Search

Ini Film dengan Keuntungan Paling Besar di Dunia! - detikHot

Jakarta - Ada banyak orang yang penasaran, siapakah kira-kira film yang memiliki keuntungan paling besar di seluruh dunia? Jika dihitung melalui ongkos produksi dan keuntungan yang dihasilkan, maka ada dua nama yang bersaing ketat yakni 'The Blair Witch Project' (1999) dan 'Paranormal Activity' (2007).

'The Blair Witch Project' dilaporkan menghabiskan ongkos produksi sebesar 35 ribu dolar atau senilai Rp 477 juta, namun ternyata itu hanya untuk keperluan syuting saja. Pengeluaran aslinya bisa mencapai 200 ribu dolar atau senilai Rp 2,7 miliar yang digunakan untuk sound remix dan mentrasfer format film menjadi 35mm.

Selain itu, film tersebut juga langsung dibeli oleh perusahaan milik Bill Block yakni Artisan Entertainment sebesar 1 juta dolar atau Rp 13,6 miliar. Dan dari penayangannya di seluruh dunia berhasil menghasilkan untung hingga 249 juta dolar (Rp 3,3 triliun).


Sementara itu, 'Paranormal Activity' hanya menghabiskan 15 ribu dolar atau Rp 204 juta saja untuk kebutuhan syuting. Namun mereka dilaporkan kembali melakukan syuting untuk akhir cerita seperti yang diinginkan Steven Spielberg dan menghabiskan budget hingga 215 ribu dolar atau Rp 2,9 miliar.

Dreamworks pun tertarik untuk membeli film tersebut dari tangan Paramount, karena perusahaan tersebut tak berniat untuk memutar film itu di seluruh dunia. Dreamworks pun membeli seharga 350 ribu dolar atau Rp 4,7 miliar. Mereka pun berhasil mendapatkan untung hingga 193 juta dolar atas pemutarannya di seluruh dunia.

Namun ternyata, keduanya bukanlah film yang paling menguntungkan di dunia. Gelar tersebut sepertinya cocok diberikan kepada 'Star Wars' yang pertama dirilis pada 1977. Film tersebut masih memberikan pundi-pundi uang yang hingga saat mencapai 10,2 miliar dolar (dihitung dengan kurs saat ini). Selain itu, mereka juga mendapatkan untung yang sangat besar dari merchandise yakni 42 miliar dolar atau senilai Rp 573 triliun.


Mereka berhasil mengalahkan 'Avatar' yang sempat menjadi film terlaris nomor 1 di dunia yang berhasil meraup keuntungan hingga 3,36 miliar dolar atau senilai Rp 45 triliun.

Sehingga tak heran, jika 'Star Wars' dinobatkan sebagai film yang meraup keuntungan paling besar di sepanjang masa, yang berasal tak hanya dari pemutarannya saja.

Simak Video "Komentar Mike Lewis Usai Nonton Star Wars: Lega, Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(ass/mau)


Photo Gallery

screenshoot-movie

.
.

screenshoot-movie

.
.

Let's block ads! (Why?)

baca dong https://hot.detik.com/movie/d-4865103/ini-film-dengan-keuntungan-paling-besar-di-dunia

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Film dengan Keuntungan Paling Besar di Dunia! - detikHot"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.