Search

Film Avatar 2 Bikin Masyarakat Adat Ini Marah dan Serukan Hal Ini - VIVA - VIVA.co.id

Selasa, 3 Januari 2023 - 12:44 WIB

VIVA Showbiz – Avatar 2: The Way of Water sukses menutup akhir tahun 2022 yang manis sebagai salah satu film tersukses tahun ini. Namun, film tersebut menghadapi beberapa kritik tajam karena tidak akurat dan rasis

Film ini dikritik karena memainkan narasi "white savior", alias mengagungkan ras kulit putih yang kerap berperan sebagai penyelamat. Selain itu, Avatar 2 juga dikritik karena penggunaan stereotip dan representasi masyarakat adat yang tidak pantas.

Baca Juga :

Avatar: The Way of Water.

Avatar: The Way of Water.

Photo :
  • 20th Century Studios

Yuè Begay, seorang seniman dan aktivis Navajo, menyerukan pemboikotan film tersebut dalam sebuah tweet yang telah disukai lebih dari 47.000 orang.

Menurut Presiden dan CEO IlluminNative Crystal Echo-Hawk, karakter Sully yang rasnya tidak disebutkan secara eksplisit tetapi status orang luarnya jelas sejajar dengan orang kulit putih memainkan kiasan white savior yang kurang tepat.

"(Cameron) mungkin menceritakan kisah kolonisasi, tapi dia menceritakannya melalui lensa pria kulit putih," tulisnya, dikutip dari CNN Internasional.

Halaman Selanjutnya

Jika saja Avatar 2 melibatkan lebih banyak masyarakat adat dalam produksi film, Echo-Hawk mengatakan bahwa Cameron seharusnya dapat menceritakan kisah yang lebih autentik.

img_title

Baca Juga :

Adblock test (Why?)

baca dong https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMibWh0dHBzOi8vd3d3LnZpdmEuY28uaWQvc2hvd2Jpei9maWxtLzE1NjE2NDEtZmlsbS1hdmF0YXItMi1iaWtpbi1tYXN5YXJha2F0LWFkYXQtaW5pLW1hcmFoLWRhbi1zZXJ1a2FuLWhhbC1pbmnSAXFodHRwczovL3d3dy52aXZhLmNvLmlkL2FtcC9zaG93Yml6L2ZpbG0vMTU2MTY0MS1maWxtLWF2YXRhci0yLWJpa2luLW1hc3lhcmFrYXQtYWRhdC1pbmktbWFyYWgtZGFuLXNlcnVrYW4taGFsLWluaQ?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Film Avatar 2 Bikin Masyarakat Adat Ini Marah dan Serukan Hal Ini - VIVA - VIVA.co.id"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.