Search

Rekomendasi 5 Film Horor dan Mistik - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak lama, film telah menjadi media penyampaian berbagai hal yang tak terjangkau oleh pemikiran dan nalar manusia, atau terasa mustahil. Kepercayaan dan hal-hal supranatural juga termasuk dalam karya-karya yang sering dianggap 'aneh' bila terjadi di kehidupan nyata.

Secara umum, film-film tersebut dikelompokkan dalam genre sci-fi, animasi, serta horor. Lima film dalam daftar berikut adalah bukti bahwa manusia kerap mempertanyakan hal yang terjadi di luar kebiasaan, serta bagaimana kepercayaan maupun pengalaman supranatural tidak memandang ras maupun letak geografis.

1. Jelangkung

Di luar Indonesia, film garapan Rizal Mantovani dan Jose Poernomo ini diberi judul The Uninvited. Rilis pada 2001, Jelangkung terbilang mengejutkan, bercerita tentang ritual mistis kuno dengan dilengkapi kisah legenda-legenda urban.

Dengan tagline 'datang tak dijemput, pulang tak diantar', Jelangkung memiliki sekuel Tusuk Jelangkung (2003) dan Jelangkung 3 (2007). Film yang dibintangi oleh Winky Wiryawan ini hanya memakan waktu syuting selama 10 hari, namun kerap dianggap sebagai pemantik bangkitnya film horor Indonesia.

2. Veronica

Veronica (2018) adalah film Spanyol yang diangkat dari kisah nyata di mana Estefania Lazaro ditemukan meninggal setelah memainkan papan ouija pada 1992. Kediaman keluarganya pun kini disebut NME berhantu.

Estefania Lazaro disebut telah memberi tahu orang tuanya soal pengalaman mistiknya, yang lalu membuatnya dibawa ke rumah sakit. Ia meninggal di ranjang rumah sakit, namun sebab kematiannya masih merupakan misteri.

3. Midsommar

Mengambil latar di Swedia, Midsommar (2019) berkisah tentang kultus yang mempersembahkan manusia sebagai bagian ritual. Konsep pemuja berhala ini bukan hal baru, bahkan dipercaya sebagai salah satu 'hal tua' di muka Bumi. Namun sutradara Ari Aster menambah banyak bumbu mengejutkan yang menyebabkan Midsommar harus disensor sebelum tayang di Indonesia.

[Gambas:Youtube]

4. Shutter

Kembali ke Asia, Shutter (2004) adalah film Thailand yang mendapat banyak apresiasi. Secara keseluruhan, film ini terasa dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia, bercerita tentang roh jahat yang marah dan 'menumpang' di bahu manusia.

Shutter yang tetap mempertahankan rasa horor sampai akhir durasi lantas dibuat dalam versi Amerika Serikat pada 2008. Sampai saat ini, film tersebut dianggap sebagai salah satu film horor terbaik Thailand.

5. Blair Witch

Blair Witch rilis pada 2016, berisi footage supernatural yang sekaligus menjadi film ketiga dan penutup seri The Blair Witch Project. Film ini sering dianggap lebih menakutkan daripada pendahulunya.

Kisah berputar pada sekelompok mahasiswa beserta pemandu wisata lokal yang menjelajah Black Hills Forest di Maryland. Seorang dari rombongan itu kehilangan saudara perempuan secara tiba-tiba, dan mereka mencurigai hutan itu mengetahui sesuatu tentang hal tersebut.  (rea)

Let's block ads! (Why?)

baca dong https://cnnindonesia.com/hiburan/20191029205019-220-443942/rekomendasi-5-film-horor-dan-mistik

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rekomendasi 5 Film Horor dan Mistik - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.