurusan Teologi secara tidak sengaja membunuh seorang anggota Yakuza, dia akhirnya melakukan perjalanan ke neraka Buddhis.

Di sana yang terkutuk menderita dan yang ada hanyalah kesengsaraan. Tonton ceritanya di Criterion Channel.

25. One Missed Call (2003)

Film terakhir dari daftar ini adalah One Missed Call. Film ini mengisahkan panggilan telepon misterius dari masa depan di mana penerima mendengar kematiannya sendiri sebelum benar-benar mati beberapa hari kemudian.

Saat kutukan datang ke teman, maka seseorang akan berusaha menghentikan kutukan itu. Namun bisakah itu dihentikan?

Tonton di Amazon Prime dan YouTube.

Baca juga: IndoXXI Resmi Tutup, Ini 6 Layanan Streaming Film Legal

Let's block ads! (Why?)

baca dong https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/06/211000965/25-rekomendasi-film-horor-jepang-yang-sayang-untuk-dilewatkan?page=all

Bagikan Berita Ini

0 Response to "25 Rekomendasi Film Horor Jepang yang Sayang untuk Dilewatkan - Kompas.com - KOMPAS.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.