Search

5 Film Seputar Suka Duka Mahasiswa yang Wajib Kamu Tonton - IDN Times

Dunia perkuliahan atau dunia seorang mahasiswa, memang selalu ada saja hal-hal yang seru untuk diceritakan. Bahkan tidak jarang, beberapa rumah produksi membuat beberapa film yang menceritakan tentang perjuangan atau suka duka selama menjadi seorang mahasiswa.

Cerita saat pertama kali mereka menjadi mahasiswa baru, perjuangan menjadi mahasiswa rantau, hingga perjuangan untuk bisa mendapatkan gelar sarjana. Berikut ini ada 5 film Indonesia yang menceritakan tentang perjuangan dan suka duka menjadi mahsiswa selama di dunia perkuliahan.

1. Film Catatan Dodol Calon Dokter

https://www.youtube.com/embed/c5SVRb9cZsI

Pertama ada film catatan dodol calon dokter. Film yang diperankan oleh Adipati Dolken ini berhasil masuk kedalam beberapa nominasi dan juga berhasil mendapatkan penghargaan. Film yang diangkat dari kisah nyata ini pun, mempunyai cerita yang unik dan menarik, sehingga layak banget untuk kamu tonton.

Mungkin film ini sedikit berbeda dari film-film mahasiswa lainnya, yang lebih menceritakan tentang kehidupan kampus. Tetapi film bergenre drama dan komedi ini menceritakan tentang perjuangan Ferdiriva Hamzah (Adipati Dolken), seorang dokter muda yang baru lulus kuliah kedokteran dan harus menjalani masa ko-ass (ko-asistensi) agar bisa menjadi dokter. 

2. Film Rudy Habibie

https://www.youtube.com/embed/G4HH8kVI4OY

Siapa yang tidak tahu dengan film Rudy Habibie. Film yang juga diangkat dari kisah nyata dan perjuangan dari seorang tokoh yang sangat dikenal dan menginspirasi di Indonesia yaitu B.J. Habibie pada masa muda. 

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini merupakan film yang sangat meninspirasi dan memberikan motivasi kepada kita yang sedang berusaha dalam meraih cita-cita. Apalagi, bagi kamu yang sedang melangsungkan kuliah di luar negeri. Pasti akan menambah semangat dan rasa pantang menyerah dalam diri kamu.

3. Film Mau Jadi Apa

https://www.youtube.com/embed/HqD7z8DlBfQ

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Selanjutnya ada film yang menceritakan kisah persahabatan dan perjuangan para mahasiswa dalam membuat sebuah kampus alternatif bernama Karung Goni. Majalah kampus ini mengangkat hal-hal ringan seperti musik, olahraga, seputar mahasiswa hingga gosip asmara di didunia perkuliahan pun, menjadi pembahasan dalam majalah kampus tersebut.

Berlatarkan tahun 1997 film ini pun, menjadi film pertama yang berhasil ditulis dan disutradarai langsung oleh Soleh Solehun. Tidak hanya itu, film ini juga diperankan oleh para komika seperti Soleh Solihun, Boris Bokir, Awwe, Ricky Wattimena, Adjis Doaibu, selain itu ada juga Anggika Bolsterli dan Aurelie Moeremans.

Baca Juga: Daftar Film dan Serial TV yang Pasti Ditonton oleh Orang-orang Sukses

4. Film Catatan Akhir Kuliah

https://www.youtube.com/embed/suQMYkigpEQ

Lagi-lagi bergenre komedi, film yang menceritakan tentang perjuangan para mahasiswa selama di dunia kampus. Film yang dibintangi oleh Muhadkly Acho, Ajun Perwira, dan Abdur Arsyad, ini merupakan film yang di adaptasi dari judul novel yang sama karya Sam maulana.

Film catatan akhir kuliah merupakan film yang menceritakan tentang 3 orang mahasiswa yang menjalin persahabatan dan sama-sama sedang berjuang, agar segera lulus dan mendapatkan gelar sarjana. Kisah persahabatan, percintaan dan pastinya perjuangan sebagai mahasiswa membuat film ini menjadi film yang layak untuk kalian tonton.

5. Film Mahasiswa Baru

https://www.youtube.com/embed/KmOrhtaC3gA

Berbeda dari beberapa film-film sebelumnya yang sudah tayang beberapa tahun atau beberapa bulan di bioskop. Film mahasiswa baru justru baru akan tayang pada tanggl 8 Agustus 2019 ini. 

Film ini menceritakan tentang perjuangan Lastri (Widyawati) yang sudah berusia 70 tahun. Namun diusianya yang sudah terbilang tidak muda lagi, dia masih bersemangat dan masih ingin merasakan duduk dan belajar di bangku kuliah. Saat di kampus, Lastri pun berteman dengan beberapa anak muda, yang mempunyai usia jauh dengannya.

Nah, dari beberapa film di atas, kamu sudah nonton yang mana saja nih? Bagi kamu yang belum menonton film-film tersebut, segera ditonton yah.

Baca Juga: 7 Daftar Film Hollywood yang Dibintangi Iko Uwais, Sudah Nonton?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Let's block ads! (Why?)

baca dong https://www.idntimes.com/hype/entertainment/sandinugraha/5-film-seputar-suka-duka-mahasiswa-yang-wajib-kamu-tonton-exp-c1c2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Film Seputar Suka Duka Mahasiswa yang Wajib Kamu Tonton - IDN Times"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.