Search

Kenangan BJ Habibie dalam Film Indonesia - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9) pada pukul 18.05 WIB.

Selain sebagai insinyur dan mantan seorang presiden, pria yang akrab disapa Habibie ini juga terkenal dengan kisah kehidupannya yang menginspirasi. Sebut saja kisah cintanya dengan sang istri, mendiang Ibu Ainun yang sukses membuat masyarakat Indonesia terenyuh.

Merupakan salah satu insinyur terbaik yang dimiliki oleh Indonesia, Habibie telah menyumbangkan banyak ilmu dan penemuan untuk negara ini. Salah satunya adalah pesawat N250 Gatot Kaca yang merupakan pesawat pertama yang dihasilkan oleh anak Indonesia.

Kisah kehidupannya juga kerap kali dijadikan buku dan diangkat ke layar lebar. Sebelum meninggal, Habibie juga terlibat dalam pembuatan film Habibie & Ainun 3. Berikut adalah film-film yang terinspirasi dari sosok Habibie.

Habibie & Ainun (2012)

Diperankan oleh Reza Rahrdian dan Bunga Citra Lestari, Habibie & Ainun merupakan film pertama yang mengangkat kisah cinta mendiang BJ Habibie dan istrinya, Hasri Ainun. Menceritakan tentang perjalanan awal kehidupan Habibie saat menuntut ilmu di Jerman, film ini juga menyuguhkan perjuangan kisah cinta Habibie dan Ainun sebagai pasangan muda yang tinggal di negara orang sampai akhirnya Habibie dipanggil pulang untuk menjadi Presiden Indonesia. Di film ini juga diceritakan kepergian Ibu Ainun yang disebabkan oleh kanker ovarium stadiun lanjut.

Di Balik 98 (2015)

Berlatarkan kejadian bersejarah Mei 98, film Di Balik 98 menceritakan tentang runtuhnya pemerintahan Orde Baru di mana saat itu Presiden Soeharto dipaksa mundur dari jabatannya. Meski tidak berfokus pada Habibie, namun sosok mantan presiden tersebut juga dimunculkan dalam film ini. Aktor Agus Kuncoro dipilih untuk memerankan BJ Habibie yang harus naik jabatan pada saat reformasi melanda.

Poster film 'Rudy Habibie' yang rilis pada 2016, dikenal pula sebagai 'Habibie & Ainun 2' digarap oleh Hanung Bramantyo dan dibintangi Reza Rahadian. (Foto: Dok. MD Pictures)
Rudy Habibie (2016)

Film Rudy Habibie atau yang dikenal sebagai Habibie & Ainun 2 merupakan cerita yang mengangkat tentang kehidupan Habibie selama berkuliah di Jerman. Pada film garapan sutradara Hanung Bramantyo yang masih menampilkan Reza Rahadian ini diceritakan bahwa Habibie sempat jatuh cinta dengan gadis asal Polandia sebelum akhirnya menikah dengan Ainun. Dimuat juga cerita mengenai cinta segitiga yang sempat dialami oleh sang mantan presiden Indonesia.

Habibie & Ainun 3 (2019)

Film Habibie & Ainun 3 dijadwalkan tayang pada 19 Desember 2019. Jika pada film sebelumnya berfokus pada masa muda Habibie, maka pada film ini cerita lebih diarahkan kepada masa muda dari Hasri Ainun Besari. Aktris Maudy Ayunda dipilih untuk memerankan sosok Ainun muda, sedangkan aktor Jefri Nichol didapuk berperan sebagai BJ Habibie muda.

[Gambas:Video CNN] (kir/rea)

Let's block ads! (Why?)

baca dong https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20190911191031-220-429632/kenangan-bj-habibie-dalam-film-indonesia

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kenangan BJ Habibie dalam Film Indonesia - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.